Human Papilloma Virus (HPV) dan Vaksinasi

April 2, 2008 at 1:11 pm | Posted in Tentang Kanker | 62 Comments
Tags:
  • Ada lebih dari 100 type Human Papilloma Virus (HPV). Type-type HPV tertentu menjadi penyebab utama kanker servik.
  • FDA, USA telah menyetujui penggunaan vaksin Gardasil untuk mencegah infeksi akibat beberapa jenis HPV. Penelitian lebih lanjut masih dilakukan untuk penggunaan vaksin Cervarix.
  • Vaksinasi lengkap dapat menurunkan hampir 60 persen kematian akibat kanker servik.
  • Vaksin terbukti efektif jika diberikan pada orang yang belum terinfeksi HPV.
  • Deteksi kanker servik sangat penting bagi semua wanita,  baik yang telah menjalani vaksinasi ataupun yang tidak.

Sumber dari National Cancer Institute, USA

62 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Sekedar info, vaksinasi HPV sudah bisa dilakukan di Indonesia. Katanya, beaya sekitar 2 juta dan perlu 3 x injeksi. Waspadalah, karena di Indonesia kanker servik masih menjadi penyebab kematian tertinggi akibat kanker pada wanita. Lebih penting lagi, menjaga agar faktor resiko di diri Anda tidak semakin tinggi dan lakukan deteksi dini.

    Salam CISC

  2. Yth. Pengurus CISC
    Kapan vaksin itu bisa dilakukan? Adik saya baru selesai kemoterapi karena kanker payudara. Sekarang dia minum tamoxifen setiap hari. Saya sudah tanya ke dokternya katanya kapan saja bisa. Mohon penjelasan. Salam

  3. Dear Melia,

    Plz konsulkan dgn dokter spesialis ginekolog onkologi. Kebetulan tgl 8 April 2008 ada ceramah ttg Kanker servik jam 10.00 – 12.00 di lt 2 gedung serba guna. Kesempatan untuk mendapatkan info lebih lengkap disana. Thx.

    Salam CISC

  4. Dear CISC, saya ingin tanya pendapat teman-teman di sini. Saya memang tidak menderita kanker, tapi saya tertarik dengan vaksin HPV. Yang sedikit mengganjal, apakah vaksin ini sudah efektif? Atau masih “uji coba”?
    Maaf ya pertanyaannya agak gimana… Saya melihat hal ini berdasarkan vaksin BCG pada balita. Ternyata di beberapa negara BCG sdh tidak dipakai lagi dan di Indonesia ternyata jalan terus…. bagaimana HPV sendiri? Tolong saya diinformasikan. Thx u….

  5. Dear Ketty,

    Jenis vaksin HPV yang ada ternyata hanya cocok untuk 4 jenis yaitu tipe 6, 11, 16 dan 18. Padahal type 16 dan 18 hanya memberikan kontribusi 70% sebagai penyebab kanker serviks. Berarti ada tipe lain yang tidak tertangkal. Dan lagi, vaksinasi itu akan lebih efektif bagi wanita yang belum melakukan kegiatan seksual usia 9 – 45 tahun. Bagi yang sudah menikah, harus dilakukan pap smear terlebih dahulu. Bukan berarti setelah vaksinasi, tak perlu melakukan pap smear lho… bagi yang telah melakukan aktivitas seksual. Vaksinasi efektif ada di tubuh selama 5,5 tahun dan belum ada anjuran untuk booster atau pengulangan. Jadi… sebaiknya melakukan pola hidup sehat termasuk tidak berganti-ganti pasangan seksual, tidak melakukan kegiatan seksual di usia terlalu muda, tidak merokok, menjaga kebersihan dll.

    Vaksinnya relatif mahal, totalnya 3 x bisa lebih dari 4 jt rp.

    Kalau kita punya anak perempuan 9 tahun, apa kita akan vaksinasi dia? Atau lebih baik kita berikan bekal-bekal pemahaman untuk mencegah kanker serviks dengan perilaku hidup yang sehat? Sampai pada waktunya perlu dilakukan deteksi dini.

    Salam CISC

  6. hai…aku ingin gabung,aku cuma penasaran aja mengenai kanker ini. Sekarang kan prevalensinya meningkat dan sebagai perempuan kita harus aware.
    hehehe…

  7. Untuk vaksin kanker serviks sudah ada dan tersedia di Bogor dateng saja ke Klinik dr. Boyke di Bogor.
    Vaksinnya namanya Gardasil.

  8. Klinik Pasutri Bogor. Jl. Merak No. 3 Bogor Tlp.
    0251 – 349707.

  9. saya ingin bertanya mengenai deteksi dini kanker servik,salah satunya kan dg visualisasi asam asetat,bagaimana caranya dan sejauh mana sensitivitasnya?
    trims

  10. Rini, deteksi dini kanker servik dengan metode IVA
    (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat 3-5%) adalah cara yang mudah dan murah, dapat dilakukan di Puskesmas dengan hasil langsung dan non invasif. Sensitivitas memadai di daerah dengan sarana yang terbatas.

    IVA biasanya dilakukan oleh bidan, dokter umum atau dokter spesialis yang terlatih untuk melakukannya.

    Semoga informasi ini berguna.

  11. Hi, I’ve just seen gynecologist, she gave CERVASIX . It cost IDR 1,300,000,- I think that’s so appropriate if compared to the severity…

  12. Apakah harga vaksin tersebut masih mahal? lebih murah mana dengan kita papsmear

  13. Informasi terakhir yang kami tahu: Vaksin Cervarix harga Rp. 550.000 per suntikan.

    Kalau pap smear lebih murah sekitar Rp. 100 ribuan atau bahkan kurang jika sedang ada promo di tempat-tempat tertentu. Tapi pap smear kan untuk deteksi dini, sedangkan vaksinasi HPV untuk pencegahan.

    Yang penting juga adalah kurangi faktor resiko timbulnya kanker serviks.

    Salam CISC

    • boleh info ga dimana utk vaksin cervarix seharga Rp 550.000/suntik

  14. Saya sangat tertarik dengan vaksinasi servik ini,apakah di semua Rumah sakit sudah ada pelayanan vaksin servik?terutama di semarang krn saya berdomisili dsn.dlm wkt dekat saya merencanakan akan menikah,lbh efektif mana bl dlalukan stlh menikah/sebelum?kl sblm apa hrs melewati 3x vaksin dl br bs menikah?trimakasih

  15. Jadi penasaran karena iklannya sudah banyak.
    Dimana di jakarta dapat melakukan vaksin kanker servick ? Apakah ada efek samping (seperti deman atau lainnya) setelah dilakukan vaksin ?
    Berapa jarak antara suntikan yang satu ke yang lainnya ?
    Saya berusia 40 tahun, akan segera meningkah, bagaimana persiapan yang harus saya lakukan untuk hal tersebut ?

  16. mau tanya apa bedanya gardasil dengan cervarix??
    yang mana lebih efektif,thx..

  17. iya mau tau donk perbedaan gardasil dan cevarix karena saya juga di tawarin oleh dokter yg berbeda dengan tipe vaksin yg berbeda juga..MInta tolong dong sapa tau ada yg tau..

    • Yang jelas gardasil dan cevarix berbeda produsen sehingga mereka menggunakan merk dagang berbeda. Prinsipnya hampir sama walau ada perbedaan minor antara keduanya, misalnya efektifitas untuk beberapa tipe HPV yang sedikit berbeda.

  18. kalau ud pernah kena virus hpv apakah vaksin ini masih efektikf?

    • Rio,

      untuk vaksinasi HPV padahal udah pernah kena virus HPV sebaiknya konsultasikan dengan dokter ginekolog onkologi. Mengetahui intensitas virus hpv yang pernah ada dan hasil pemeriksaan lainnya akan memudahkan dokter memberikan rekomendasi.

  19. Cervarix produknya sensitif n spesifik untuk kanker tipe 16,18 yang menyebabkan kanker serviks, sedangkan Gardasil dengan tipe 16,18,6,11 namun tipe 6,11 ini bukan penyebab kanker, tapi penyebab kutil (genital wards) tidak berkaitan dengan kanker namun harga lebih mahal

    Kalau saya bole saran Cervarix karena lebih murah dan spesifik.

    Sekedar informasi

    Vaksinasi HPV (Human Papilloma Virus) untuk cegah kanker serviks (kanker leher rahim) pada wanita

    merk vaksin Cervarix (R), harga distributor
    KOLEKTIF dan MURAH
    Semakin banyak pesanan, semakin murah!!

    Paket Family (min.3 orang) @ 625.000/suntikan
    Paket Single @650.000 / suntikan

    Vaksinasi terdiri dari 3x suntikan selama 6 bulan
    Harga sudah termasuk biaya tenaga medis

    Harga dapat lebih murah bila mencapai 100 orang.. ayo ramai2 cegah kanker serviks

    Bagi yang berminat, hubungi : tephi28@gmail.com atau telp 08569019587

  20. Dear all,

    Sebelum memutuskan untuk vaksinasi HPV sebaiknya banyak membaca dan mendengar pendapat ahlinya tentang vaksin, HPV dan kanker serviks. Untuk wanita yang sudah kawin, tentu saja perlu pap smear terlebih dahulu. Karena tentu akan membahayakan kalau sudah ada indikasi ca serviks kemudian ditambahkan dengan vaksinasi HPV.

    Yang perlu diingat juga adalah bahwa vaksinasi tidak 100 persen mencegah kanker serviks karena kanker tersebut juga bisa disebabkan oleh hal lain di luar virus HPV yang tipe 16 dan 18. Sangat perlu diperhatikan pola hidup sehat termasuk pola seksual yang sehat, tidak merokok, memperhatikan kebersihan organ genitalia, dll.

    Berapa lama efektifitas vaksin baru tubuh kita juga perlu dipertimbangkan. Kapan perlu di booster dan apa saja efek samping vaksinasi tentunya perlu diketahui sebelum yakin untuk melakukan vaksinasi HPV.

    Setelah vaksinasipun tetap perlu dilakukan deteksi dini kanker serviks secara rutin.

    Semoga tulisan ini bermanfaat bagi friends of CISC.

    Salam sehat CISC

  21. tp kl da vaksin ap kemungkinan kena virusnya tetap ada y?.. efek samping setelah suntik ada ap ga ya selain deman, gatel gitu?.. soalnya saya baru2 ini denger masalah vaksin serviks jd masi awam tp saya mau sih suntik buat kesehatan..

  22. Yth. Pengurus CISC
    saya mau tanya..kl sudah berhubungan tetapi baru di vaksin masi pengaruh ga ya vaksinnya? saya baru2 ini vaksin dg cervarix di klinik pasutri (dr.boyke), apakah bener cervarix tidak terlalu bagus??..soalnya setelah saya suntik dg cervarix teman saya br bilang kl ternyata bagusan gardasil..ini jd menganggu pikiran saya..terima kasih untuk waktuny..

  23. Untuk Nini & Dewi,

    Tentunya dokter akan melakukan pemeriksaan dan konsultasi sebelum vaksinasi dilakukan (baik cervarix ataupun gardasil). Virus HPV banyak sekali tipenya. Perbedaan 2 vaksin di atas adalah efektifitasnya terhadap type2 HPV. Menurut kami, kedua vaksin tersebut tidak serta merta membuat kita 100% merasa aman dan terhindar dari kanker serviks. Menurunkan kemungkinan terkena, tentunya iya. Namun, tetap perlu memperhatikan juga hal lain yang bisa menjadi penyebab kanker serviks misalnya berganti-ganti pasangan seksual, merokok, faktor genetika dll.

    Dewi, toh vaksinasi sudah dilakukan. Sama saja koq, tidak banyak berbeda. Tidak perlu disesali.

    Salam CISC, Yuniko

    • Yth. Pengurus CISC

      saya berkeinginan untuk vaksin untuk serviks.Bisakah berikan kepada saya vaksin apa yang terbaik supaya saya tidak salah langkah.

      Karena ada orang bilang bahwa vaksin ini 4type yang terbaru, dan ada yang tidak mengerti sama sekali apa yang di maksud vaksin 4type.

      Tolong saya diberikan petunjuk yang jelas, dan apa yang harus saya sampaikan ke petugas rumah sakit sehingga vaksin yang saya terima tidak salah.

  24. Dear Jen,

    Vaksinasi HPV untuk mencegah kanker serviks sedang ramai dipasarkan. Ini akan cocok bagi perempuan yang belum pernah melakukan hubungan seksual, walaupun tentunya perlu konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan.

    Perlu juga diketahui bahwa vaksinasi tidak bisa 100% mencegah kanker serviks karena penyebab timbulnya bukan hanya karena 2 atau 4 jenis Human Papiloma Virus yang efektif dengan vaksinasi yang tersedia di pasar.

    Setelah vaksinasi, tetap perlu dilakukan deteksi dini kanker serviks secara rutin, berperilaku seksual sehat dengan tidak berganti pasangan, tidak merokok, dan pola hidup sehat lainnya. Bisa saja terjadi, kanker serviks timbul akibat HPV tipe lain selain tipe 16, 18 dan tipe lain yang bisa dicegah dengan vaksinasi.

    Keputusan untuk melakukan vaksinasi HPV atau tidak dan dengan vaksin apa tentunya perlu dipertimbangkan dengan matang. Juga perlu diketahui berapa lama efektifitas vaksinasi bagi tubuh manusia. Kapan perlu vaksinasi lanjutan tentunya baik untuk ditanyakan ke dokter kandungan Anda.

    Pencegahan adalah baik. Tak kalah penting adalah menjaga agar faktor resiko lain juga minimal.

    Salam sehat CISC,
    Yuniko

  25. maaf,saya melakukan vaksin setelah terkena infeksi dan kemungkinan suami saya juga kena HPV,katanya untuk pria gak bs disembuhkan.saya mengalami infeksi servik stadium 2 sekarang dan akan menjalani kuret utk pembersihan infeksi servik saya.bagaimana nanti setelah kuret dan berhubungan ma suami apakah virus hpv bisa menginfeksi servik saya lagi,terima kasih

  26. Saya berumur 28 dalam waktu dekat ini akan merid, dimana rumah sakit yang menyediaknan pelayanan vaksin ini untuk yang 1 paket(3x suntikan)
    tetapi yang sedang promo ya karna budget terbatas :p terima kasih

  27. saya menikah di usia muda, tapi sekarang baru mau melakukan vaksin cervaix. Saya prnh ke dokter melakukan pemeriksaan akibat keputihan, dan di pap smear. Cuman katanya ada infeksi di dalam. Sedikit paling ga da rasa was-was dalam hatiku.
    Apakah dengan vaksin cervaix dapat dilakukan?

    saya rencana mau tawarin kepada teman-teman saya agar bisa melakukan vaksin ini, mgkn terlebih saya ingin tau tentang vaksin cervaix lebih dulu..
    apakah vaksin ini bisa dilakukan saat menstruasi?

    • Dear Sissy,

      Sebaiknya konsulkan dulu ke dokter spesialis ginekolog onkologi sebelum melakukan vaksinasi cervarix. Ada hal-hal yang perlu di screening oleh dokter ahli tujuan vaksinasi tercapai baik.

      Salam CISC

  28. saya mau mengikuti vaksin di rs yg ingin sy tanyakan apakah perlu pap smear dulu sebelum di vaksins sebab saya sudah menikah dan mempunyai 3 anak usia sy 33th trimakasih sy tggu jwbannya

    • perlu tentunya Lely. diskusikan dengan dr obsgyn lely yha.

  29. Saya ingin melakukan vaksinasi. Di atas diebutkan “vaksinasi itu akan lebih efektif bagi wanita yang belum melakukan kegiatan seksual usia 9 – 45 tahun”. Saya berusia 21 tahun, dan pernah melakukan masturbasi, apakah itu termasuk kategori kegiatan seksual yg dimaksud? apakah saya masih bisa melakukan vaksinasi ini?

    • Dear Lena,

      Silakan lakukan vaksinasi HPV. Sebaiknya ke dokter obgyn terlebih dulu untuk meyakinkan bahwa tdk ada resiko lain yg bisa terjadi. Salam sehat CISC
      yd

  30. Saya mau tanya, jika pasangan saya terkena penyakit jengger ayam..tapi hanya tiga benjolan kecil sekitar vagina/alat kelaminnya..skrg benjolannya hilang…baru 1 bln dia terkena penyakit itu…dua hari yang lalu kami tidak melakukan hubungan sex, tapi dia hanya melakukan “petting” pada alamat kelamin saya melalui mulutnya, apakah saya bisa tertular dok?thanks….

  31. Mohon bantuan informasi lokasi untuk lakukan tes Pap Smear yg biayanya relatif sangat murah di kota Bogor bagi warga miskin.
    Terimakasih.

    • Untuk deteksi dini kanker serviks bisa juga dilakukan test IVA dengan beaya relatif murah. Secara kolektif (minimal 50 orang) dapat dilakukan pada lokasi tertentu. Jika membutuhkan info lebih lanjut silakan hub kami.

      Salam CISC

  32. jika sudah terkena kutil kelamin apakah pemberian vaksin HPV masih bisa mengobati…?

  33. mau tyak ni,kira kira sudah berapa banyak orang sudah menggunakan vaksin ini?

    • yang kami tahu sudah banyak yang menggunakannya, Anda bisa menghubungi Dr Obgyn.
      salam

      • dear CISC,
        bila pasien sudah mengalami hpv 6, 11 yg merupakan penyakit kutil genital (kondiloma) apakah bs d suntik vaksin tanpa paps,ear terlenih dulu?
        mohon d jawab. trims..

      • Halo Sese, menurut Dr Toto, Sp.Obgyn(K) dari RSPAD sebelum suntik vaksin sebaiknya dilakukan papsmear dulu.
        semoga bermanfaat.
        salam sehat CISC

  34. saya terkena kutil kelamin saya pernah sekali diobati dokter pakai podolyphiin tapi tidak sembuhdikarenakan mahalnya biaya berobat maka saya akan memotor kutil itu sendiri dengan silet ..apakah berbahaya dan apa efek sampingnya ..

    • pasti berbahaya sekali karena anda bukan dokter. sebaiknya datang ke Puskesmas saja.

  35. saya sdh papsmear..dan tyt ada semacam kutil …stlh itu disuruh operasi kecil utk membuang kutil itu…biayanya sekitar 8 jt …krn dirasa berat sdh stgh thn ini saya masih belum melakukan operasi itu…kl mau konsultasi ke dktr itu lg jg mahal sekali …bs 1 jt sekali ketemu…yg sy mau ty kan…kl misalnya saya setahun lg br melakukan operasi itu..apakah sdh sgt terlambat? maksud sy …apakah stlh didiagnosa mmg ada kutil itu hrs segera dioperasi saat itu jg…brp lama sbenarnya saya boleh mengulur wktu utk melakukan operasi ini…

    • Halo Ibu Puspa yang sedang gelisah, kenapa ya beaya dokter mahal sekali ? Rp.1juta/1pertemuan ? memang ibu konsul di RS/klinik mana ? di Jakarta saja saya kira tidak ada konsul Dr begitu mahalnya. Atau mungkin diluar Indonesia.
      Pada dasarnya apapun bentuk tumor/benjolan liar yang menempel ditubuh kita sebaiknya segera dibuang, baik itu jinak (kutil) apalagi ganas (kanker), apalagi tempatnya didalam vagina. cobalah ibu second opinion ke dokter kandungan yang lebih murah, misalnya ibu bisa ke Puskesmas atau RSU saya kira dikota2 kabupaten/provinsi pasti sudah bnyk Dokter Spesialis kandungan & penyakit kandungan.
      Salam sehat & semoga bermanfaat

      • Kl saya sebutkan nama rs nya dpp ya? Sy di jkt kok..emang segitu biaya dktrnya….jd wktu itu stlh papsmear….sy disarankan di colposcopy n biopsy ….dgn hsl papsmear epithelial cell abnormality: HSIL(encompassing CIN 3…trus human papillomavirus (highrisk genotypes) positive of type 31…dgn tulisan di comment: dna was extracted from the spesimen then amplified by the polymerase chain reaction(pcr).the essay is able to detect 15 “high risk” HPV types include 16,18,31,33,35,39,45,51,52,53,56,58,59,66,68..these genootyppes are the most common ones associated with cervical dysplasia and with the development of cervical cancer.although they may be present transiently without detectable cellular changes. These assay also detect 6 low risk hpv type include 6,11,42,43,44 and 81…which is responsible of 90% af all cases of genital warts….
        Dgn hasil papsmears spt diatas td…mohon pencerahannya…apakah berbahaya sekali ataukah masi bs diundur sthn lg? Ini dikarenakan biaya nya saya mau claim kan ke asuransi…cmn krn kmrn terhambat pernah lapse …jd sptnya sy hrs menunggu sthn lg utk ditanggung biayanya…ataukah..lbh baik sy segera saja lakukan operasi….dan apakah slth dilakukan operasi memang tdk bs tumbuh lg? Krn kl liat dr fotonya sih memang kutil nya masi tmpk samar2 menurut sy…sayang sekali wktu yg konsul utk colcoscopy itu sy kurang berty byk..krn sy jg masi bingung dgn hsl ny tyt mmg bs berakibat kanker…
        Oya..sy ibu rt biasa…n tdk pernah berhub badan selain dgn suami sy…skrg sy sdh ada 2 anak…dan saya hipoteroid…apakah perlu sy hamil lg agar tdk terkena kutil ini lg? Terima kasi byk atas respon yg sgt baik dr anda…

      • Ibu Puspa, memang betul kalau biopsy & Colposcopy + konsul ya pasti biayanya +- 1juta masih termasuk normal atau murah, tapi kan tidak pada setiap ibu datang untuk konsul mesti bayar Rp.1juta nanti bisa kita laporkan kepetugas pajak hehehe.
        dari hasil papsmear mm sebaiknya segera ditindak lanjuti spy jangan sampai menjadi Cancer, walaupun perjalanan cancer masih agak lambat pada stad awal/masa pra cancer, tapi kenapa kita tidak secepatnya bertindak? kenapa mesti menunggu lebih lama, karena kanker yang ditemukan dan diobati pada stadium dini akan bisa disembuhkan. Jika asuransi tidak mengcover kalau ditindak sekrg, ibu bisa hitung dan bandingkan berapa kerugian tidak dicover assuransi atau dicover asuransi tapi kondisi sudah lain ? perlu ibu ingat, pengobatan kanker berbeda antara pengobatan pada stad awal(pra kanker) dengan pengobatan sesudah menjadi kanker. disamping lebih mahal setelah menjadi kanker, juga lebih memeras tenaga, jika sekarang pada saat pra kanker ibu diobati mungkin hanya memerlukan operasi pengangkatan kutil/tumor sj tanpa harus ada terapi lanjutan, tapi jika ibu menunggu pengobatan 1 tahun lagi dan mungkin sudah menjadi kanker, maka pengobatannya akan lain, disamping operasi(pengangkatan tumor) ibu juga harus melakukan sederetan terapi lanjutan mungkin kemo+sinar dll. Jadi jika boleh kami sarankan, lebih cepat lebih baik. jika akan mengurangi beaya, Ibu bisa memilih RSCM atau RSK Dharmais yang pasti akan lebih murah, apalagi kalau Ibu bisa ambil dikelas 2 misalnya.
        semoga bisa Ibu pertimbangkan.
        salam hangat CISC

      • Oh begitu tyt…abisnya mau balik lg ke dktr itu takut..,tar ditagih lg 1jt…stres lgsg …abisnya di bonnya cmn ditulis konsul dktr…takutnya…. kmrn kan…kl konsul lg…,tar dikeker (bhs jw) lg…atau dibiopsy lg…kan stres jdnya byrnya…heheheh…
        Iya deh…kl gt ntar sy coba blg sama suami…spt yg anda sarankan td…trima kasi byk ya…sblmnya saya kalut sendri…kdg sampai dak bs tidur sampai stgh 3 pagi mikirin gmn baiknya…mau ty dgn siapa dak brani..stres sendri..maklum kebutuhan 2 anak bnr2 membuat serba kencangin ikat pinggang,,,sampai2 hal yg sbnernya urgent pun mesti ditunda …apalagi kl jd kanker beneran…apa dak malah sy tmbh stres…ckckckkkk… Bnr jg..gmn kmrn sy cara berpikirnya …ntah la…mungkin krn stres sndri..jd dak bs pikir jernih …pokoknya trima kasi byk ya…atas saran2nya …it help me so much…

      • Sama-sama Ibu, gapapa kan belum terlambat. terus terang saja pada Dokter ibu, tentang biaya dll, dokter bisa mengerti kok asal kita jujur, dan dokter pasti bersedia membantu. Selamat ya Ibu karena ibu tetap ke Medis walau dalam kebingungan Ibu.
        Hubungi saya melalui email ciscsuhartisri@yahoo.com jika ada hal lain yang ibu perlu tanyakan. atau Ibu bisa datang nanti dipertemuan support group kanker Sabtu tgl 14 Okt jam 10-13 di Jl Imambonjol No. 51 Jakarta. anda bisa banyak sharing dengan beberapa survivor kanker dan ketemu saya. ditunggu ya
        salam sehat
        sri-CISC

  36. Salam sehat, saya sudah vaksin HPV seri pertama, dan akan suntik seri kedua minggu ini..apakah tetap bisa suntik jika saya sedang mens?terimakasih inifonya..

    • Menurut keterangan Dr Obgyn bisa dilanjutkan sesuai jadwal.
      salam

  37. Selamat malam.
    Apakah berbahaya bila menerima vaksin HPV tanpa Pap Smear jika telah melakukan hubungan intim yang rutin?

    • Halo Yali, jika sudah pernah melakukan hubungan intim, sebaliknya sebelum mendapatkan vaksin HPV harus dilakukan papsmear lebih dulu.
      salam CISC

  38. Untuk yang ingin tau tentang Vaksin HPV boleh dibaca-baca blog saya, sekedar untuk informasi http://jovitar41n4.blogspot.com/2013/11/akhirnya-udah-vaksin-hpv-seri-pertama.html
    Salam Sehat :D

  39. Salam sehat, saya yohanna dari jkt
    saya kemarin ke dokter kandungan karna saya keputihan , lalu dokter saya menganjurkan saya di suntik gardasil.
    tapi saya takut untuk suntik , karna dokter saya bilang ada 3x suntik itu ada tahap-tahap ny suntik.
    apakah sangat penting suntik gardasil sebelum menikah??

    trimakasih :)

    • Halo Yohana, penting sekali tidak, tapi untuk jaga-jaga boleh saja.
      sebenarnya tanpa vaksin gardasil jika kita menjalani pola hidup sehat dengan perilaku sex yang sehat, tidak berganti2 pasangan, memeriksakan kesehatan/deteksi dini dg testpap/papsmear secara teratur, menjaga kebersihan vagina, pasangan kita juga tidak melakukan hub dg orang lain, bila semua dilakukan dg baik bisa mencegah terjadinya kanker rahim.
      semoga bermanfaat.
      salam sehat CISC

  40. Saya mau bertanya jika saya sdh terkena kutil kelamin, apakah boleh suntik vaksin untuk kanker serviks? Saya belum menikah, dokter tdk bs lakukan tes pap smear. Tp hasil ca125 saya menunjukan tdk ad kanker. Saya bingung apakah saya boleh vaksin atau tdk. Tolong masukannya

    • Halo Nuri, jawaban dari Dr Toto Imam/RSPAD, sebaiknya kutilnya disembuhkan dulu setelah dinyatakan sembuh baru boleh vaksin.
      semoga cepat sembuh ya.
      sala sehat CISC


Leave a Reply

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 191 other followers

