PENANGANAN LUKA PADA PAYUDARA

December 13, 2007 at 2:06 pm | Posted in Tentang Kanker | 54 Comments
Tags:

Penanganan yang benar pada luka pada payudara bagi penderita kanker payudara harus dilakukan. Beberapa rekan yang mengalaminya, yaitu Herlina, Bu Chandra, dan Eva dengan sangat telaten membersihkan dan mengobati lukanya sesuai dengan petunjuk dokter. Bahkan sahabat CISC-er Eva setiap hari memerlukan bantuan perawat yang datang ke rumahnya untuk membersihkan dan merawat lukanya. Perlu ekstra kesabaran dan ketelatenan karena acapkali perlu waktu lama untuk menyembuhkannya. Bisa mingguan, bahkan bulanan.

Mengenai obat apa yang dipergunakan, please consult your oncologist atau perawat khusus luka kanker. (YD)

About these ads

54 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ass. w.w.
    Salut dengan adanya CISC. Semoga sahabat – sahabat yang mengalami sakit kanker semakin kuat menghadapi aral dan rintangan dimanapun berada serta yang jelas semakin yakin dan percaya diri selama menjalani pengobatan kanker yang tentu saja tidak sebentar.
    Hapir selama 13 tahun saya bekerja mendampingi sahabat-sahabat kanker yang selalu datang silih berganti…..semoga dengan adanya CISC ini, dapat menambah semangat bagi sahabat-sahabat kita tersebut, terutama pula bagi sahabat kanker yang mungkin sepanjang hidupnya akan berdampingan dengan luka.
    Sesuatu yang sangat menyiksa bagi saya jika harus menjelaskan bahwa ada kemungkinan sahabat kanker dengan luka akan berdampingan terus selamanya dengan keadaan luka ditubuhnya atau yang dikenal dengan luka kanker.
    Harapan kedepan, dengan adanya support group ini, sahabat-sahabat kanker dengan luka akan lebih meningkat kualitas hidupnya, karena ternyata sahabat, penanganan atau perawatan luka kanker adalah sesuatu yang sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun, dengan catatan mengikuti setiap prosedurnya yang amat sangat mudah.
    Semoga informasi ini cukup bermanfaat untuk sahabat – sahabat kanker dengan luka dimanapun berada, silahkan datang mengunjungi website kami atau jika ingin bertanya dapat menghubungi langsung saya sendiri di 08158843528….dengan senang hati.

    Tetap KUAT dan selalu SEMANGAT
    Wass. w. w.
    wida

  2. Ass. w. w.
    Sahabat, jika disekitar kita ada yang luka, kemudian berbau sangat tidak sedap,mudah berdarah, sakit saat diganti balutan dan lainnya…sebaiknya kita lebih PEDULI, karena merawat Luka Kanker sangat mudah sekali. Berikut ini saya berikan tipsnya.
    CARA MERAWAT LUKA KANKER :
    1. Siapkan alatdan bahan yang terdiri dari :
    rebusan daun jambu biji, sarung tangan tidak
    steril, kasa, salep metcovazin,ca. alginate,
    pembalut/pempers, plester
    2. Semua sahabat kanker dengan luka dianjurkan
    untuk mandi dan luka pun boleh dimandikan.
    Sahabat, tidak ada satupun luka kanker yang
    steril, jadi harus dimandikan agar lebih
    bersih dan badan menjadi segar dan yang pasti
    badan tidak bau. kemudian gunakan rebusan daun
    jambu biji untuk mencuci lukanya.
    3. Oleskan tebal salep metcovazin pada kasa, agar
    pada saat membukanya nanti sangat mudah dan
    tidak menimbulkan perdarahan. salep metcovazin
    bisa di akses di http://www.wocare.blogspot.com atau
    call 0251-312928.
    4. tempelkan kasa yang telah diolesi salep pada
    luka, pastikan jangan ada luka yang tidak
    tertutup oleh kasa yang telah diolesi salep.
    5. Terakhir, tutup dengan pembalut atau pampers
    atau kasa tebal kemudian plester.
    6. well done. ganti jika balutan basah atau rusak.

    Tips tersebut diatas, sudah saya lakukan selama bertahun-tahun di salah satu RS terbaik yang ada di Indonesia. Semoga saja cara perawatan ini dapat bermanfaat bagi sahabat semua. Saya sendiri saat ini sedang konsentrasi menyelesaikan sebuah buku tentang cara dan bagaimana merawat luka kanker…berdasarkan keilmuan dan pengalaman yang sudah saya tekuni selama 13 tahun ini.

    Terimakasih atas perhatiannya
    Wass.w.w.
    wida

  3. [...] be familiar with the basic use of an ultrasound machine, and you should be Breast Cancer Study Practical Abdominal Ultrasound : Level 2 Penanganan yang benar pada luka pada payudara bagi penderita kanker payudara harus dilakukan. [...]

  4. Dear Sahabat,
    Saya ingin memberitahukan tentang penambahan no telp saya di 0251-4767165.
    Saya juga membuka perawatan stoma free di YKI pusat bersama WOCARE Clinic hanya setiap hari selasa. Namun jika ada yang ingin dirawat lukanya, jika waktunya cukup, saya pasti bersedia.

    Salam sahabat
    wida

  5. Ibu Wida,

    Saya ingin bertanya apakah saya boleh minta no telpon atau alamat dari perawat yg sudah biasa mengurus luka kanker untuk ibu saya ?

    Terima kasih

  6. ibu sy oprasi Ca yg kedua 3 bln yll,skarng lukanya terus basah dan berair,apa itu krn pengaruh kemotherapy yg sdang djalani ya?sy sgt kwatir krn dokter g prnah mnganjurx apapun unt prawatan lukax,dia cm meresepx obat2an minum yg harganya selangit,skarang ibu sdh kemo 5 x dan spertinya ibu sdh smakin khilangan smangatx unt sembuh dr Ca,kami sangat sedih mlihat kondisi ibu yg smakin lemah sjak mnjalani kemo,apa ada pngobatan Ca payudara selain kemo?sy sangat ingin ibu hidup lebih lama

    • Rova,

      Berada di kota mana? Klo Jkt bisa ke RS Kanker Dharmais untuk mengobati lukanya. Coba juga mengikuti petunjuk penanganan luka kanker yang pernah di posting di blog ini juga. Tks. Semoga ibu diberikan kemudahan dan kesembuhan.

      Salam CISC, yd

  7. Dear sahabat,
    Tidak terasa besok sudah berada di tahun yang baru, 2010. Doa saya dan seluruh staff WOCARE Clinic untuk seluruh sahabat AGAR TETAP SEMANGAT LUAR BIASA.

    Saya sangat berterimakasih, atas manfaat tulisan tentang penanganan luka pada kanker payudara dan salep METCOVAZIN yang kami buat dapat bermanfaat untuk sahabat yang memiliki luka, khususnya luka kanker.

    Saya juga mengundang bagi sahabat siapa saja dan dimana pun berada, jika ingin menambah pengetahuan tentang bagaimana merawat luka kanker dengan menggunakan METCOVAZIN dapat menghubungi rekan sejawat saya di WOCARE clinic dengan IRMA 08158843528 atau 08159397216. Kami mengadakan open house setiap sabtu (dengan perjanjian) untuk mengajak siapapun BELAJAR merawat LUKA dengan METCOVAZIN secara GRATIS.

    Saya tunggu kehadiran sahabat di klinik PERAWATAN LUKA – WOCARE.
    WOCARE clinic adalah klinik privat balai asuhan perawatan luka pertama di Indonesia. Kiprahnya selain merawat pasien dengan luka – stoma dan inkontinensia, juga sebagai PUSAT PENDIDIKAN bagi para petugas kesehatan, khususnya perawat yang mendalami perawatan luka atau stoma atau inkontinensia.

    Wass, doaku selalu menyertai sahabat terkasih.
    Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan hidayahnya bagi kita semua.

    irma P arisanty,
    manager wocare clinic
    srigitarja@yahoo.com
    http://www.wocare-clinic.co.cc

  8. dear sahabat,
    WOCARE clinic membuka layanan GRATIS untuk perawatan STOMA di YKI. Namun jika sahabat ingin mengkonsultasikan luka kanker payudara, kami dengan tangan terbuka akan membantu sahabat. Mohon untuk membuat janji terlebih dahulu

    salam sahabat,
    wida

  9. khusus daun jambu, kami pun sudah mencoba menggunakannya utk luka ulkus kaki diabetes, dilakukan pagi dan sore. hasilnya cukup baik. bagaimana menurut bu wida? ada pertanyaan pula oleh medis apa dasar ilmiah dari rebusan daun jambu, apa jawab bu wida?

  10. Ibuku mengidap kanker payudara,menurut gejala yang ada katanya sudah stadium 4 dan untuk sekarang sedang meminum Typhonium plus sudah 1bulan setengah, tapi lukanya semakin melebar dan berbau sangat menyengat. Bagaimana cara merawat lukanya,apakah bisa meminimalkan baunya. Ibuku tidak mau dioperasi,dan saya sebagai anaknya ingin sekali tau apakah penyakit ibuku memang sudah tidak bisa disembuhkan.Boleh saya minta alamat Rs.Dharmais..

    • Buat Efi terima kasih atas sharingnya di group. Saya turut prihatin dgn kondisi ibu Efi saat ini. Tetapi melalui group ini saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman dlm merawat luka pada kanker payudara yg spt ibu Efi alami. Pd umumnya bau,perdarahan dan nyeri mrpkan masalah utama pd kasus kanker payudara yg sudah menimbulkan luka pd payudara penderita. Luka yg berbau menyengat utamanya disebabkan karena adanya jaringan nekrosis (mati)serta kadang disertai dgn infeksi kuman yg sifatnya sekunder.Oleh karena itu keadaan spt ini dapat diatasi dgn menggunakan bubuk metronidazole generik ygbisa didapatkan di puskesmas atau diapotik) atau Charcoal( Norit) yang dibubuhkan pd kasa lembab yg telah dibasahi dgn larutan NaCl secukupnya lalu ditutup dgn kasa kering sbg pembalut luar.Hrs diingat bhw bubuk metronidazole dan Norit tadi tdk langsung ditaburkan diatas luka krn akan menyebabkan luka nampak kotor. Jika pembalut luar basah oleh cairan yang keluar dari luka,maka cukup kasa bagian luar yang diganti.Biarkan kasa lapisan dalam yg lsg melekat pd luka yg sdh dibubuhi metronidazole tetap pd tempatnya krn ini akan berfungsi menyerap bau dan cairan yg keluar. Semoga uraian ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya

      • Sekiranya Obat Metronidazole atau Norit (Charcoal) tdk tersedia dlm bentuk bubuk (powder) maka tablet metronidazole generik yg tersedia diapotik atau puskesmas dpt digerus sendiri dirumah menggunakan lumpang yang bersih.Sebagai tambahan,ibu dapat mengkonsumsi tab metronidazole 3 kali sehari selama 1 minggu untuk membantu menangani infeksi luka yang ada secara sistemik disamping mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi.
        Saran saya buat Efi agar dapat mendampingi ibu dan memberikan support pada beliau sambil membujuknya utk mengunjungi RS atau klinik yg terdekat tanpa ada kesan paksaan. Sebab kondisi fisik dan emosi ibu Efi saat ini berada dlm titik yang labil. Oleh karenanya apapun tindakan yg diambil saat ini semuanya berpulang pada kesiapan ibu untuk menerimanya.Hrs tetap diingat bahwa setiap pasien memiliki hak utk menentukan apa yg mereka inginkan sambil kita memberi saran serta menuntun mereka sesuai dgn yang seharusnya.

      • Dr Alfiah,

        It’s been long time not hear from you. Thanks for visiting this CISC blog and sharing your experience, loving comments and easily digest guidance.

      • Sekarang kondisi ibuku,payudaranya sekarang berlubang tapi sudah tidak berdarah dan baunya sudah berkurang.
        Apakah itu tahap penyembuhan dari konsumsi typhonium.
        Atau lubangnya itu memang tidak bisa menutup selain jalan satu2 nya dioperasi ya…Kalo mau dioperasi kira2 biaya yang dibutuhkan berapa,dan berapa lama dirawat dirumah sakitnya. Kira2 rumah sakit mana yang durujuk menurut Wocare Clinic.

  11. Hi, my Dear,
    It was lovely to seeing you again in this group. Really sorry if my
    comments yesterday took pages and time to read. Anyway, keep in
    touch and I’m glad to inform that I’m back to the country. So, we
    can have a time to meet up, discuss and help people as needed.
    Always………

  12. Maaf,ada yang ingin saya tanyakan lagi. Apakah penyakit kanker itu akan menurun kepada anaknya atau generasi penerusnya. Masalahnya kakak meninggal dunia karena penyakit leukemia dan ibuku terkena kanker payudara. Apakah saya pun akan mengalaminya atau pada anakku kelak..

  13. Dear Efi,
    Pertanyaan yg cukup bagus krn mengingat bahwa bebrp kanker tertentu sangat erat kaitannya dgn garis keturunan penderita(berhub dgn genetik.) Misalnya saja pd kanker payudara yg hingga saat ini diketahui bahwa sekitar 5-10% berhubungan dgn genetik atau yg lebih dikenal sbg hereditery breast cancer.Kondisi ini erat hubungannya dgn 1st degree relatives dari garis keturunan ibu (ibu kandung,saudara perempuan ibu atau tante,anak perempuan).
    Dahulu diduga bhw hanya garis keturunan ibu yg berperan dlm terjadinya Inherited Breast Cancer tadi. Ttp dgn perkembangan ilmu pengetahuan belakangan ini diket bahwa garis keturunan bapak ikut berperan dlm inherited cancer tadi.Utamanya jika dari pihak bapak ada yg mengalami kanker usus,pankreas,lambung dan kelenjar prostat).

    Yg menjadi pertanyaan apakah setiap penderita kanker pasti serta merta akan menurunkan gen tsb ke turunan selanjutnya ? Jawabnya tentu tidak,tetapi mereka memiliki resiko untk mendapatkan kanker jauh lebih tinggi dibandingkan dgn org yg tdk memiliki riwayat familial cancer. Cth yg sederhana mis pd kanker payudara. Terdapat gen yg disbt BRCA1 dan BRCA2 yg bersifat autosomal dominant yg jika mengalami mutasi maka akan meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara secara herediter yaitu sekitar 87% bg mereka dgn BRCA1(bermutasi) dan 80% bg mereka dgn mutasi BRCA2.

    Saya mengerti bhw cukup rumit dan butuh waktu utk menjelaskan masalah genetik diatas. Namun jk dari rwyt penyakit serta sosial pdrt mengarah akan adanya faktor herediter maka sebaiknya menghubungi genetic counceler atau dokter yg berkompeten mengenai masalah genetic ini.Karena dibutuhkan berbgai macam informasi akan garis keturunan dlm bentuk pedigree yg akan membantu mengetahui riwayat penyakit keturunan terdahulu. Termasuk menghitung prosentase peluang seseorg mendapatkan kanker yg sama dari pendahulunya.
    Sekiranya hereditary cancer dpt terdeteksi lebih awal, maka cukup banyak pilihan metode pencegahan (profilaksis)dan follow up teratur yg dapat dilakukan sblm kanker itu bermanifestasi.

    Harapan saya, smg ulasan ini sedikit membantu memperjls pemahaman akan peranan faktor keturunan dalam kaitannya dgn berbagai penyakit kanker.

  14. Dear Bu Wida,

    It’s valuable information. I will share this information to my colleague, since we had had same experience with breast cancer care previously.

    Regards
    Dudung JS

  15. Dear Bu Wida,

    What about applying elastic bandage as the last step after putting complete dressing in order to create proper dressing fixation and comfortable to the patient?

    Regards

    Dudung JS

  16. Salam,

    Saya memiliki nenek yang divonis mengidap kanker payudara stadium tiga 2 tahun lalu oleh dokter onkologi, namun nenek menolak untuk berobat secara medis. Singkat cerita kondisi saat ini saya rasa semakin parah, seluruh tubuhnya selalu nyeri dan mengeluarkan cairan didaerah payudara, kakinya bengkak shg sulit berjalan, terkadang tiba2 sesak nafas dan batuk hebat tanpa sebab, serta feses berlendir yang diikuti oleh rasa mulas yang sangat. Mohon share informasi bagaimana cara atau obat apa yang bisa dikonsumsi, terutama untuk mengurangi rasa nyeri dan mengobai luka di payudara, serta untuk mengatasi susah tidur supaya bisa cukup istirahat.
    Informasi ini sangat berharga bagi kami, mohon bantuannya. Terima Kasih

    • Dear Wiwik,
      Terima kasih sekali lagi atas sharingnya di group ini.Kondisi nenek spt yg digambarkan diatas cukup memprihatinkan dan tentunya menyiksa beliau dan keluarga.Mengidap kanker payudara stadium 3 bisa difahami bhw sangat menyiksa baik fisik maupun mental seseorg. Namun apapun status dr seorg penderita kanker selayaknya perlu mendapat perhatian dan bantuan utk sedikit mengurangi atau membw mrk keluar dari penderitaan.
      Sepintas membaca ttg keadaan nenek saat ini cukup memberi gambaran bhw kemungkinan besar kanker yg diderita sdh mengalami penyebaran ke organ tubuh lainnya. Untuk memastikannya diperlukan bantuan pemeriksaan CT-Scan guna menilai dan menentukan sejauh mana kanker tsb melakukan penyebaran.Nyeri, batuk dan sesak napas yg ada saat ini sdh bisa memberi bayangan bhw kemungkinan besar kanker telah menyebar ke tulang dan paru-paru(organ yg srg mjd tempat penyebaran kanker). Pd kondisi spt ini tujuan dari pengobatan yg akan dan bisa dilakukan adalah sifatnya paliatif yg artinya bukan utk menyembuhkan ttp sifatnya utk mengurangi keluhan pasien yg dimaksudkan nantinya utk dpt meningkatkan kualitas hidup penderita.
      Sejauh ini, bebrp RS di Jakarta(Indonesia) sdh memberi pelayanan paliatif utk pasien2 kanker stadium lanjut.Salah satu diantaranya adalah RS Royal Taruma Jakbar yang memberikan pelayanan khusus paliatif care sebagai bagian dari pelayanan kanker secara holistik.

      Saran saya agar membawa nenek ke RS terdekat utk mendapatkan pelayanan paliatif yang mudah terjangkau oleh pasien dan keluarga.

      Dr Alfiah Amiruddin

      • Dear Dr.alfiah

        Saya sangat berterima kasih atas jawaban yang dokter berikan.

        Mohon bantuan informasi referensi rumah sakit di Surabaya yang memberikan pelayanan khusus paliatif care.

        Terima kasih banyak.

      • Saya sangat menghargai dan mendukung usaha ibu Wiwik untuk membuka tirai yg selama ini menghalang.Membawa nenek ke RS adalah pilihan yg paling tepat dan bijaksana. Meski tujuannya bukan utk menyembuhkan tetapi sentuhan cinta kasih yang mrpkn bagian dari suatu tim paliatif Insya Allah akan mampu membantu mengurangi derita sang nenek.
        Menurut hemat saya, Ibu Wiwik dpt menghub RS Dr Soetomo Surabaya utk mendptkan informasi yg lebih detail tentang keberadaan pelayanan paliatif di Surabaya. Semoga usaha ibu membawa hasil yg diharapkan.
        Dr Alfiah Amiruddin

  17. Ibu saya berumur 68 tahundan sekarang mengalami kanker payudara stadium 4 dimana lukanya berlubang membesar dan mengeluarkan cairan yang bau.Kanker payudaranya ada di sebelah kiri dan sekarang tangan kirinya mengalami pembengkakan yang membesar.Ibuku dibawa ke rumah sakit tidak mau.Untuk pengobatan ibuku rajin mengkonsumsi Typhonium plus setiap hari dan air rebusan dan daun sirsak
    Pertanyaannya :
    1.Apakah ibuku bisa sembuh, hanya dengan mengkonsumsi typonium plus dan air rebusan daun sirsak?
    2.Bagaimana merawat lukanya, supaya tidak menimbulkan luka bau yang menyengat
    3.Apakah bisa dilakukan perawatan di Wocare?dimana alamtanya

    • Mbak Deden,

      Sebaiknya ibu menjalani perawatan luka. Apakah Ibu tinggal di Jakarta? Kalau Ibu tidak mau ke rumah sakit, bisa juga menggunakan hospice home care yang tersedia di Jakarta. Tim hospice akan mengunjungi pasien di rumah, merawat luka dan memeriksa kondisi pasien.

      Mbak bisa menghubungi RS Kanker Dharmais untuk mengetahui lebih jauh tentang kunjungan ke pasien kanker di rumah. Atau bisa juga menghubungi Yayasan Kanker Indonesia untuk mendapatkan layanan seperti itu.

      Salam, Yuniko

  18. Salam kenal,
    Saya Asty, saya pasien kanker payudara yang sekarang sudah menyebar ke Paru2, KGB dan kulit. terdapat luka yang cukup luas dan mengeluarkan cairan. Saya mandi seperti biasa,luka nya pun dibiarkan terkena air ( air hangat ), lalu diamkan beberapa saat sambil kita membersihkan bagian tubuh lainnya, keringkan bagian yang luka dengan kasa atau kain katun yang lembut dengan cara sedikit ditekan (jangan digosok) agar kotoran2nya terangkat, setelah kering taburi dengan bubuk metronidazol/trichodazol. Karena lukanya terdapat di bagian yang tidak terlihat orang lain / di dada, maka saya tidak menutupnya dengan perban, saya memakai kaos dalam katun yang longgar saja, bila kaosnya mulai kotor krn cairan saya ganti. Puji Tuhan, luka itu tidak menimbulkan bau yang mengganggu sehingga sampai saat ini saya masih bisa bekerja ( saya karyawan disebuah kantor swasta), belanja ke mall, ke bioskop bahkan makan di restoran. Orang tidak akan menyangka kalau saya pasien kanker payudaya stadium4 kecuali kalau mereka lihat kepala saya yang botak karena kemoterapi hehehe….
    So, tetap semangat teman2…..semua terserah kita, dengan apa dan bagaimana kita akan mengisi dan menghabiskan karunia sisa hidup kita ini.
    Salam,
    Asty

    • Hebat Asty,

      Setuju Asty, isilah hari-hari dengan hal-hal positif. Tetap jaga stamina yha supaya tetap sehat dan beraktivitas seperti biasa.

      Salam CISC.

      • asty gmn cara menahan rasa sakit yg timbul..dan tubuh yg selalu lemas?

  19. dok kami mohon petunjuk.
    istri saya kena kanker payu dara sampai udah luka. setiap hari sudah saya bersihkan pake nhcl sampai 3kali sehari.tapi lukanya kok idk mau kering.obat apa yg hrs saya pake?

  20. Salam kenal.., senang bisa berkunjung ke situs ini, informasi ttg grup ini sangat dibutuhkan oleh sahabat2 yang menderita kanker.., trs support mereka.. tuk menjalanai hidup lebih semangat.., jika ada sahabat yang membutuhkan perawat homecare tuk merawat luka kanker wilayah Depok dan Jakarta bisa hub 081584077677
    Salam semangat…

  21. atau bisa mengunjungi http://www.perawatluka.com moga bs membantu

  22. Assalamualaikum
    Salam kenal…terima kasih untuk adanya group, yang dapat memudahkan penderita n keluarga dpt info yang membantu…
    Saya penderita kanker payudara, saya mengalami luka yang semakin hari semakin melebar dan bentuk payudara saya sudah sedikit berubah,,,tlong beritahukan tindakan yg hrus dlakukan, karena saya setelah saya konsultasikan ke dokter, yg dkter tidak membantu

    • Dear Fanny,
      Jika Fanny berada di Jakarta, silakan ke bagian perawatan luka kanker di RS Kanker Dharmais. Di sana Fanny akan diobati dan diajarkan cara merawat luka. Penanganan luka kanker membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.
      Semoga bisa segera diatasi yha…
      Salam, Yuniko

  23. halo salam kenal,,, mama saya berumur 58 tahun,, beliau sekarang sedang mengidap kangker payudara,, awalnya hanya benjolan kecil,, sekarang ukuran payudara sebelah kanan nya sudah membesar 3 x lipat, dan terdapat luka besar dan berlubang.. terlihat seperti daging yg membusuk,, saya sudah mengganti perbannya sehari 3 x, tapi bau tak sedap itu tdk mau hilang!!! apa yg harus di lakukan untuk mengurangi bau tak sedap itu?? dan rencananya mama saya mau melakukan pengangkatan payudara, tapi beliau takut akan efek samping dari pengangkatan payudara tersebut… ada yang mengatakan, bahwa oprasi pengangkatan payudara tersebut bisa menimbulkan kematian,apa itu betul? dan apa setelah operasi harus menerus kemo??? trimakasih

  24. Terima kasih atas infonya.sangat berguna

  25. sy,mau konsult.sy hbs OP tumor payudarah,dh 1,5bln luka OP blm kring sy msh mnyusui.tindakn pa yg hrus sy lakukan agar luka OP sy cpt kring tdk da rembesan asi trus.trimaksih

    • halo mbak Astri, sebaiknya konsultasikan dengan dokter bedah anda.
      semoga segera mendapatkan solusinya
      salam sehat CISC

  26. Siang bu, ibu saya di purwakarta terkena kanker payudara, baru 1 x kemo therapy di bandung, sekarang lukanya banyak mengeluarkan getah bening dan agak berbau, yang saya mau tanyakan :

    1. bagaimana cara merawatnya agar tidak berbau
    2. dulu memang sering keluar darah, sekarang tidak, tetapi keluar nanah dan banyak daging yang terbawa saat dibersihkan
    3. Apakah ada obat untuk mengeringkan lukanya ??
    4. Apakah getah bening akan terus keluar ??
    5. apakah bisa dikirim perawat untuk memberikan cara penangannya luka tersebut ?

    Terima kasih banyak, bisa menguhubungi saya di 0853-11837777 atau saya harus menghubungi siapa

    • halo Anton, menurut Dr Maria/Team Paliatif RSK Dharmais untuk obatin luka harus dilihat dulu lukanya, beliau bisa kirim Zr untuk mengajarkan bagaimana merawat luka. HP Dr Maria 087889010235
      semoga bermanfaat.
      salam CISC

  27. saya mempunyai bibi terkena kanker payudara terletak diketiak sebelah kiri pecah dan berbau,membersihkan lukanya saya sdh baca d blog ini cuma yg mau saya tanyakan beliau ada tumbuh lagi di leher benjolan apa yg harus saya lakukan dengan hal ini,ke dokter dsb sudah semua,apalagi beliau sebatang kara tidak punya anak dan suami,mohon bantuannya ya

    • mbak Nur apakah sudah ke dokter sp bedah tumor (Sp.B(K)Onk) ? silahkan konsultasikan dengan beliau. semoga dimudahkan segala sesuatunya untuk bibi mbak Nur. Amin
      salam sehat CISC

  28. Ass…
    saya mempunyai ibu yang luka kanker pada putingnya semakin melebar dan basah serta ada bau yang tidak sedap.kalau sudah terasa sakit ibu saya selalu menangis,padahal sekarang sedang dalam pengobatan herbal jeng Ana kurang lebih 1 bulan.dan ibu saya kankernya tidak di oprasi karena diabetesnya selalu tinggi akibat tidak sabar mohon bantuaannya supaya luka diputingnya tidak melebar,bagaimana cara mengatasinya??

    terimakasih sebelumnya

    wass

    • Ibu yang baik, dalam terapi kanker (operasi, sinar ataupun kemo) Dokter akan sesuaikan dengan kondisi diabet pasien, jadi sebaikan bawa Ibunda segera ke RS supaya mendapatkan penanganan terapi kanker yang benar, sebelum terlambat. Paling tidak pengobatan untuk luka kankernya. Pengobatan Herbal belum bisa menyembuhkan kanker, baru sebatas penunjang terapi. Semoga bermanfaat.
      salam sehat CISC

  29. Assalamualaikum

    Saya Nila, mohon infonya salep metcovazin ini bisa saya dapatkan dimana ya? saya berdomisili di Bali. Ibu saya mengidap Ca payudara sejak dua tahun lalu dan sekarang sudah luka lebar.

    Mohon informasinya.

    Wassalam,
    Nila

    • Mbak Nila apakah Ibunda sudah dibawa ke RS bag tumor ? kalau belum coba bawa Ibunda ke Dr Sp Tumor di RSUD yang terdekat supaya bisa diobati.
      salam sehat

  30. Sy ingin brtanya, ibu sy trkena kanker tpi smpe saat ini tdk ingin k dktr ataupun lab utk mengetahui std.nya. Skrg payudaranya trdapat luka yg mengeluarkan cairan trkadang brdarah ataupun nanah. Sy mohon dgn sangat bagaimana spy luka itu kering, obat apa yg harus diminum? Apakah luka itu bs sembuh? Trm ksh

    • Arlin jika anda di Jakarta, coba kontak Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Lebak bulus No. 021-7507447 daftarkan untuk ibunda Hospice Home Care dengan Dr Klara.

  31. Hallo..

    Saya memiliki seorang saudara yang menderita kanker payudara stadium akhir. Payudara sebelah kanannya sudah luka dan bernanah, sedangkan yang sebelah kirinya sudah mengeras.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah membersihkan luka dengan cairan infus seperti yang saya lakukan selama ini benar? Lalu bisakah luka terbuka pada payudara kanan tersebut kering? Dan bisakah kanker yang sudah menyebar di beberapa bagian tubuhnya (terlihat secara kasat mata) itu disembuhkan? Terima kasih.

    • Marina, pembersihan luka kanker dengan cairan infus sudah benar. untuk supaya kering sebaiknya dibawa ke RS bagian penatalaksanaan luka kanker.
      Kata “sembuh” dalam kanker masih ada tanpa petik, tp Kanker yang ditemukan pada stadium dini dan diobati dengan cepat dan tepat akan mendapatkan angka kesembuhan yg lebih bagus. Tuhan menentukan segala sesuatunya termasuk kesembuhan dari suatu penyakit, namun kewajiban manusia untuk terus berusaha semax mungkin. Semoga Tuhan memberikan yang terbaik untuk saudara anda. Amin
      salam hangat CISC

  32. Kalau di Bandung, rekomendasi ke mana ya untuk perawatan luka kanker payudara?

    • Di Bandung bisa ke bagi Penatalaksanaan luka kanker di RS Hasan Sadikin.
      salam CISC

  33. maaf saya mau bertanya bagaimana cara merawat kanker payudara supaya tida bau

    • ada perawatan khusus untuk kanker yang luka. silahkan datang ke RS bagian perawatan luka kanker (klo di Dharmais ada dilantai 2) saya tidak tahu di RS yg lain. atau di Yys Kanker Indonesia di Jl Lebak Bulus Tengah No. 9 Jakarta selatan, disitu juga ada, jika tidak ada datang saja ke RS dan minta diajarkan perawatan luka dirumah dan beli obat0obat yg diperlukan.
      semoga lukanya cepat mengerang dan sebaiknya segera dibersihkan.
      salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 191 other followers

%d bloggers like this: