Support Group Kanker

Dear all,

You are all welcomed to share your personal experience after attending cancer support group sessions. In your opinion, are the sessions meaningful to boost optimism in fighting cancer? Can it become resourceful and be a place where you can express feelings and experiences freely? Looking forward to your comments. (YD)

387 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Yth. pengelola,
    ijinkan saya bergabung dalam CSG ya … terimakasih.

  2. Halow mbak Rini,

    Senang sekali bisa bergabung di CISC ini. Pengalaman mbak menghadapi kanker sangat memberikan support bagi saya. Saya terkena Lymphoma di th 2004 dan kemo beserta radiasi saya lakukan di semarang. Saat ini saya sudah kembali bekerja dan berkumpul kembali dengan anak2 dan suami di Jakarta. Saya pingin ada CISC di semarang juga. Mudah2an di awal tahun 2008 segera terwujud.
    Teman2 saya di semarang ada mbak Naning (Lymphoma juga) yang sekarang sudah sembuh dan lagi hamil anak kedua, ada Sam Herlambang dan banyak lagi yang lain. Pasti pada senang kalau ada wadah seperti ini. Kita dulu cuman saling curhat, pada gundul2, pada sedih ketika teman kita, cie Kiok (nasofaring) harus “pulang”.

    Salam – Agnes Emmy

    • dear ibu agnes emmy,

      kakakku didiagnosa kanker,sekarang harus proses kemo di semarang, tapi dia sudah takut, ngeri dan tidak bisa meninggalkan kedua cucunya.smntara ini berobat herbal.berbahaya atau tidak? maksudnya supaya irit.tp saya juga berusaha membujuknya agar mau dikemo. saya sedih karena kendala juga pada biaya. bu, adakah informasi untuk mendapatkan bantuan biaya dari yayasan kanker? tentunya kami semua ingin dia sembuh. kasihan dia sudah banyak beban berat selama ini.trimakasih sudah membaca ini.

  3. Allow mba Agnes salam kenal, Sy Adi, sy jg dr Semarang, alumni FK UNDIP, Sy mendukung jika ada CISC di Semarang..Jika ada pertemuan don’t forget to contact me yah..

    Salam sehat dan sejahtera,
    Pramafitri Adi Patria, dr
    pramafitri@yahoo.com
    Hp +62812 28 92678

  4. Salam kenal,
    Saya ingin bergabung di sini untuk mendapatkan banyak-banyak informasi tentang kanker rongga perut. Ibu saya sedang di diagnosa kanker rongga perut stadium lanjut, sekarng beliau sedang berusaha melawan penyakit ini, dalam waktu dekat akan menjalani kemoterapi.
    Mohon dukungan nya.
    Terima Kasih

    • Buah Sirsak, Pembunuh Kanker (Terjemahan Bebas)Share
      Wednesday, October 21, 2009 at 1:37pm | Edit Note | Delete
      Soursop, buah dari pohon Graviola adalah pembunuh alami sel kanker yang ajaib dengan 10.000 kali lebih kuat dari pada terapi kemo.

      Tapi kenapa kita tidak tahu?

      Karena salah satu perusahaan Dunia merahasiakan penemuan riset mengenai hal ini se-rapat2nya, mereka ingin agar dana riset yang dikeluarkan sangat besar, selama bertahun-tahun, dapat kembali lebih dulu plus keuntungan berlimpah dengan cara membuat pohon Graviola Sintetis sebagai bahan baku obat dan obatnya djual kepasar Dunia.

      Memprihatinkan, beberapa orang meninggal sia2, mengenaskan, karena keganasan kanker, sedangkan perusahaan raksasa, pembuat obat dengan omzet milyaran dollar menutup rapat2 rahasia keajaiban pohon Graviola ini.

      Pohonnya rendah, di Brazil dinamai “Graviola”, di Spanyol “Guanabana” bahasa Inggrisnya “Soursop”. Di Indonesia, ya buah Sirsak. Buahnya agak besar, kulitnya berduri lunak, daging buah berwarna putih, rasanya manis2 kecut/asam, dimakan dengan cara membuka kulitnya atau dibuat jus.

      Khasiat dari buah sirsak ini memberikan effek anti tumor/kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri,anti jamur(fungi), effektive melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali sistim syaraf yang kurang baik.

      Salah satu contoh betapa pentingnya keberadaan Health Sciences Institute bagi orang2 Amerika adalah Institute ini membuka tabir rahasia buah ajaib ini. Fakta yang mencengangkan adalah: Jauh dipedalaman hutan Amazon, tumbuh “pohon ajaib”, yang akan merubah cara berpikir anda, dokter anda, dan dunia mengenai proses penyembuhan kanker dan harapan untuk bertahan hidup. Tidak ada yang bisa menjanjikan lebih dari hal ini, untuk masa2 yang akan datang.

      Riset membuktikan “pohon ajaib” dan buahnya ini bisa :

      ü Menyerang sel kanker dengan aman dan effektive secara alami, TANPA rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
      ü Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
      ü Pasien merasakan lebih kuat, lebih sehat selama proses perawatan / penyembuhan.
      ü Energi meningkat dan penampilan phisik membaik.

      Sumber berita sangat mengejutkan ini berasal dari salah satu pabrik obat terbesar di Amerika. Buah Graviola di-test di lebih dari 20 Laboratorium, sejak tahun 1970-an sampai beberapa tahun berikutnya. Hasil Test dari ekstrak (sari) buah ini adalah :

      ü Secara effektive memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 type kanker yang berbeda, diantaranya kanker : Usus Besar, Payu Dara, Prostat, Paru2, dan Pankreas.
      ü Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan!
      ü Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selective hanya memburu dan membunuh sel2 jahat dan TIDAK membahayakan/ membunuh sel2 sehat!

      Riset telah dilakukan secara ekstensive pada pohon “ajaib” ini,selama bertahun-tahun tapi kenapa kita tidak tahu apa2 mengenai hal ini? Jawabnya adalah : Begitu mudah kesehatan kita, kehidupan kita, dikendalikan oleh yang memiliki uang dan kekuasaan!

      Salah satu perusahaan obat terbesar di Amerika dengan omzet milyaran dollar melakukan riset luar biasa pada pohon Graviola yang tumbuh dihutan Amazon ini. Ternyata beberapa bagian dari pohon ini : kulit kayu, akar, daun, daging buah dan bijinya, selama berabad-abad menjadi obat bagi suku Indian di Amerika Selatan untuk menyembuhkan : sakit jantung, asma, masalah liver (hati) dan rematik. Dengan bukti2 ilmiah yang minim, perusahaan mengucurkan Dana dan Sumber Daya Manusia yang sangat besar guna melakukan riset dan aneka test. Hasilnya sangat mencengangkan. Graviola secara ilmiah terbukti sebagai mesin pembunuh sel kanker!

      Tapi… kisah Graviola hampir berakhir disini.Kenapa?

      Dibawah Undang2 Federal, sumber bahan alami untuk obat DILARANG / TIDAK BISA dipatentkan.

      Perusahaan menghadapi masalah besar, berusaha sekuat tenaga dengan biaya sangat besar untuk membuat sinthesa/kloning dari Graviola ini agar bisa dipatentkan sehingga dana yang dikeluarkan untuk Riset dan Aneka Test bisa kembali, dan bahkan meraup keuntungan besar. Tapi usaha ini tidak berhasil. Graviola tidak bisa di-kloning. Perusaha an gigit jari setelah mengeluarkan dana milyaran dollar untuk Riset dan Aneka Test.

      Ketika mimpi untuk mendapatkan keuntungan besar ber-angsur2 memudar, kegiatan riset dan test juga berhenti. Lebih parah lagi, perusahaan menutup proyek ini dan memutuskan untuk TIDAK mempublikasikan hasil riset ini.

      Beruntunglah, ada salah seorang Ilmuwan dari Team Riset t id ak tega melihat kekejaman ini terjadi.Dengan mengorbankan karirnya, dia menghubungi sebuah perusahaan yang biasa mengumpulkan bahan2 alami dari hutan Amazon untuk pembuatan obat.

      Ketika para pakar riset dari Health Sciences Institute mendengar berita keajaiban Graviola, mereka mulai melakukan riset. Hasilnya sangat mengejutkan. Graviola terbukti sebagai pohon pembunuh sel kanker yang effektive.

      The National Cancer Institute mulai melakukan riset ilmiah yang pertama pada tahun 1976. Hasilnya membuktikan bahwa daun dan batang kayu Graviola mampu menyerang dan menghancurkan sel2 jahat kanker. Sayangnya hasil ini hanya untuk keperluan intern dan t id ak dipublikasikan.

      Sejak 1976, Graviola telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang dilakukan oleh 20 Laboratorium Independence yang berbeda.

      Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam Graviola,mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker Usus Besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo!

      Penemuan yang paling mencolok dari study Catholic University ini adalah: Graviola bisa menyeleksi memillih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh/terganggu . Graviola t id ak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel2 reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh Terapi Kemo, sehingga timbul effek negative: rasa mual dan rambut rontok.

      Sebuah studi di Purdue University membuktikan bahwa daun Graviola mampu membunuh sel kanker secara effektive, terutama sel kanker: Prostat, Pankreas, dan Paru2.

      Setelah selama kurang lebih 7 tahun tidak ada berita mengenai Graviola, akhirnya berita keajaiban ini pecah juga, melalui informasi dari Lembaga2 tsb.diatas.

      Pasokan terbatas ekstrak Graviola yang di budi dayakan dan dipanen oleh orang2 pribumi Brazil , kini bisa diperoleh di Amerika.

      Kisah lengkap tentang Graviola, dimana memperolehnya, dan bagaimana cara memanfaatkannya, dapat dijumpai dalam Beyond Chemotherapy: New Cancer Killers, Safe as Mother’s milk, sebagai free special bonus terbitan Health Sciences Institute.

  5. Salam kenal,
    Kami ingin bergabung di sini untuk mendapatkan banyak-banyak informasi untuk sahabat kami tentang kanker paru-paru. Dari hasil ctscan,patologi dan bonescan(21 Jan 08) dokter mendiagnosa beliau kanker paru stadium akhir (4), Sekarang berusaha melawan penyakit ini, dengan semangat! Karena beliau tidak ada dana kalau harus rutin membeli obat yang satu kali minum Rp.815 ribu.Karena hrs dikomsumsi selama 6 bulan. Mohon bantuan dan informasinya yah,,,,
    Sedikit note: beliau bersemangat untuk sembuh, tapi beliau sama sekali tidak mengetahui vonis dokter bhw usianya tinggal 6 bulan-2th.
    Terimakasih,
    Wass, ibu baghas di +6221 926 26277

  6. Salam kenal,
    Kami ingin bergabung di sini untuk mendapatkan banyak-banyak informasi untuk sahabat kami tentang kanker paru-paru. Dari hasil ctscan,patologi dan bonescan(21 Jan 08) dokter mendiagnosa beliau kanker paru stadium akhir (4), Sekarang berusaha melawan penyakit ini, dengan semangat! Karena beliau tidak ada dana kalau harus rutin membeli obat yang satu kali minum Rp.815 ribu.Karena hrs dikomsumsi selama 6 bulan. Mohon bantuan dan informasinya yah,,,,
    Sedikit note: beliau bersemangat untuk sembuh, tapi beliau sama sekali tidak mengetahui vonis dokter bhw usianya tinggal 6 bulan-2th.
    Terimakasih,
    Wass, ibu baghas di +6221 926 26277

  7. jk mau ke jogja aq bisa beritahu tempat&orang yang bener2 bisa obatin cancer anda,jk berminat hub.085729260576.
    saya cuma ingin membantu.

  8. Buat Ibu Baghas,saya ingin sedikit mengingatkan bahwa vonis dokter bukanlah harga mati buat manusia, siapapun itu! Kematian makhluk yang hidup 100% Hak Tuhan.Urusan hidup dan mati manusia serahkan saja padaNya. Semangat dan tidak putus asa adalah modal utama penderita kanker. Dan Mukjizat bisa datang kapan saja dan untuk siapa saja. Ada yang mengatakan ini tidak rasional, tapi kita harus ingat dan mengerti bahwa untuk menjadi orang yang rasional sangat diperlukan memahami hal-hal yang irrasional. Berdo’a dan jangan berhenti berharap….Tuhan lebih mengerti apa yang terbaik untuk kita semua.

  9. Selain Support Group CISC yang ada di Jakarta, Balikpapan dan Menado, support group Kanker yang dimotori para survivor kanker di Luar Jakarta juga sudah ada di:

    1. Bandung: Bandung Cancer Society, contact person Yanti Setiawadi (08122120971)

    2. Bali: Yayasan Mitra Peduli Kanker, contact person Dewi Laksmi (081558000201)

    Yang ingin bergabung, silakan hubungi contact person masing-masing.

    Salam CISC

    • untuk daerah balikpapan yang ingin bergabung bisa menghubungi kmn?
      terima kasih..

      • CISC Bpp dengan ibu Atira 081287041888 atau ibu Retty nereng 08195568866

      • maaf kalo daerah manado bisa menghubungi kemana??

      • CISC Menado silahkan hubungi Dr Herlinda 0811432398

      • kalo semarang,ada juga ndak?

  10. Salam Kenal,
    Bapak dan kakak saya meninggal karena penyakit kanker. Puji syukur, ketika kakak saya sakit saya dapata merawatnya hingga akhir. Dari pengalaman itu saya ingin berbagi dan juga ingin mendapatkan masukan dari mereka yang survive menghadapi penyakit ini karena saat ini saya memiliki tiga orang teman dekat yang sedang berusaha melawan penyakit kanker. Saya sudah mengirim data saya melalui email dan semoga saya dapat bergabung dengan yang lain dalam kelompok ini, terimakasih.

    • Salam kenal saya punya istri yg terkena kanker payudara sdh dioperasi dan dikemo tapi sekarang obat untuk yang 5 tahunnya yaitu TAMOFEN tiba-tiba tdk ada dipasaran bagaimana ini ada yang tahu dimana saya bisa mendapatkannya.terimakasih

      • Semoga saat ini obat TAMOX sudah tersedia lagi, memang betul beberapa waktu yl sempat kehabisan stock di Indonesia. bisa diperoleh di YKI, RS DHARMAIS

  11. Dear Ina,
    Selamat bergabung di komunitas kanker CISC. Memang kanker bisa menjungkirbalikkan kehidupan penderita dan keluarga. Semoga dengan kebersamaan, kanker dapat lebih mudah diatasi.

    Salam CISC

  12. Assalamu’alaikum,
    Saya seorang dokter yang bekerja di Bagian Patologi Anatomi FK. Unissula Semarang. Saya sangat mendukung bila ada cancer club di Semarang. Dengan senang hati saya akan bergabung. Jadi bagaimana caranya saya bisa bergabung.

  13. Assalamu’alaikum,
    Saya Klara. ayah, 75 thn saya di diagnosa menderita adenoca paru. sekarang sedang minum Tarceva, kemoterapi oral, baru minum 4 hari.
    Beliau juga ingin minum kapsul herbal merk “daun teratai”. Apakah teman2 ada yang punya pengalaman dengan herbal ini? atau dengan herbal lain?
    Terimakasih ya

    • Hai klara,
      Ayah saya baru saja di diagnosa Ca paru yang sudah metastase ke liver,
      saya ingin tau bagaimana keadaan ayah klara sekarang??

      Bagaimana manfaat herbal yang diminum??

      Thanks

      • hai debora..sy mau tny gmn keadaan ayah km?dl papah sy jg mengidap ca paru metastase ke tulang..
        sy mau tny km sdh pengobatan apa sj?
        mnk bs sharing sm sy..ini no.sy 08123125003

  14. Dear dr Rini,

    Di Semarang, mudah2an tidak lama lagi support group kanker dapat berjalan. Dgn bergabungnya dr Rini pasti akan bisa lebih cepat lagi dan akan terasa manfaatnya bagi komunitas kanker di Semarang.
    contact no. CISC Semarang, 081325247137 dan 08122552220.
    Tks. Salam CISC

  15. Salam kenal…
    saya mo bergabung di CISC..saya mo berkonsultasi di club ini..ini untuk mamah saya..beliau divonis kanker pd bulan juni 2007 skarang sedang menjalani terapi radiasi untuk yg kedua kali..setelah kemo dan sinar pertama sukses..ternyata ditemukan lagi..akhirnya operasi lagi dan dimulai kemo dan radiasi lagi…sedih bgt..apa yg harus saya lakukan untuk mamah saya?..ada g obat atau sebagainya yg bisa membantu mamah saya supaya tetap semangat dan tetap bertahan dan cepat sembuh..??
    bantu saya yah..
    trimakasih..

  16. mbak klara,
    sodaraku kena kanker payudara & minum obat herbal, bukan herbal dari herbalis yg setengah paranormal lho, herbalisnya memang peneliti obat herbal di salah satu perguruan tinggi negeri di jakarta. skrg hasil labnya udah normal, malah benjolan yg diketiak pun udah ikut hilang.
    mungkin mbak klara tertarik?

    • boleh tau alamat peneliti obat herbal tsb ? tk,s

      • beliau praktek di lt2 RS Kanker Dharmais, disamping sebagai peneliti beliau juga spesialis akupuntur.

    • nama herbalisnya siapa,tolong dibalas via e,mail atau telpon 085755557003 aku pasien kanker payudara

      • maaf sudah terlambat

    • Sy evi. Mama sy juga kena ca paru. Apa bisa minta info herbal nya mbak sylvia?

      • Mbak Evy untuk herbal, silahkan hubungi dr Fenny

  17. Salam sejahtera….
    Perkenalkan dulu nama saya Untung Djunaidi tinggal di jl. Cempaka Wangi II No.36 Rt.10 Rw.9 Kelurahan Harapan Mulia Kecamatan Kemayoran Jakarta Indonesia 10640 Lt.3 No.9
    Saya mau memberikan informasi tentang penemuan saya, yaitu:
    1. Terapi pijat.
    2. Param buatan sendiri dengan formula khusus.
    Terapi dan param ini menyembuhkan penyakit sejenis kanker, tumor dan kista secara total tanpa operasi, kemoterapi maupun yang lainnya. Telah saya uji coba pada beberapa penderita stadium awal dan menengah. Pijat saya lakukan 1 minggu 1 kali dan param 3 jam sekali. Hasilnya, dalam waktu 3 minggu sel kanker dapat di lumpuhkan. Menginjak minggu ke-4 berangsur angsur hilang tanpa penyebaran ke bagian tubuh lain setelah proses penyembuhan.
    Bagi penderita yang berkenan berobat silahkan datang ke alamat diatas setiap hari Kamis jam 09.00 WIB. Untuk pengobatan ini tidak dikenakan biaya, hanya ongkos ganti bikin paramnya saja.
    Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi 085814584444.

    Salam

    Untung Djunaidi

    • kalo ongkos bikin paramnya berapa biayanya oom?
      kalo memang berniat beramal, mbok ya jangan setengah hati,
      jangan jangan….

      • Betul Mas OCE, iming-imingnya tanpa ongkos, buntutnya gelar tikar dagangan, mbok ya jangan di tempat seperti ini, masalahnya orang yg biasanya sudah minim dana utk pengobatan, seperti saya, bolak-balik direpotin orang kayak gitu. saya jadi letih tak dapat apa-apa. Lagian saya ketemu data orang itu di google (lihat dibawah, terutama emailnya), dagangannya banyak….

        Maaf sebelumnya, sedikit nasehat, saya dulu sempat putus asa tapi sekarang tidak, saya pasrah tapi tetap berusaha, dan berjuang demi istri saya, seperti kebanyakan teman-teman di situs ini, mudah-mudahan mas OCE juga…(mudah-mudahan saya salah tafsir ttg ungkapan mas oce di halaman sebelah)

        Data si pembuat obat param :

        Nama : Untung Djunaidi
        Lokasi :
        ~Semarang : jl Tanggul Mas VIII No 294 SEMARANG
        ~Jakarta : jl Cempaka Wangi II Rt10 Rw9 Harapan Mulia Kemayoran Jakpus

        Mobile Phone : 081218444496
        YM : dukun94ul
        Email : dukun94ul@gmail.com
        Weblogs : ~wyanjana.blogspot.com ~rhs-dukun94ul.blogspot.com

        Jenis Usaha Saat Ini
        1. Pengobatan Holistik&Osmosis
        2. Auralogi, Metafisika, Supranatural, Spiritual
        3. Info Properti
        4. Yang lain menyusul

  18. Dear Pengelola
    Salam kenal ^_^
    Aku pengen gabung di CISC buat bisa tahu lebih banyak tentang penyakit kanker dan cara penyembuhannya. Aku pengen bisa bantu rekan – rekan yang terkena kanker .

  19. dear sylvia, salam kenal
    saya tertarik dengan info herbal untuk pengobatan kanker. boleh saya tahu di mana saya bisa menghubungi ahli herbalis tersebut? anak saya (20 bulan) di diagnosa menderita kanker sejak usia 7 bulan dan telah menjalani kemoterapi selama 1 tahun. telah banyak perubahan dengan kemoterapi tsb namun pengobatannya belum dinyatakan tuntas karena sel kanker yang bersarang di tubuhnya belum sepenuhnya hilang, dan sekarang sudah mulai membesar lagi. saya ingin mengkombinasi dengan perawatan herbal, kira2 bisa tidak ya anak usia tsb mdpt terapi herbal?

  20. dear CISC,
    salam kenal. saya punya dua anak balita, imunisasi mereka belum lengkap karena domisili sering berpindah-pindah. boleh minta solusi?

  21. Salam kenal. Saya dari SAnggau – Pontianak, Kalbar. Saya ingin tahu bagaimana cara menjadi anggota yayasan kanker indonesia. Terima kasih

  22. Salam kenal,
    Saya seorang mahasiswa t.mesin ugm,saya sangat senang dengan adanya komunitas kanker ini krn penderita kanker memang butuh suport dari teman2 yg pernah mengalami penyakit tsb. karena saya dulu juga mengidap kanker nasofaring dan sekarang dinyatakan sembuh dari penyakit tsb. berkat dukungan keluarga dan teman2 sesama penyakit kanker di rumah sakit. semoga kesembuhan juga akan menghampiri teman2 yg sedang berjuang melawan penyakit kanker.
    saya akan senang jika bisa terlibat dlm komunitas ini khususnya jika dlm pemberian suport ;)
    (0274) 6666229

    • halo, saya Elizabeth, mertua saya saat ini mengidap cancer nasofaring stage 3. boleh tau treatment apa yang anda lakukan sampai sembuh krn mertua saya tinggal di pulau kecil yang bernama Larat kepulauan Maluku Tenggara Barat. tapi saat ini sedang ada di Solo bersaya saya yg berobat di RS Moewardi. Saya minta pengobatan dengan menggunakan tablet Xeloda ( tetapi ternyata belum di support askes unt nasofaring ) yang ternyata less effect untuk kondisi dan usia beliau yang sudah lanjut. juga krn beliau inginnya pulang ke kampung jadi saya jg agak bingung menentukan pengobatan apa yg nantinya jg bs dilanjutkan di daerah asal mertua saya….krn disana tdk ada RS memadai yg dpt menanggulangi jenis penyakit ini. thanks……(0818-06000517) Elyzabeth, Solo

      • Selesaikan dulu pengobatan kemo dll di Solo, setelah itu minta resep obat untuk persediaan disana, tapi sebaiknya rayu Mertua Anda untuk smtara tinggal di Solo. usahakan asupan makan yang cukup gizi dan mungkin tambah dengan vitamin (bisa minta pada Dokter). Mgkn beliau sangat tidak nyaman menjalani terapi nasofaring yang cukup berat. Namun yakinkan pada beliau bahwa, asal beliau semangat dan terus mengikuti dan menjalankan apa yang disarankan Dokter, juga terus berdoa Insyaallah akan sehat kembali. beberapa pasien nasofaring CISC yang telah sehat, walupun sangat berat pada saat terapi bisa ibu hubungi a.l. Ridwan 08128080314, Harling 0818121878 dll mgkn bisa anda hubungi.
        salam untuk Mertua anda semoga cepat sehat kembali.
        salam sehat CISC

  23. Dear Umar Dani,

    Thanks atas sharingnya dan kesediaan bergabung dalam komunitas kanker CISC.

    Salam CISC

    • maaf CSG di surabaya dmn ya?mama saya menderita tumor nasofaring kemungkinan tumornya sudah membesar.bisa bantu ndak?

      • untuk CISC Surabaya bisa dihubungi mbak Wahyu dwiyanti HP 08123519235 atau mbak Rika 085732045755

      • Hallo,

        Saya Fitri,boleh saya ikut bergabung yah. Saya ingin mendapatkan info sebanyak-banyka tentang kanker dan pengobatannya.

        Begini suami saya divonis kanker nasofaring stage 4. Awalnya dia takut sekali cara medis. Kemudian kami berobat alternatif namun belum ada hasil. Jadi suami saya balik lagi ke medis dengan pemeriksaan dari awal seperti CTscan, foto trax dll kecuali biopsi tdk dilakukan ulang. Rencana Minggu depan kami direkomendesaikan ke bagian hematologi dan membuat struktur wajah untuk masker. Sempat tertunda hampir 2 minggu dari surat rujukan karena saya belum ada waktu untuk antar berhubung saya kerja belum dapat cuti. Tapi waktu semakin dekat untuk kemo jadi malah saya yang lebih was-was. Mohon dibantu saran dan masukannya untuk persiapan kemo dan hal-hal apa saja yang diperhatikan. Mengingat biaya kemo dan radioterapi itu mahal kami tidak memliki dana cukup akan hal tsb, sehingga kami berencana akan mendaftarkan BPJS saja. Mohon masukannya dari teman-teman. thanks (Fitri-081389588323)

      • Mbak Fitri, kami bisa mengerti akan kegundahan mbak Fitri. kami yakin mbak Fitri akan lebih kuat lagi karena suami anda sangat memerlukan kekuatan dan semangat dari anda. seberat apapun beban anda, jangan perlihatkan pada suami, banyaklah meditasi untuk menenangkan pikiran dan terus berserah dan bersyukur pada Illahi. Sangat bagus anda daftarkan ke BPJS (bisa on line) namun jangan kecewa jika ada kekurangan2 dalam pelayanan BPJS, yang penting syukuri selalu apa yang anda dapatkan niscaya semua hal yang anda lakukan akan mendapatkan berkahNya.
        (akan saya sms cara pendaftaran BPJS)
        salam hangat CISC

  24. saya 46 tahun, sedang menjalani kemoterapi pasca mastektomi akhir november 2008 (stad 1/2, grade 3,er+ pr- her2neu -) di rs sarjito jogja. sudah terlampaui 5 dari 8 sesi kemoterapi. semua saya jalani dengan hati terbuka dan berserah pada rencana Tuhan. kondisi saya baik dan beraktivitas kerja seperti biasa, menyesuaikan dengan siklus kemoterapi. saya sangat berharap ada support group bagi yang masih berstatus pasien, penderita dan survivor kanker di jogja. apakah ada sudah rencana berdiri cisc jogja. saya bersedia berpartisipasi.

    • Mbak, boleh minta saran dan tips nya selama menjalani kemoterapi?

      Dan sekalian menu makanan seperti apa yang diterapkan sehari-hari? Apa saja keluhannya dan cara mengatasinya.

      Mama saya akan memulai kemoterapi di Jakarta awal bulan Agustus nanti, setelah dioperasi bulan April.

      Mohon infonya ya Mbak.

      Terima kasih..

      Messal – Batam
      email; messal_veronica@yahoo.com

      • Halo Messal senang kalau kel apalagi anak2 semangat mensupport yang sedang terapi.
        Messal CISC sudah menerbitkan buku ttg pengalaman-pengalaman pasien kanker anggota CISC dengan jenis kanker yang berbeda yaitu buku “Berdamai dengan Kanker” yang diterbitkan oleh Penerbit Mizan dan ditulis oleh Yuniarti Tanjung, dalam buku itu ada bonus resep-resep makanan yang biasa kami makan dalam menyikapi efek samping terapi. jika anda berminat bisa kami kirimkan kealamat anda seharga Rp.60.000′- + ongkos kirim ke batam sekitar 30.000, atau total Rp. 90.000,- bisa ditransfer ke rek Cancer Information and support center di Bank Mandiri Cab Imambonjol Jakarta A/C No.: 122-00-0581879-7, dana dari hasil buku ini kami kumpulkan dengan donasi lainnya untuk kegiatan-kegiatan CISC seperti pengadaan dan mengelola rumah singgah kanker untuk pasien krg mampu dll.
        ohya di Batam juga ada CISC Cab Batam dan disana sudah banyak anggota dan aktif pertemuan dan kunjungan, jadi silahkan Ibunda untuk bergabung disana. bisa hub CISC BATAM 0811691659/081372370856/081364123448 selamat bergabung.
        salam sehat CISC

      • Halo saya nana saya pasien kangker payudara stadum 3 dan sudah oprasi pengakatan..skrg msh kemoterapi..sungguh aktifitas yg tdk menyenangkan…badan terasa sakit..tdk ada selera makan pingenya muntah…tapi saya jalani dngn hati ikhlas dan pasarah..skrg sdng menjalani terapi akhir…minta doanya dari teman2 semoga kangker saya payudara saya bisa sembuh total amiin…..

      • Halo mbak Intan, betul sekali dengan semangat dan keikhlasan untuk terapi insyaallah pengobatan berjalan lancar dengan hasil yang menggembirakan. Amin
        salam sehat CISC

  25. Mbak Anna,

    Semoga semakin banyak survivor kanker di Jogja yang memiliki kerinduan yang sama untuk membentuk komunitas kanker. Kalau sudah semakin banyak, tentunya akan lebih mudah untuk mengadakan kegiatan support group yang bermanfaat.

    Salut dengan semangat Mbak Anna menjalani kemonya.

    Salam CISC

  26. Salam Kenal,

    Saya Yeni, seorang kakak yang mempunyai adek yang baru satu bulan ini ketahuan mengidap kanker rahim dan sudah mencapai stadium 4, ydan menurut dokter sudah hampir mengenai lever dan ginjalnya, (kami sudah periksa sampai 4 orang dokter untuk memastikan hal ini). Sejujurnya mengetahui hal ini saya dan keluarga sangat shock dan drop begitu juga adek saya. Adek saya sudah menikah, dan baru melahirkan 6 bulan yang lalu, saat ini adek saya berumur 21 tahun. Bermula dari sebulan setelah melahirkan dibulan Sept’08 kira-kira bulan Okt’08 adek saya memeriksakan kondisinya ke dokter karena ada benjolan di perutnya, dan dokter mengatakan itu miom dan tidak berbahaya, bisa diangkat dan dioperasi saat hamil anak kedua saja. Mendengar hal tersebut kami percaya saja, namun ternyata benjolan agak membesar walaupun menurut adek saya tidak ada sakit yang dirasakan. Sampai pada bulan Feb’09 setelah berolahraga, adek saya mengalami sakit yang luar biasa dipinggangnya dan sampai badannya panas. Akhirnya diputuskan untuk periksa lebih insentif dan lebih serius ke dokter kandungan dan akhirnya baru ketahuan ini adalah kanker rahim yang cukup parah. Adek saya saat ini depresi dan tidak mau dioperasi karena takut dan juga merasa tidak enak dengan biayanya. Namun alhamdulilah seminggu ini dia mau diajak berobat walau hanya dengan herbal dan jus dari rujukan rumah sakit holistik (purwakarta).

    Saya mohon bantuan dari teman-teman semua, bagaimana cara menghadapi adek saya dan memotivasinya, karena dia menjadi sangat sensitif dan pendiam.

    Terima kasih

  27. Saya punya tetangga tdk mampu dicurigai penyakit leukimia, dia harus drujuk k RShs n mereka hanya bisa pasrah aj tanpa berobat,apakah ada solusinya?

  28. Yth pengurus CISC,
    Kalau boleh saya ingin minta informasi lebih jelas tentang yayasan kanker cabang Manado,kanre sampai saat ini saya tidak mendapatkan balasan pada pesan yg kedua.
    Terimakasih atas perhatian dan bantuan anda.
    Salam

  29. Saya mempunyai obat “Tarceva 150 mg” sebanyak 20 butir tablet, dalam bentuk 2 strips.
    Kondisi obat dijamin keasliannya karena di dapat di Yayasan Kanker Indonesia, Menteng Jakarta.
    Obat ini merupakan sisa yang tak sempat dikonsumsi ayah saya yang mengidap CA paru, karena
    beliau telah di panggil Oleh Tuhan. Bagi yang berminat untuk membeli bisa menghubungi saya di
    021-70609433 dengan Ronald.

  30. salam kenal,,
    sy eva,sy sng dg adx cisc ini
    ibu sy adalah penderita kanker,,beliau sudah dioperasi sekitar 5bulan yang lalu..namun hingga saat ini beliau tidak pernah mau memberi tau sy stadium berapa kanker beliau.jujur,awal sy mengetahui bahwa ibu sy trkena kanker sy sgt trpukul sy tidak tau lagi hrs berbuat apa,,
    mulanya beliau berdiskusi dengan sy ingin melakukan operasi,namun jujur waktu itu sy bngung…sy tkt operasi itu pengangkatan (maaf)payudara
    shingga hal itu membuat saya tidak menyetujui keinginan ibu sy
    sy malh menyarankan untuk berobat alternatif.beberapa bulan beralternatif namun tak ada perkembangan sy sdh dan sedikit menyesal karena ibu sudah mengeluarkan banyak uang
    sy sedikit sng karena ibu sy msh tegar dan merasa dirinya tidak apa2
    merasa tidak ada perkembangan beliau memutuskan operasi di surabaya
    dan saya menyetujuinya itupun dengan terpaksa,,,bukan karna tidak ingin ibu sy smbuh,tp takut dg operasi itu…sy berusaha tegar
    sy harus kuat untuk membantu ibu
    sekarang saya bngung,,,bagaimana cara merawat ibu pasca operasi
    apa saja pantangan bagi orang yang pasca operasi payudara,mulai dr makanan minuman kegiatan yg dilarang
    dan yang dianjurkan
    karena jujur sy kurang tau tentang hal itu
    mohon bantuan solusinya..terimakasih

  31. Eva,

    Bagus sekali upaya Eva untuk mencari tahu lebih banyak tentang apa saja yang harus dilakukan. Penting untuk Eva lakukan adalah tetap dekat dengan ibu dan memantau kondisinya. Bagaimanapun kanker sudah ada di payudara Ibu dan dokter sudah mengoperasinya. Itu hal yang bagus karena berarti sudah dilakukan upaya untuk membuang kankernya. Yang juga perlu diketahui adalah hasil patologi anatomi dari jaringan operasi karena itu akan menentukan terapi selanjutnya yang tentu saja akan diberitahukan oleh dokternya.

    Dekat dengan ibu berarti terbuka dalam berkomunikasi, memahami kondisi fisik dan psikisnya, dan memberi dukungan semangat pada saat Ibu memerlukannya.

    Pasca operasi, Ibu bisa melakukan kegiatan seperti biasa walau tentunya harus lebih berhati-hati dalam menggunakan tangan sebelah tempat operasi. Eva bisa membaca tulisan tentang limpodema (bengkak pada lengan) di blog ini juga.

    Tentang makanan, diupayakan makanan yang bersih, segar tanpa pengawet, penyedap rasa. Juga sangat baik memakan banyak sayuran dan buah buahan segar. Jaga kondisi badan agar tetap prima dengan cukup istirahat, olahraga, dan kedamaian. Menu yang tidak boleh dilupakan adalah DOA.

    Salam CISC

  32. Its great to hear that we have cancer support group in Indonesia now, because its really important for the cancer patients, relatives, doctors specially for those who are managing the cancer patients.I think we must give support and thanks to the initiator that they are still have attention to other people that maybe suffered from they’re diseases. Go ahead and we can discuss any breast cancer problems including palliative care management through my email or everybody can contact me via sms at 006012 248 7716
    (sms/ email can in bahasa Indonesia). I would really appreciate if I can get Ms Yuniko Deviana e-mail address. Thank you !

  33. Salam kenal,tujuan sy brgbung pngen dpt pengetahuan yg bnyk mengenai kanker.Ayah mertua sy kena kanker colon,udah setahun ini beliau hdup dgn kolostomi.
    kemoterapi,radiasi dan pengobatan medis sdh selese dijalani.tp knp kdg2 beliau msh merasa sakit di ,maaf, duburnya ya?

  34. Dear Yusi,

    Terapi kanker berupa radiasi terkadang masih menyisakan efek samping yang terasa hingga beberapa waktu. Taati jadual kontrol ke dokter untuk memastikan tidak ada lagi sel kanker.

    Salam CISC

  35. Yth CISC,tks atas masukannya, kbtln ayah mertua sy rajin check up.sy mo nanya lg ni,btulkah bbrp benjolan di leher/dgn diameter 2-3 cm sllu lymfoma?
    kalau hny tes CEA ckup akuratkah,ato ada tes lainnya yg lebih memuaskan?
    trus kalau tdk biopsi/hny mnum obat bnjolan trsbt bs hilang ga ya.
    sy prnh bc mengenai fine needle biopsi,ketika sy tanyakan ke dkter (sy dr Prwokerto) beliau mlh tdk menjelaskan prtanyaan sy.jd langkah apa yg hrs diambil ni,krn setau sy,stlh biopsi ada langkah lanjutan
    yg tntunya membutuhkan kesiapan mental,fisik,dana yg luar biasa.
    sblmny makasih bnyk,maaf sy bny brtanya.

    • Dear Yusi,
      Mengenai kanker kolon yang mertua alami dan sekarang beliau hidup dengan kolostomi, menurut hemat saya adalah sangat bijaksana kalau beliau melakukan routine check up ke ahli bedah yang menangani dari awal.Tentunya akan dilakukan bbrp pemeriksaan yang dianggap perlu utk dapat membantu utk menegakkan diagnosis( tes darah,colonoscopy dan CT-scan.Perlu diingat bhw kenaikan CEA bukan mrpk satu2nya petanda bhw cancer relaps.Tentunya diperlukan komunikasi yg baik (dokter-pasien).Terkadang kita hrs menerima keadaan dimana kolostomi akan menjadi permanen seumur hidup.Dlm menghadapi situasi seperti ini kita sebagai family atau relatives sdh sewajarnya senantiasa turut memberi semangat dan support. Krn adakalanya tujuan terapi yg diberikan tidak utk menyembuhkan ttp hanya untuk memperbaiki kualitas hidup (palliative care)
      Adanya benjolan di leher tdk selalu hrs berakhir dgn limfoma krn bbrp jenis kanker lain dpt bermanifestasi spt limfoma atau merupakan anak sebar dari kanker lain.Utk hal tsb diperlukan biopsy utk memastikan histopatology dr benjolan tsbt.
      Thanks
      Alfiah Amiruddin

  36. dear all
    saya oce, sy sudah bertahan empat tahun lebih dengan leukemia,
    satu hal yang ingin saya sampaikan adalah , jangan percaya dengan pengobatan alternatif terutama orang yang mengaku ustad ataupun tabib, semuanya bohong dan akal akalan saja, juga para alternatif yang disiarkan di tv, sama saja.
    jangan sampai kita salah melangkah, sesehat apapun manusia pasti akan mati juga, tetapi mati dalam kemusrikan dan kebodohan adalah sia sia.
    ihtiar itu boleh, bahkan harus, tetapi lihat dulu, apakah dicontohkan oleh rosulullah saw atau tidak.
    sama seperti seluruh manusia, saya sedang mengantri untuk mati, dengan atau tanpa leukemia, saya tetap mati.
    semoga saya berahir dengan husnul hotimah,
    amin.

    • oce,semoga mukjizat dari Allah datang untukmu juga untuk suamiku yang lagi terbaring karena leukimia juga,penyakit datangnya dari Allah, Allah jugalah yang akan menurunkan obatnya,amin.

      • meskipun kita tidak saling bertatap muka, marilah kita saling menguatkan. oce, mari berada dalam antrean dengan tetap hidup berkualitas dalam kondisi apapun. deanna, pendamping yang setia dan ikhlas, jadilah obat mujarab bagi suami tercinta. fight guys ….

    • amin oce, semoga berakhir dengan khusnul khotimah, karena semua datang dari Allah, dan kembali Ke Allah juga, calon suami saya juga lagi fighting dengan kanker kolonnya mohon dukungannya :D

  37. dear Alfiah,tks u reply nya..
    klrga sdh brsh semaksimal mungkin,tgl 10 Bpk general check up dan hsilnya bgus.akan tetapi trnyt Tuhan pny rncna lain.tgl 12 juni jam 14.15 Beliau telah dipanggil ke rmh Bapa di Surga..
    Kami brsha mengikhlaskan kepergiannya,semoga Beliau damai di sisi NYA,amien.

    • dia tidak pernah gagal. dia selalu beri yang terbaik pada umat yang percaya pada-nya. damai tuhan bagi keluarga yang ditinggalka.

  38. Dear Yusi,

    Semoga arwah almarhum mendapat tempat terbaik disisiNya.

    Salam CISC

    • Dear Yusi,
      Kepergian seseorang yang kita kasihi memang akan meninggalkan berbagai kesan yang mendalam. Tetapi patut kita ingat bahwa segala yang kita miliki tiada yang kekal abadi.Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat tabah, menerima dengan lapang dada dan dari hati yang dalam teriring doa semoga beliau tenang disisiNya.

      Regards
      Alfiah Amiruddin

  39. pada 30 maret 2009 menjelang kemo ke-6 (ca payudara), saya berbagi ceritera di situs ini tentang pengalaman kemo yang saya jalani dengan baik. ini adalah lanjutan ceritera saya. pada 19 mei yang lalu saya sudah menyelesaikan 8 kemo yang disarankan dokter dan saya setujui. saat ini saya sedang menjalani radioterapi dan sudah berjalan 9x dari 25x yang direncanakan. selama menjalani kemoterapi, saya tetap melakukan aktivitas rumahan dan aktivitas kerja. ada saatnya saya istirahat beberapa hari setelah kemoterapi krn kondisi tidak nyaman, terutama lekosit yang drop pada 3 kemo pertama. lima kemo selanjutnya saya jalani dengan jauh lebih baik. support keluarga dan teman sangat luar biasa. dokter yang merawat saya juga ramah dan kooperatif. para perawat juga telaten. saya juga selalu berusaha menampilkan raut wajah ceria. komentar beberapa teman yang tidak pernah saya lupakan dan makin menjadi penyemangat saya adalah “mbak anna sedang kemoterapi tapi kok makin tampak gemuk dan segar?”. bahkan setiap kali saya kontrol mingguan, beberapa teman di klinik mengira saya sedang mengantar saudara berobat dan tidak menyangka bahwa sayalah yang sedang menjalani perawatan. menurut mereka saya sudah mampu mengubah citra penderita kanker yang harus menjalani kemoterapi (yang biasanya secara fisik merana dan mengundang iba). saat ini, sampai dengan 9x radioterapi tadi pagi saya merasa sangat sehat, bekerja full time seperti biasa. keluhan yang masih ada pasca kemo dan selama radioterapi adalah hot flushes, kebas di ujung jari kaki dan tangan, kelelahan dan mengantuk (fatigue). tapi hal itu saya hadapi dengan positif dan tetap semangat, sehingga saya bisa tetap bekerja seperti biasa, tidak terlena dan duduk diam yang menghambat aktivitas dan kesempatan saya untuk bergembira. saya bersyukur pada tuhan untuk semua yang telah saya alami. puji tuhan. semoga ini bisa menjadi masukan bagi teman-teman penderita dan kerabat penderita yang mempunyai kesan buruk tentang kemoterapi dan radioterapi. saya tahu bahwa efek samping sangat beragam pada setiap orang. mungkin memang ada orang yang mengalami efek samping yang buruk dan tidak tertahankan. apapun itu, hendaklah kita jalani dengan baik dan terus berdoa memohon kekuatan dari tuhan. sakit-penyakit adalah bagian dari kehidupan yang tidak selalu bisa kita elakkan, seperti halnya awan mendung dan hujan … tetapi saya percaya ada pelangi indah sehabis hujan … saya ingin menjalani terapi rutin ini dengan sukses (setelah itu saya harus mengonsumsi tamofen karena er+). obsesi saya, mengumpulkan para survisor untuk membentuk support group. jogja ca survivors dan friends, mari bergabung.

  40. Dear Annamarie,

    Kami dukung dan doakan agar yogya ca survivors & friends segera terwujud. Memulai dengan group kecil walau hanya 4-5 orang juga tidak apa-apa. One small step will lead to huge differences for many people.

    Salam CISC

    • pagi tadi saya kontrol mingguan. seperti biasa, saya mencari teman ngobrol. kali ini saya ngobrol dengan seorang bapak dengan ca rongga perut. ibu si bapak ca payudara.jadi ibu dan anak sama-sama penderita ca. si bapak berceritera bahwa ibunya sudah menjalani 4 kemo dan merasa benjolannya mengecil. dia merasa lebih baik dari kondisi sebelum kemo. dokter menyarankan segera operasi, si ibu menolak karena takut rasa sakit. saya bilang pada anaknya (si bapak), tolong dukung ibu dan coba sedikit di”paksa” supaya tidak terlambat … lalu saya ceriterakan pengalaman saya. semoga jogja ca survivors & friends segera established dan lebih banyak lagi teman ngobrol yang terbantu …

      • Pagi ini paman saya passed away di Yogya karena ca prostat. Moga-moga segera terbentuk survivor club Jogja.

        Yuniko

      • boleh saya link blog cisc ini ke facebook account saya? berharap ada cukup banyak respons untuk pembentukan sg jogja ca survivors n friends.

      • Anna, apa kabar?

        Hari ini kebetulan ada teman CISC Jakarta lagi berkunjung ke Yogya mau nengok pasien ca dsana. Siapa tahu bisa bertemu jg dgn mbak Anna biar saling sharing untuk pembentukan ca survivor club di Yogya. Kontak no Bu Suharti: 081388802009

      • mbak yuniko dan bu suharti, sengaja saya klik posting kita setahun yang lalu. saya bersyukur karena obsesi saya untuk membentuk sebuah support group, tempat berkumpul dan berbagi bersama para ca survivors di jogja dan sekitarnya telah terwujud. diawali dengan 4 orang bertemu pada 24 juli 2009, kami terus berusaha bertemu secara rutin sebulan sekali. sudah ada sekitar 25 nama yang tercatat pernah hadir dalam pertemuan rutin bulanan yang kami adakan setiap hari jumat terakhir setiap bulan. tidak terasa sudah hampir setahun support group ini eksis. setiap pertemuan pasti ada teman baru yang hadir dan bergabung. ada juga beberapa teman yang sudah berpulang menghadap sang khalik. kami bersyukur atas semua pencapaian ini karena dengan segala keterbatasan yang ada -hanya semangat yang tidak boleh terbatas- kami berharap support group ini bisa membantu banyak orang yang membutuhkan. terima kasih atas dukungan teman-teman cisc jakarta. bagi teman-teman di jogja dan sekitarnya, silakan hadir dalam meet&share bagi jogja ca survivors&friends yang diadakan setiap hari jumat terakhir setiap bulan. pertemuan diadakan di kompleks ugm bulaksumur blok d nomer 10 jogjakarta. saat ini rumah pertemuan sedang direnovasi dan selama masa renovasi rumah ini, pertemuan rutin diselenggarakan di kantor/rumah singgah yki diy sendowo, bergabung dengan paguyuban yang diprakarsai oleh yki diy. ayo datang bawa teman. salam, anna marie (jogja ca survivors&friends, contact no. 081802744543)

  41. Dear All,
    tks u doa dan supportnya. setiap pg sy antar anak sklh dan melewati makam Bpk,perasaan sy sllu berkecamuk. Beliau sndirian disana,tp sy prcy Beliau damai di Surga…
    Dear Anna ,
    sy tertarik u support group jogja ca survivors & friends.yogya sekitar 3-4 jam dr kota sy.
    memang sy hanya org biasa sj dgn kemampuan yg jg biasa sj,tp entah knp ketika tante, teman,tetangga dan terakhir Bpk meninggal krn ca,hati sy teriris.
    atas Kuasa Tuhan,sy pngen melakukan entah dlm bntuk apa bg sodara dan teman yg terkena CA.
    mngkin kpn2 kt ktmu ya Anna,bbrp hr lalu sy jg abis dr yogya.

    • apakah di RSCM ada support group untuk penderita kanker dan keluarganya? boleh saya diberi tahu?
      saya sangat membutuhkan…..

      terima kasih

  42. Salam kenal pada tim CISC, saya tahun 2003 menderita kanker thyroid. saya ingin bergabung dengan penderita kanker. dimana alamat CISC di gresik atau surabaya ? terima kasih/

    • dear Asri,
      adik saya juga menderita kanker thyroid, di diagnosa Mei 2013.
      Sekarang dlm proses pengobatan.
      kami tinggal di Surabaya.
      kalau boleh sharing, apa asri pakai herbal sebagai suplemen?

      tks.
      Mela

  43. Dear All……..

    Saya OPTIMIS dalam waktu dekat ada CISC di Yogya….amin.
    “Don’t worry be happy !!! You’re Not Alone……..”

    • Dear Ani,

      Certainly, because you’ll be there soon?

      • thanks atas encouragement-nya untuk jogja. sewaktu bu suharti ke jogja saya nggak sempat ketemu, hanya by phone karena ybs sudah melaju ke solo (ya nggak bu?). sebelumnya, tgl 24 juli saya bersama 3 orang survivors dan 1 friend sempat ketemuan untuk membicarakan rencana jogja ca survivors and friends ini (sebelumnya ada sekitar 9 orang dari kota jogja yg confirmed hadir). ada beberapa teman dari kota-kota sekitar jogja yang juga mendukung rencana ini. benih sudah ditanam, tinggal menyiraminya ….

  44. Anna,

    Yessss, pasti benih unggul yang ditanam. Sebentar lagi musim hujan. Pasti akan tumbuh subur, bertambah besar, kuat dan kokoh. Ani, CISC-er Jakarta akan tinggal di Yogya tidak lama lagi. Semoga niat tulus rekan-rekan Yogya direstui Allah.

    Salam CISC

  45. Dear Anna, silahkan baca tulisan saya di http://cancerclubcisc.wordpress.com/2009/08/18/perjalanan-cinta-bersama-kanker/
    Terima kasih

    • welcome well …

  46. halo mbak Anna, sorry waktu itu aku hub hp tapi ga respon. aku ke jogja cuma khusus kunjungi pasien atas permintaan teman, setelah itu ya biasa jalan-jalan sebentar di malioboro, makan soto di kadipiro, karena sendirian n nunggu telp mbak anna ga kunjung tiba, akhirnya aku melaju ke solo.
    tapi ada kabar baik untuk teman-teman jogja kan, bakalan ada aktifis kanker yang handal hijrah ke jogja, aku yakiiin bakalan asyik deh, kami di jakarta yang bakalan kangen sama ani, mudah2an dengan kehadiran ani di jogja CISC Jogja bakalan tumbuh dengan subur, karena bibitnya unggul dan media tanamnya juga subur. selamat berkarya – semoga keberadaan CISC di Jogja bisa menjadi wadah untuk saling berbagi informasi n saling menguatkan bagi keluarga kanker di Jogja dan sekitarnya.
    salam hangat CISC – ss

    • maaf juga karena sebenarnya saya juga nggak tiap hari buka website cisc, hari itu kebetulan buka n telat deh … kebetulan hari-hari ini rajin buka lagi. bulan lalu kami sudah ketemuan dan untuk bulan ini, rencana minggu depan kami ketemuan, sekalian buka puasa bersama. kapan mbak ani nyampe juga? mungkin minggu depan sudah bisa gabung … ditunggu deh pokoknya.

  47. Ketika kumohon pada Allah setangkai bunga segar, Dia beri aku kaktus berduri.
    Ketika kumohon pada Allah binatang mungil nan cantik, Dia beri aku ulat berbulu.
    Aku sempat sedih, protes & kecewa…., betapa tidak adilnya ini,… namun kemudian….
    Kaktus itu berbunga sangat indah…., dan
    Ulat itu pun tumbuh dan berubah menjadi kupu-kupu yang teramat cantik…
    Itulah Jalan Allah, indah pada waktunya !
    Allah tidak memberi apa yang kita minta, tapi Dia memberi apa yang kita perlukan. Kadang kita sedih, kecewa, terluka, tapi jauh diatas segalanya, Dia sedang merajut yang terbaik untuk kehidupan kita…, semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang pandai bersyukur atas karunia dari Allah. Amin.
    Selamat menunaikan Ibadah Puasa, mohon maaf lahir bathin.
    Salam hangat CISC – sri

  48. salam buat smua,,

    Gmana ya caranya gabung ma cisc smarng,, soalnya saya butuh banget artikel / informasi tentang kanker. 2 minggu lalu ibu saya d vonish dr kena kanker paru stadium IIIB.

    Terimakasih
    deni

  49. Deni, silakan datang di acara CISC Semarang yang akan dilaksanakan tgl 10 September ini di RS Telogorejo. Info tentang acara bisa di baca di blog ini.

    • cabang cisc dmn az ya?
      saya di bangkalan-madura pengen gabung jadi anggota..
      nangis aq dngr crta2 mrka penderita kanker yang sllu fight.
      walau saya tdk pnya apa2 utk mmbntu mrka,tp saya ingin membantu memberikan support utk mereka.
      mohon infox!

  50. assllm..
    mohon maaf sblm’a..
    apakah da yg menjual obat tarceva yg murah diantara kalian semua..?trim’s

    • Pak Ahmad,

      Kemaren ada yang mempunyai sisa iressa. Gak tau berapa buah. Biasanya kalau seperti itu diberikannya gratis saja Pak. Semoga ada pembaca post Bapak ini yang memiliki tarceva. Tks.

      Salam CISC

      • Pak Ahmad,, apakah Iresa bisa ngurangi rasa skit penderita pak? mkasih

  51. salam kenal, saya lili dari solo. saya baru saja selesaioperasi dan radioterapi di jakarta untuk ca mamae. apakah ada cisc solo juga?? bagaimana kalau ingin bergabung dengan cisc???

    • selamat untuk lili yang sudah melewati beberapa masa sulit. terus sirami semangat untuk semakin sehat dan hidup berkualitas. berkumpul bersama teman sangat membantu. lili bisa merintisnya di solo. sekali-sekali main ke jogja, bertemu teman seperjuangan di jogja yang juga sudah mulai ngumpul. ngobrol di blog ini juga menyenangkan. ayo berteman.

  52. Lili,
    Teman kita CISC sudah ada di Yogya, silahkan kontak Aniroh di 08129926719, jika tidak langsung di angkat mungkin bisa SMS dulu.Dia survivor CA-mamae. Dia juga menulis buku pengalamannya selama pengobatan, Lili bisa minta bukunya karena mungkin di Jawa Tengah tidak beredar. Atau silahkan baca salah satu tulisannya di http://rumahkanker.com/index.php?option=com_content&view=article&id=70:berdansa-dengan-kanker&catid=41:perjalanan-melawan-kanker&Itemid=100 atau http://cancerclubcisc.wordpress.com/2009/08/18/perjalanan-cinta-bersama-kanker/#comment-742
    Silahkan kontak dia, dengan senang hati akan membantu.

    • terimakasih atas infonya.

      • alhamdulillah sudah ada cabang di jogja :)
        saya akan sangat jika diperbolehkan bergabung di CISC. terima kasih.
        andinna

      • Tks Andina ayo gabung di CISC Jogya dan sebarkan info ttg kanker.
        salam hangat dan sampai jumpa di Jogya Oktober nanti ya
        CISC-sri

  53. Dear CAncer Survivor!,

    Izinkan saya untuk bergabung pada blog ini.Bagaimana caranya?

    Saya penderita kanker payudara stadium 2. Pada tgl 13/Nov’09 saya telah menjalankan mastektomi pada payudara kanan saya. Saya akan menjalani pengobatan selanjutnya yaitu Kemoterapi minggu depan. Untuk persiapan stamina, saya makan sebaik mungkin untuk asupan gizi dan nutrisi. Juga selama 2 minggu ini saya ikut kelas meditasi.
    Selain itu saya mau menanyakan ttg kemoterapi yang harganya bermacam dari yang murah sampai yg mahal. Karena kondisi keuangan dan juga sudah tidak di cover oleh perusahaan, jadi saya memilih yg murah yaitu 3.5juta.
    Apakah efek samping kemoterapi yg murah itu lebih hebat dibanding yg mahal.
    Mohon advice nya?

    Matur nuwun,
    Ninik, Jakarta

    • Dear Ninik,

      Bagus sekali persiapan sebelum maju kemo minggu depan. Tidak perlu kuatir dengan efek samping kemo walau lebih murah. Yang penting kan efektifitasnya. Sudah banyak sekali orang yang menjalaninya dengan sukses. 7 tahun yl saya kemo dengan regimen AC yg sudah dipakai sejak puluhan tahun yl. Gak apa2 Nik. Go go fight fight. Jaga stamina dan berpikir positif dibarengi dengan pengharapan, keiklasan dalam doa.

      Salam CISC, Yuniko

      • Terima kasih, Mbak Yuniko…untuk support nya.
        Saya sangat senang sekali. kalau ada acara ttg CA, saya mohon
        diberitahu. Insya Allah, kalau ada waktu waktu dan kesempatan
        saya ingin hadir.

        Selain itu saya bisa kan menghubungi secara pribadi ke mbak
        Yuniko?. Kebetulan diatas ada terlampir e-mail mbak Yuniko.

        Salam,
        Ninik

  54. @Ninik: Boleh hubungi aku di email itu. Sampai bertemu yha.

    Salam CISC
    YD

  55. saya mengucapkan selamat tahun baru 2010 untuk teman-teman cisc dan pengunjung blog cisc di manapun berada. mari kita masuki dan jalani tahun baru dengan semangat dan kekuatan yang selalu baru setiap hari. dengan doa dan ikhtiar yang tidak pernah pupus dan putus karena kita sangat menghargai dan mencintai karunia kehidupan yang dilimpahkan oleh sang pencipta.

  56. Jual IRESSA secepatnya ….sisa 27 butir..lokasi ada di jakarta .
    Bisa hub.surya di 081808697777 dan 081384202066
    . Salam

  57. Dear CISC,

    Natal-Tahun Baru ini saya mendapat berita mengejutkan bahwa mami (usia 70) tiba2 tidak bisa berjalan, BAK maupun BAB. ternyata menurut hasil PET/CT scan beliau menderita kanker yang sudah menyebar ke tulang belakang shg menekan syaraf – asalnya diperkirakan dari payudara yg sudah mengeras. mami ingin bisa berjalan tapi tidak bersedia diobati kankernya. saya blm setuju biopsi krn efek PET/CT saja berhari-hari melemahkan kondisinya.
    mami juga ingin pulang. jadi saya ingin tanya apa saja yg perlu disiapkan di rumah selain perawat, kursi roda dan tempat tidur.

    • Dear Heliana,

      Tahun Baru ternyata juga meminta kita untuk memiliki semangat juang yang semakin tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Perjuangan untuk membuat mami tetap bisa menikmati hari-harinya dengan nyaman.

      Pilihan terapi yang akan diambil cukup banyak, konsulkan selalu dengan dokter onkologi yang menangani. Sampaikan harapan/keinginan serta hambatan-hambatan yang ada sehingga akhirnya mami dan keluarga dapat mengambil keputusan terapi terbaik untuk mami. Terapi yang tidak terlalu menyakitkan dengan harapan mami dapat berjalan dan hidup dengan kualitas baik.

      Dukungan keluarga sangat diperlukan dalam saat saat seperti ini. Untuk perawatan di rumah, peralatan yang diperlukan tergantung pada kondisi mami. Semuanya dengan detil dapat ditanyakan pada dokter onkologi yang menangani. Biasanya, tabung oksigen n perlengkapannya perlu ada. Kalau diperlukan, minta bantuan hospice home care oleh tim medis yang akan mengunjungi dan memberikan saran/asistensi untuk keluarga tentang berbagai hal yang perlu dilakukan seandainya ada keluhan. Keluhan yang mungkin ada misalnya sulit BAB, BAK, nyeri tak tertahankan, pendarahan, sesak nafas, dll

      Heliana, kalau memerlukan info lain silakan hubungi kami.

      Salam CISC, Yuniko

      • Dear Yuniko,

        masalahnya dokter onkologi yang menangani kurang komunikatif dan komprehensif dalam menerangkan sehingga seakan2 hanya ada 1 option saja

        apakah saya bisa call ke no CISC yang ada di website ini??

        thx

      • Heliana,

        Silakan hubungi kami di 0816822868.

        Salam CISC

  58. alow CISC…..
    izinkan saya bergabung..
    saya siap konsultasi dgn pasien penderita kanker..
    jangan segan2 email saya
    Chandra_tan85@hotmail.com
    ingat, kanker bukan penyakit yg harus penderita itu tanggung sendiri..
    marilah kita bahu membahu untuk membantu mereka dalam perjuangan melawan kanker mereka..
    bantuan tidak harus berupa uang, tetapi dapat berupa support, yg saya kira adalah suatu dukungan hidup yg luar biasa….
    keep spirit……!!!!!!!!!!!

  59. Assalamualaikum,wr,wb,….
    izinkan saya bergabung ya..akhir bulan Mei 2009 di vonis kanker payudara stadium 2b triple negatif dan sudah menjalani operasi dan kemoterapi 8x dan baru berakhir awal desember dan sekarang kena hepatitis akut akibat obat. dr Sutan Chandra boleh konsul.berapa lama efek kemoterapi terakhir kondisi badan menjadi normal.sekarang dalam kondisi hasil lab. jelek semua, DM tinggi,Kolesterol tinggi, trigerserit tinggi,asam urat tinggi, dan sgot 1.420 dan sgpt 1108.
    Thx

    • Dinar,

      Syukurlah kemoterapi sudah selesai. Biasanya usai kemoterapi, perlahan-lahan tubuh kembali normal seperti sebelum terapi. Bantu dengan diet berimbang dan jaga stamina tubuh serta konsulkan dengan dokter yang menangani. Dokter akan memberikan obat obatan yang diperlukan agar segera pulih.

      Salam CISC

  60. Dear rekan-rekan semua.
    Adik bungsu saya umur 29 tahun & belum menikah baru selesai menjalani masektomi payudara sebelah kiri pada Senin 11 Jan 2010 yang lalu. Informasi dari dokter stadiumnya 2B-3A dan positif di kalenjar getah bening. Dijadwalkan untuk melakukan kemoterapi & radiasi.
    Jujur kami sekeluarga cukup terguncang dengan hal ini mengingat adik saya masih muda & belum menikah.
    Saat ini adik saya masih dalam kondisi menenangkan diri.Saya berharap ada teman2 di group ini yang mengalami sakit yg sama dengan adik saya bisa menjadi teman sharingnya.
    Moon hub saya di psaraswara@yahoo.com atao 08161422330 ato 91398137
    Kapan skedul pertemuan berikutnya di bulan Jan 2010 ini mengingat kami sekeluarga awam dengan penyakit ini & ingin mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.
    Terima Kasih banyak teman-teman.

  61. saya penderita kanker payudara 3B dalam usis 36 thn.saya ingin sekali mengikuti suport agar saya memiliki kekuatan dalam masa pengobatan ini karena saya baru tau setelah operasi tgl 15 januari 2010 karena awalnya hanya peradangan pada payudara kanan saya dan tumor jinak pada payudara kiri saya padahal sebelumnya saya sudah melakukan pemeriksaan dari usg,mamografi sampai biopsi suntik.dan ternyata ada kanker tersembunyi dibawah peradangan.hari senin tgl 25 januari 2010 saya mulai melakukan kemo dan radiasi selama 5 mg dengan kemo setiap 1 minggu sekali dan radiasi selama 5 hari.tolong infonya dimana tempat untuk ikut sharing atau ikut jd survival kanker.thanks ya

    • Mba Laila…
      Salam kenal…kebetulan adek saya juga baru diangkat payudara sebelah kirinya dan kemungkinan juga akan melakukan kemoterapi tp masih menunggu info dari Dr yg merawat. Kalo mba Laila mo sharing mungkin bisa berikan ke aku no telpin atao emailnya biar bisa komunikasi langsung dengan adikku.
      Emailku di psaraswara@yahoo.com ato telon di .08161422330 ato 91398137
      Makasih-Peni

      • laila dan adiknya peni, tetap semangat. perhatikan petunjuk dokter, rajin membaca dan mendengar pengalaman teman, mohon kekuatan dari tuhan yang maha pemurah, buat keputusan yang bijak … semoga segera pulih dan hidup penuh kualitas.

  62. Dear All…minta info alamat and no telp CISC yg di Semarang donk…tq GBU all

  63. untuk Anna Luyanto,

    Maaf, blog kami tidak untuk digunakan menjual produk. Kalau mau memasang iklan silakan hubungi kami agar bisa muncul di bagian advertorial. Tks.

    Salam CISC

  64. Saya adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang sedang mencari seorang orang tua dari anak penderita kanker yang bersedia menjadi subyek skripsi saya.

    Bagi orang tua yang memiliki anak yang sedang menderita kanker, berdomisili di surabaya dan bersedia berbagi silahkan kirimkan email ke alamat debby_cahyani@ymail.com.

    terima kasih atas perhatiannya.

  65. mba Annamarie terima kasih atas supportnya. Semoga semangat mba Anna bisa ditiru adik saya.
    to mba Yuniko pertemuan Sabtu besok tgl 13 Feb 2010 di menteng 51 tetep jadi khan? Saya ingin hadir & mengajak adik saya.
    Saya daftar ya.
    Terima kasih

    • Dear Peni,

      Iya, datang yha ke Jl. Imam Bonjol 51 Menteng. Jam 10 – selesai. see you there.

      • dear cisc aduh nyesel banget ga bisa dateng kesana pas sabtu kemaren soalnya anakku dua2nya sakit dan ga berani ningalin.padahal udah nyiapin baju pink loch he he he acara pertemuannya berikutnya kapan?sms in dong mbak yumiko atau mbak sri ke 08129699854.trus untuk mbak peni kemarin jadi dateng ga?sorry mbak aku ga bisa dateng padahal kita udah janjian mau ketemuaan ya disana!

      • pertemuan SG CISC berikutnya Sabtu tgl 13 Maret 2010 jam 10-12 tema tentang kanker saluran cerna bag bawah. dan rencana ada 2 Dr pembicara lho (Pakar kanker saluran cerna & stemcel) jadi akan lebih asyik. mdh2an bisa gabung ya. salam hangat dari cisc – sri

  66. Daftar mba Sri…Mba laila dateng juga ya…

  67. Dear All,

    Perkenalkan sebelumnya saya dain. Saya dapat informasi CISC dari majalah nirmala. saya ingin menyampaikan kesedihaan saya terhadap ibu saya yang baru divonis dokter mengidap penyakit kanker rahim stadium 2A. saya nggak tau harus berbuat apa karena ibu saya stroke sudah 11 tahun dan usianya sekarang 59 tahun. saya ingin ibu saya bergabung di CISC untuk dapat dukungan dan belajar banyak dari orang – orang yang survive melawan kanker. mohon informasi lebih lanjut. no hp saya 08561123649.

    terima kasih sebelumnya
    salam
    dain

  68. Saya berminat bergabung dengan CISC. Mohon dapat meng-include saya bila ada dalam kegiatan. Terima kasih.

  69. haiiii aku lasma
    saya tertarik untuk ikut group ini..
    ada kah penderita kanker pada usia muda namun tetap optimis..aku mau kenlan langsung
    tertarik aja klo tau ada orang sekuat merekaa
    tq

  70. Salam sejahtera, Saudara/i. Nama saya Michelle, ibu saya adalah mantan survivor breast cancer. Kami sekeluarga concern dan bersemangat utk membantu memberikan informasi yang kami harap bisa berguna. Semoga informasi yang akan saya sampaikan ini bisa membantu khususnya Saudara/i yang sedang berjuang menghadapi cancer.
    Tuhan memberkati.

    • Dear Maria,

      Sebagai penderita kanker dan keluarga, tentu saya kita akan berupaya berjuang untuk kesembuhan. Banyak sekali obat2an dan terapi yang dijanjikan akan memberikan penyembuhan. Kami mencoba bersikap netral karena percaya bahwa tidak ada yang bisa secara absolut menyembuhkan segala penyakit tanpa campur tanganNya.

      Terapi herbal “A” mungkin cocok untuk pasien tertentu, namun tidak memberikan efek apapun atau bahkan memberikan efek samping negatif ke pasien lain. Hal-hal seperti itu banyak kami ketahui dari pengalaman teman-teman di komunitas CISC ini. Kami sangat percaya bahwa banyak terapi lain bersifat komplementer yang dapat mendukung penyembuhan misalnya relaksasi, meditasi, yoga, doa, herbal yang bertujuan meningkatkan stamina, terapi tertawa, massage untuk relaksasi dsb.

      Kami juga meyakini bahwa setiap pasien/penderita memiliki hak untuk memilih terapi yang diinginkannya.

      Kalau di Jakarta, silakan sesekali hadir di pertemuan support group kanker CISC supaya kita bisa saling berkenalan dan sharing pengalaman di sana juga.

      Thanks for sharing Maria.

      Salam CISC, YD

  71. Selamat pagi,

    Saya adalah salah satu dari sekian orang ‘cancer survivors’ Lymphoma Hodgkin Stadium 4E. Sampai saat ini, saya masih terus bersyukur kepada Allah SWT, dengan kesempatan yang masih diberikanNya untuk menikmati keberkahan hidup.

    Melalui komunitas ini, saya berharap dapat berbagi pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat untuk para sahabat. Bagaimana caranya agar saya dapat bergabung dengan komunitas ini?

    Salam persahabatan…

    • Dear Henny,

      Silakan bagikan pengalaman Henny di blog ini. Pasti akan bermanfaat bagi rekan-rekan survivor lain.

      Kemampuan Henny untuk mensyukuri segala sesuatu dan mencoba menemukan keindahan sekecil apapun adalah rahmat Allah tak terhingga. Salut… kami belajar sesuatu dari Henny.

      Salam CISC

  72. Selamat pagi,

    Saya adalah salah satu dari sekian orang ‘cancer survivors’ Lymphoma Hodgkin Stadium 4E. Sampai saat ini, saya masih terus bersyukur kepada Allah SWT, dengan kesempatan yang masih diberikanNya untuk menikmati keberkahan hidup.

    Melalui komunitas ini, saya berharap dapat berbagi pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat untuk para sahabat. Bagaimana caranya agar saya dapat bergabung dengan komunitas ini?

    Salam persahabatan…

  73. salam kenal…

    saya menemukan blog ini pada saat saya searching di google. saya mau berbagi pengalaman, sharing kepada penderita kanker di indonesia. sebenarnya bukan saya yang kena kanker tapi ibu saya. ibu saya sudah divonis dokter kanker ovarium duplex stadium 3c, dan sudah dioperasi. sudah menyebar kedaerah dinding perut. yang diangkat adalah ovarium kiri kanan, rahim, momentum/bantalan usus, kantong kencing (tapi luarnya). awal di cek CA 125 = 2539!! sedangkan normal 0-35. tapi yang luar biasanya HB ibu saya 13.5. setelah dioperasi 9.3 dan sekarang 11.6. dan puji tuhannya semua organ bersih dari sel kanker artinya tidak kena. yang kena hanya luarnya saja. tapi kami tetap berjaga-jaga.
    awalnya ibu saya tidak pernah merasakan sakit apapun bahkan pendarahan pun tidak. hanya memang perutnya semakin besar. kami kira yah karena ibu saya gemuk. iseng ibu saya periksa ke dokter yang di bandung ternyata kena kista. dan ibu pakai obat herbal, ternyata baru sebulan semakin besar tapi tetap biasa saja kondisinya. kemudian periksa kembali ke dokter ahli tetap kista. iseng” ibu saya ngirim hasil lab ke adiknya yang kerja dirumah sakit. tapi bukan di bandung tapi di medan. singkat cerita di medan lah kami menemukan hasil yang sebenarnya dan dokter yang sangat luar biasa baik dan teliti. akhirnya ibu saya dioperasi pengangkatan selam 6 jam. tapi saya tetap yakin ibu saya selamat dan berhasil berjuang. ada yang sangt saya khawatirkan bahwa kena ke usus. tapi saya terus berdoa dan berdoa.. luar biasa tidak kena ke usus. dan ibu saya kembali pulih dan berkumpul bersama dengan keluarga di bandung.

    melalui blog ini saya ingin bergabung dan berbagi dan mencari pengalaman tentang kanker dan solusi.

    saya juga butuh menu2 makanan, minuman dan obat alami untuk pembunuh sel” kanker. terakhir hasil CA125 = 1250.

    kalo di bandung saya menghubungi kemana buat ikut komunitas ini?

    thx ^_^

    -rina-

  74. adik saya menderita ca lidah dan saat ini sedang menjalani kemo ke-3 dari 6x yang direncanakan di rscm.
    apakah ada support group bagi penderita dan keluarga di RSCM, saya perlu sekali untuk membangkitkan semangat adik dan ibu saya yg selalu menangis melihat kondisi adik.

    bisa tolong diberitahu bila ada jadwal pertemuan ya
    thx

    • yudianty,

      Biasanya hari Rabo 2 minggu sekali kami mengunjungi unit radioterapi untuk mengadakan support group meeting dengan pasien2 kanker yang sedang berobat disana.

      Jika memerlukan pendampingan, silakan hubungi kami di 081380802015.

  75. Dear all;
    Sy cm ikut prihatin dan ikut mrasakan kepedihan anda semua yang menderita cancer ataupun bagi keluarga. Saya sendiri udah kehilangan almarhumah ibu saya februari dngan kanker parunya. Sampai saat ini pun sy masih blum bisa menerima keadaan yang terjadi. Tapi mau aplagi kalo itu smua udah kehendak Tuhan Yang Maha Segalanya.
    Jadi sy berharap kpd teman2 smua untuk slalu sabar nmencoba ikhlas dengan ap yang diderita baik sendiri maupun keluarga. Karna emang itu kuncina buat melangkah yang lebiah baek.. Dan selalu supportlah penderitadengan crita2 yg lucu, menyenangkan yg membuat pnderita tersenyum. Krena senyumnya adalah obat bagi kita smua.
    Cayooooooooooooooooo””””””!!!!!
    JANGAN MENYERAH DENGAN CANCER,, TUHAN TIDAK AKAN MEMBERIKAN UJIAN YANG TIDAK MAMPU DIHADAPI HAMBANYA..!!!

  76. Dear all,

    saya pernah di vonis kanker ovarium stadium 1b, dan pernah menjalani operasi kista, pengangkatan rahim, indung, omentum, usus buntu, total 4 kali operasi. alhamdulillah saya tidak menjalani kemoterapi, tetapi sampai sekarang masih dalam pantauan dokter onk dan masih rutin kontrol setiap 6 bulan sekali.

    saya ingin sekali sharing dengan sesama penderita kanker yang domisli di Purwokerto dan sekitarnya.

    Adakah info mengenai CISC di Purwokerto ?

  77. Cancer bukan penyakit kutukan CA bisa disembuhkan Silent is golden tidak berlaku untuk perderita CA malu bertanya sesat dijalan nasehat saya bergabunglah dgn CISC di Jakarta atau CISC di kota anda …..semua unek2 bisa dibahas gratis anda akan dilayani dgn ramah tanpa membedakan status sosial,ras,agama dll semua sama haknya Benny CISC 2003

  78. Salam kenal,
    Saya mohon ijin bergabung di club ini. saya tinggal di Bandung. kalau boleh saya minta alamat club ini yang di Bandung.terimakasih

    • di Bandung silahkan contact koordinator CISC Bandung Bpk Hendrata HP No. 0816661738 atau anda jg bisa bergabung dengan Bandung Cancer Society (BCS) dengan Sdri Yanti HP No. 08122120971.
      salam hangat CISC

  79. Und. SG CISC – RS MITRA KELUARGA KELAPA GADING :

    - Jumat tgl 30 Juli 2010, di lantai 5 RS Mitra Kel. Kelapa Gading :

    * jam 14.30 – 16.00 latihan line dance bersama survivor
    dilatih oleh ms Jenny.
    * jam 16.00 – 18.30 SG tema Gizi, nara sumber ahli gizi RSMK

    mohon hadir tepat waktu.
    salam hangat CISC

    Note : untuk SG di Jl Imambonjol 51 selama bulan puasa DITIADAKAN dan ketemu lagi setelah Hari Raya Iedul Fitri acara halal bihalal, sedang jadwal acara SG di Mitra Keluarga Kelapa Gading tetap seperti biasa setiap Jumat minggu terakhir jam 16.00 – 18.30. terima kasih.

  80. Salam kenal semua, saya ingin bertanya, apakah ada yg bisa beri masukan dari pengalaman bahwa apakah Biological Therapy dan Stem Cell dari darah sendiri bisa di combine pada waktu bersamaan untuk pengobatan kidney cancer?
    thanks

    • untuk terapy Stem Cell bisa menghubungi Prof Dr Ferry Sandra dia akhli Stem Cell Indonesia coba tanya diLipi atau di RSCM mudah2 an bisa jumpa Benny CISC

  81. Salam…
    Ijinkan utk gabung…
    Sy penderita leukemia, CML. Dalam waktu dekat akan mendaftar pd program NOA utk mendptkan obat ‘Glivec’.
    Krn ada kaitannya dengan YKI, bisakah sy mendapatkan informasi, siapakah contact person yg dpt sy hubungi di YKI Jakarta?
    Terima kasih.
    -yenti-

  82. Salam kenal.
    Mohon ijin untuk bergabung di club ini.
    Saya tinggal di Jakarta.

  83. mohon ijinkan saya untuk bergabung di club ini.
    saya dari bandung. untuk wilayah bandung alamatnya dimana?
    Terima Kasih

    • Dear Rani,

      Untuk Bandung, bisa hubungi Ibu Yanti, ketua Bandung Cancer Society di 08122120971.

  84. saya sekarang benar2 tidak tau harus berbuat apa, tau gmn bahkan bingung,, ayah saya memiliki penyakit kanker katanya dokter stadium 4,, setiap usaha yang kami lakukan mental karna ayah susah makan, tidak ada gairah hidup, dan sangat down karna penyakitnya belum bisa di lakukan upaya chemo terapi dan radiasi karna albumen dan hemoglobinnya turun trus,,, mohon saran atau info terjait dengan upaya atau solusi terbaik yang bisa kami lakukan?????

  85. Salam,

    Saya baru saja 5 bulan menjalani operasi pengangkatan kelenjar gondok kiri dan kanan. Pembengkakan yang terjadi di kelenjar gondok saya dinyatakan ganas. Setelah operasi saya di rujuk ke RS yang memang khusus untuk kanker, tapi hasil konsultasi yang dapatkan adalah operasi yang baru saja saya jalani ternyta salah prosedur. saya sangat kecewa, saya berhenti berobat. setelah saya membaca artikel tentang seorang anak kecil yang menderita kanker tulang dan baru saja di amputasi tangan kirinya, tapi dia tetap semangat ingin sembuh, saya merasa sangat merugi dengan terpuruk dalam kekecewaan. tapi sampai sekarang saya belum mendapatkan penjelasan yang tepat mengenai penyakit saya, stadium berapa saja saya tidak tahu.
    Ada yang bisa bantu saya untuk referensi kemana saya harus konsultasi?

    • Salam kenal buat Mba Novi,
      Saya begitu bangga akan kebesaran hati dan semangat untuk bangkit dan berjuang untuk meraih kesembuhan.Tdk ada kata terlambat untuk meraih yang terbaik. Wajar jika kekecewaan datang menghampirianda ttp pasrah dan memutuskan berhenti berobat adalah hal yang keliru.
      Terkadang adanya rasa yang mengganjal di dada dpt lebih ploong jika didiskusikan dgn cara berbagi dgn teman dekat atau sahabat. CISC adalah wadah yang tepat utk itu sehingga jangan sungkan utk meminta bantuan jk anda membutuhkannya. Untuk hal yang lebih detail jk anda berminat, anda bisa mengontak saya di 081382954707. Dgn berbagi maka beban dipundak akan terasa lebih ringan dan akan menjadikan hidup ini penuh gairah dan bermakna.
      Salam
      Dr Alfiah Amiruddin

  86. Salam kenal,
    Paman saya berusia 65 tahun, perokok, tidak menikah dan pekerja keras.Riwayat kesehatannya adalah gula yang cenderung naik (tapi sekarang sudah relatif normal) dan kolesterol tinggi. Tahun lalu paman saya pasang cincin di jantungnya.
    Kurang lebih 8 bulan yang lalu dari hasil pemeriksaan medical check up nya didapati leukositnya diatas rata2. Indikasinya LLK – Leukimia L…. Kronik (?) dan untuk memastikan jenisnya diminta untuk dilakukan pemeriksaan sumsum tulang belakang (BMP). Tapi beliau menunda2 terus dengan berbagai pertimbangan dan hanya minum aneka herbal.
    Akhirnya sebulan terakhir ini beliau mengalami sesak, perut kembung dan susah untuk makan.

    Setelah ganti dokter lagi, akhirnya terlihat ada cairan di paru2nya dan disedot kurang lebih 1 liter. Namun beberapa hari kemudian ada lagi. Oya, akhirnya di RS ini paman saya setuju untuk melakukan BMP. Beberapa hasilnya sudah diperoleh, antara lain cairan dari paru tidak mengandung ca.
    Hari ini dilakukan pemasangan kantung untuk pembuangan cairan parunya,namun keliatannya ada sedikit kesalahan sehingga terjadi pendarahan yang cukup banyak.
    Rencana selanjutnya adalah kemoterapi.
    Saya mohon bantuan pengelola maupun anggota klub ini:
    1. Adakah survivor dengan jenis penyakit seperti paman saya, karena saya ingin mendapat masukan2 yang berguna untuk paman saya.
    2. Dimana saya bisa mendapatkan artikel mengenai pola makan yang baik untuk penderita LLK secara khusus atau kanker secara umum ?Kondisi fisik paman saya rasanya kurang bagus karena sudah sebulan terakhir ini makannya tidak bagus secara nutrisi, disamping selera makannya juga hilang dan sangat pilih2. Sampai akhirnya beliau minta dibelikan nasi padang supaya semangat makannya timbul.

    terimakasih atas perhatian dan bantuan pengelola serta anggota klub ini.

    salam,
    kartika
    PS. Mohon info juga rencana pertemuan SG CISC selanjutnya.

  87. Trmksh. Saya ingin bergabung dalam club ini. Sayangnya, yg sy perlukan lbh awal adalah, informasi keberadaan obat ekstrak daun sirsak yg konon ampuh memerangi sel2 kanker. Apakah dapat diberikan alamat/contact dr penjualnya/pabriknya/pengedarnya. Ini bersifat urgent krn, ada rekan yg istrinya menderita CA stad.4, dan pd posisi pasrah. Kami sangat ingin membantu. Trmkasih atas jawaban segeranya. Salam RT

    • pak Richard, kebetulan saya punya kapsul ekstrak daun sirsak, jika berminat bisa hubungi saya (Ferina ) di 021-71046488/0812-8614762

  88. Pak Richard Tobing yth,

    Coba dilihat majalah Trubus edisi Mei 2011. Banyak pembahasan mengenai daun sirsak. Mudah2an bisa membantu.

    salam
    bbn

  89. ikut Gabung dong…

  90. Ibu saya divonis dokter menderita kanker payudara stadium 4 (sesuai hasil PA) dan metastasis di hepar /adrenal (hasil USG perut dan CT abdomen).
    Kanker primernya yg di payudara, dan sudah dioperasi 23 september lalu (diambil kankernya saja dan di PA, hasil PA itu kanker typenya medullar istilahnya), sesuai yg disampaikan dokter ke kami, Ibu saya diivonis stadium 4 dgn prognosa buruk. Begitu kata dokter

    Kondisi ibu saya paca operasi lemah sampai 3 minggu selanjutnya. sempat cek out dari RS dan 6 hari kemudian opname lagi, krn spt hilang kesadaran (merem terus dari pagi sampe dinihari besoknya) dan mencret2. Saat Ini ibu ditangani dokter onkologi lagi, kondisi sudah sadar,bisa ngobrol, tapi makan masih lewat sonde, dan pake kateter. Sedikit2 sudah mulai mau makan dengan mulut lagi setelah kami semangati terus menerus ke Ibu, supaya beliau lebih sabar, nrimo, banyak berdoa, dan lebih berkemauan untuk meningkatkan kondisi fisik. Karena psikis ibu saya terus terang up and down, kadang semangat mau sembuh, kadang serba gak mau, menunjukkan kelesuan/gak bergairah untuk sembuh.

    Menurut dokter, kategori pengobatan Ibu saya adalah pengobatan paliatif, disemangati, dan obat2an yg diberikan untuk mengurangi penderitaan lebih jauh, salah satunya obat Tamofen (terapi hormonal). Dokter onkologi sudah menyatakan dengan kondisi lemah Ibu saya ini, tidak bisa operasi/biopsi/kemoterapi, karena bisa semakin membahayakan kondisi Ibu saya. Jadi kesannya simalakama ya. Jadi obat2an yg saat ini diberikan ringan2 aja sifastnya, belum untuk mengobati langsung kanker diperutnya.

    Yang saya perlukan sharingnya dari rekn2 disini, apakah boleh Ibu saya juga diberikan air rebusan daun sirsak yang katanya efeknya ribuan kali kemoterapi? Sebenarnya Kami pernah juga awal september memberikan air rebusan daun sirsak ke ibu (waktu sebelum operasi), efeknya: 2 jam setelah minum, seluruh tubuh ibu saya berkeringat deras, dan beliau merasa lebih seger katanya. tapi pas pipis dan BAB, berwarna hitam pekat? artinya apa ya pipis dan BAB berwarna hitam pekat spt itu? Waktu itu kami teruskan aja pemberian air rebusan daun sirsak sampai sehari sebelum operasi. Setelah operasi, karena kondisi ibu saya sangat lemah, kami belum berani kasih lagi sampai sekarang air rebusan daun sirsak tsb. saat ini, selain obat dokter, kami kasih Ibu saya dgn propolis cair 22tetes (dicampur sedikit madu) 5X sehari. Apakah bisa dikatakan tepat kombinasi pengobatan Ibu saya? karena saya menginginkan Ibu saya dikasih obat lain selain obat dokter yg sifatnya paliatif itu.
    Apakah boleh Ibu saya diberikan juga rebusan air daun sirsak lagi? sehingga menjadi 3 jenis obat yg diberika ke ibu saya: obat dokter, propolis+madu, dan rebusan air daun sirsak yang pemberiannya diatur interval waktunya.
    Mohon sharing dan sarannya sebagai bahan pertimbangan kami lebih lanjut.
    Terima kasih rekan2…

  91. Kepada Yth.
    Aryanthie Baramuli, SH, MH
    di tempat

    Pertama-tama izinkan kami memperkenalkan perusahaan kami, IndoPacific Edelman, konsultan komunikasi yang telah beroperasi selama lebih dari 18 tahun di Indonesia dan merupakan bagian dari Edelman, konsultan komunikasi terbesar di dunia yang berpusat di New York dan Chicago, Amerika Serikat.

    Saat ini kami tengah mengadakan penelitian mengenai asuransi kesehatan sosial dalam penanganan penyakit kritis, seperti kanker. Angka penderita kanker di Indonesia semakin meningkat, namun sebagian besar penduduk belum memiliki asuransi kesehatan sehingga banyak kasus kanker tidak diobati karena keluarga tidak mampu membayar. Pemerintah kini berusaha mempersiapkan asuransi kesehatan untuk semua penyakit, termasuk kanker karena setiap orang memiliki hak untuk pengobatan. Pengobatan kanker ini diharapkan memberi tambahan kualitas hidup pasien dan biayanya tidak mahal bila ditanggung bersama melalui sistem asuransi dan kesehatan nasional. Dalam penelitian ini, kami tertarik mengetahui pandangan mengenai beberapa isu, antara lain mekanisme dan prosedur pembiayaan kesehatan untuk penyakit kritis seperti kanker, regulasi Pemerintah, kendala yang dihadapi, masukan terhadap mekanisme pembiayaan yang sudah ada, dukungan yang diberikan asosiasi atau kelompok masyarakat terkait kemitraan antara badan pembiayaan, klinisi, para ahli dan juga industri farmasi.

    Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai referensi bagi jaringan Edelman di seluruh dunia, terutama perusahaan-perusahaan farmasi asing yang berminat berinvestasi dan mengadakan program pembiayaan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu di Indonesia. Semua masukan akan kami jaga kerahasiaannya dan nama tidak akan disebutkan dalam laporan penelitian.

    Kami mengharapkan kesediaan waktu Bapak/Ibu sebagai narasumber untuk kami wawancarai. Wawancara ini dapat dilakukan melalui telepon atau secara tatap muka, dan akan memakan waktu sekitar 30 sampai 45 menit. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai permohonan wawancara ini, silakan menghubungi saya sendiri, Vida A. Parady di nomor +62 21 7215 9000 ext. 052 / +62812 999 5475 atau Annisa Nuraida di 0812 804 6100.

    Kami tunggu kabar dari Bapak/Ibu secepatnya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Katherina Rumambi
    Research Executive
    IndoPacific Edelman

    • Saya sedang mencoba menjadi cancer survivor. Saya tertarik untuk diwawancarai. Sayangnya saya tinggal di daerah di Jawa timur. Apa bisa?

  92. ijin share y……saya wanita usia 29 tahun, ada benjolan dpayudara sebelah kiri kcil sbesarkacang polong….ketahuan pas lg hamil anak pertama n dokter kandungan yg periksa(seetelah dmamografi)yg meriksa nyaranin doperasi……..lemes denger kata operasi lgi hamil pula….1 tahun sudah berlalu benjolan masih ada.skarang serba salah,perasaan campur aduk harus kmana…..pengennya sharing dulu ma temen 2 yg usah pengalaman or spa aja yg tau,dokter mana yg harus d hub………tolong saya y………..pls……hub saya or sms 081321608075

  93. Salam kenal smuanya… Pengen gabung dgn cisc gmn caranya ya? Anak saya naufal syamil adz dzaki (4 bln) menderita tumor ganas abdomen. Menurut vonis dokter. Dan hasil pemeriksaan usg jg ct scant. Skrng ini sedang masuk ruang icu RSAB Harapan Kita, karena sempat drop dan badannya biru tdk bs nafas krn tumornya sdh membesar sehingga menekan hati dan paru2. Perkembangan tumornya sangat pesat, dari awal masuk (26 okt 2011) RSAB berat naufal 5 kg, sekarang (05 Nov 2011) beratnya mencapai 8,5 kg. Rencana mau dikemoterarapi. Semangat hidupnya tinggi, maka kami selalu mendukungnya. Tapi kami bingung dgn kondisi keuangan kami yang sdh kempis. Krn kami bkn golongan orang mampu. Karena biaya ruang icu yg mahal blm lagi biaya obatnya yg jg mahal. Apakah yayasan kanker indonesia bisa bantu kami. Kami berharap bisa share dgn teman2 yg tahu tentang ini, terima kasih. Cecep sofyan telp. 021-94004861

    • semoga cepat sembuh,,,,

  94. halo pak Cecep, ikut prihatin ttg adik naufal, mudah2an sudah semakin membaik. untuk bantuan beaya, bisa dihubungi Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) kantornya ada di lt4 RS Kanker Dharmais ketemu dengan ibu Ika atau yang lain.
    semoga bisa membantu.
    salam hangat cisc

  95. Kepada Yth Para Pengurus CISC dan
    Salam Kenal untuk semuanya…

    Saya sangat senang dan mengapresiasi adanya komunitas ini…yang intinya dapat menjadi tempat sharing bagi anggotanya dan selalu mendapat respon yang baik. Singkatnya sy mohon bantuan untuk mendapatkan info tentang tempat membeli colostomy yang murah dan berkualitas untuk bapak saya…karena kami berdomisili di Bogor..oh iya satu bulan y.l. Bapak sy (72 tahun) sudah menjalani opersi kanker usus dan sdh dibypass..so harus pakai Colostomy bag

    Thanks

    Taufik

    • Dear Taufik,

      Silakan hub YKI Pusat untuk info pembelian kantong dengan beaya khusus. Di YKI juga ada perkumpulan pasien pengguna kantong kolostomi, yg bisa menjadi ajang berbagi info.

      Salam CISC
      yd

      • ok tks atas responnya

  96. Terimakasih apabila saya diijinkan menjadi bagian keluarga. CISG

  97. dear all, salam kenal untuk semua

    mohon sharenya, ibu saya bulan lalu melakukan operasi kanker payudara di sebelah kiri, kemudian beberapa hari ini di bagian ketiaknya mirip mengalami bengkak, timbul semacam lapisan lemak yang lembut. bila ditekan tidak sakit. warna kulit juga normal

    nah, apakah ada yang bisa menjelasakan / share, apa penyebabnya ? apakah ini ada hubungan dengan kelenjar getah bening ?
    senang bisa bergabung di sini
    harvin

  98. Salam kenal. Saya ingin bergabung di sini untuk bisa berbagi dengan banyak teman. Saya sendiri sedang mencoba menjadi Cancer survivor. Saya telah menjalani serangkaian terapy untuk kanker payudara. Saya juga telah menjalani operasi pengangkatan payudara setahun yang lalu. Hasil check up tahunan kemarin, Alhamdulillah semua normal. Ca, CEa saya juga jauh dibawah ambang batas. Proses terapi memang sangat melelahkan dan menguras tenaga, emosi dan juga menguras kantong. Diawali dengan kemoterapi untuk memperkecil benjolan, lalu operasi pengakatan payudara, kemoterapi lagi, disambung radiasi sebanyak 25 kali. Betul-betul sangat melelahkan. Semangat up and down terus. Tapi demi melihat anak2 saya, semangat saya tumbuh lagi. Dukungan suami dan keluarga serta lingkungan semakin menambah semangat berjuang saya. Sekarang saya masih menjalani hormonal terapi dengan obat Tamoxifen. Saya belum tahu sampai kapan. Jadi bagi yang terkena kanker payudara, tetap semangat ya… Oh ya untuk Ibunda harvin, kebetulan saya juga operasi payudara kiri. Memang di dekat ketiak ada semacam kulit lembut seperti menggelambir. Kata dokter itu memang sengaja diberi semacam lemak agar saat kita gerakkan tidak sakit. Sebab bekas jahitan yang kencang membuat kita merasa sakit saat menggerakkan lengan. Saya srankan sering latihan mengangkat kengan atau merayap di tembok agar kulit menjadi lemas. Don’t worry harvin, lapisan lemak yang lembut itu akan menolong bunda agar kulit tidak terasa sakit saat menggerakkan lengan. Salam buat bunda ya…..

    • salam kenal bu. perkenalkan saya rara mahasiswi psikologi, saya sedang membuat tugas tentang kanker. maukah anda berbagi cerita dengan saya?
      bagaimana saya bisa menghubungi anda? kalau anda bersedia sms saya di 085691908654
      terimakasih sebelumnya. :)

  99. Saya ingin bergabung di klub ini. Saya tinggal di daerah Jawa timur. Dimana dan siapa yang bisa saya hubungi? Saya tinggal di kota Probolinggo, Jawa timur. Apakah ada CISC cabang Jatim? Mohon infox.

    • di Surabaya aja belum ada .. sy jg dri SBy..

  100. selamat siang, hari senin kemarin ayah saya baru saja operasi untuk pengobatan ca recti di rumah sakit RKZ surabya. Boleh tanya CISC ada yang di surabaya nggak ya? ayah saya butuh penguatan dan pengalaman dari orang2 yang berhasil survive dari kanker, supaya semangat hidupnya kembali ada. Terimaksih banyak sebelumnya

  101. Salam kenal, saya Dian Pratiwi. Sy sangat tertarik untuk bergabung di group ini agar sy bisa slg memperoleh & berbagi informasi penting bagi penderita kanker. Ibu sy terkena kanker payudara sejak tahun 2008 (telah menjalani operasi, radiasi, dan kemoterapi), namun hasil pemeriksaan terakhir ini ternyata telah metas ke tulang dan terdeteksi di paru. Sekarang Ibu sy sdg menjalani radiasi kembali yang ke 15 (total 20 radiasi) sblm nantinya akan kembali di kemoterapi seperti awal tahun 2009 lalu. Mdh2an dgn bergabung di grup ini, sy bs memperoleh informasi yg penting tentang kanker dan berbagi pengalaman dgn yg lainnya. Mohon doanya agar Ibu sy yg kini terbaring di Rumah Sakit ttp kuat dan tabah menjalani pengobatan. Makasih.

  102. Salam kenal…saya Hanna.saya sangat ingin sekali dapate bergabung di group ini,saya ingin memperoleh berbagai informasi tentang kanker Rahim.Ibu saya terkena kanker rahim dan sudah di proses dua kali sinar,sinar dalam dan sinar luar.beliau terkena kanker sekitar dua tahun terakhir, setelah menjalani sinar dalam yang terakhir beliau mengalami kebocoran di ususnya sehingga cairan dan kotoran keluar dari vaginanya.Ibu saya sudah menjalani dua kali operasi usus ,operasi yang pertama gagal karena ternyata ada kebocoran di tempat lainnya,pada operasi yang kedua dokter akhirnya memutuskan untuk membuat by pass dengan membuat kantong di perutnya.saya sangat berharap sekali dengan bergabungnya saya di group ini saya dapat memperoleh berbagai informasi yang penting untuk pemulihan ibu saya.beliau saat ini tidak mampu menjalankan aktivitas sehari harinya seperti dulu.Mental beliau cukup shock dengan apa yang terjadi pada dirinya saat ini.Mohon bantuannya agar saya bisa mendapatkan informasi dan dukunngannya.Terimakasih

  103. Khasiat Buah Manggis

    Menurut Dr. Finsand (pakar pengurutan tulang & persendian) :
    Manfaat manggis untuk otot dan tulang
    Zaman dahulu , masyarakat asia tenggara sudah merasakan manisnya buah manggis yang istimewa itu. Rasanya yang lezat bukan hanya berperan sebagai pemanis di mulut, tetapi juga menyembuhkan penyakit disentri, peradangan, nyeri, dll.
    Otot dan Tulang memiliki masalah yang sama, yakni peradangan. Hormon prostaglandin penyebab rasa nyeri dan peradangan .
    Tahun 1981 saya mengalami cedera punggung. Dua puluh tahun saya terapi chiropractic, namun rasa nyeri tetap ada. Suatu ketika saya mersakan jus manggis dan ini awal perubahan kesehatan, hidup dan pekerjaan saya. Saya rekomendasikan para pasien saya dan hasilnya menakjubkan. Sekarang saya sudah terbebas dari obat-obatan kimiawi dan sepenuhnya lepas dari rasa nyeri yang saya derita sepanjang 21 tahun terahir. Buah manggis pencegah penyakit yang sempurna.
    Menurut Dr. Sam Walters (Master dalam bidang biologi sains dengan spesialisasi nutrisi manusia)
    Jika anda memahami apa yang saya pahami, anda pasti membawa manggis kemanapun anda pergi……………….
    Jus manggis merupakan sesuatu yang lebih dari sekedar unik. Apabila anda memahami apa yang saya pahami, anda pasti membawa manggis kemanapun anda pergi. Antioksidan adalah kata kunci utama dalam mencegah penyakit. Buah manggis memiliki begitu banyak khasiat. Penelitian badan-badan pengobatan dunia menunjukan bahwa buah manggis secara langsung menyembuhkan berbagai penyakit.
    Penelitian terbaru menemukan bahwa satu dari 4 rakyat amerika serikat mengidap kanker, dan 1 dari 5 orang akan meninggal pada usia dini. Solusi terbaik dari masalah ini adalah pencegahan.. Kami merawat banyak pengidap kanker di tempat kami. Kami mendetoksifikasi logam berat dengan buah manggis . Kulitnya mengandung xanthone penyembuh kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut , leukimia, dll.
    Mayoritas Pasien yang dirawat merupakan penderita stadium 4 keatas. Mereka hanya punya waktu 6-8 minggu untuk hidup. Manggis mampu mengembalikan hidup para pasien tersebut. Yang di perlukan tubuh bahan biologis, bukan bahan-bahan kimiawi, bahan polutan, dan bahan tiruan. Salah satu solusi yang dapat anda lakukan demi sistem kekebalan tubuh anda adalah pencegahan, yakni dengan minum jus manggis.
    Menurut Dr. Ir. Warid Ali Qosim, M.S.
    Dosen Jurusan Budi Daya Pertanian dan Tim Ahli Divisi TTG Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unpad Bandung.
    Kulit Buah Manggis Sebagai Antioksidan
    ADA satu ungkapan yang sering dijumpai di masyarakat, “Biar hitam si buah manggis.” Ungkapan tersebut digunakan untuk menilai sesuatu jangan dilihat dari bentuk luarnya saja, tetapi lihatlah isinya. Begitu juga untuk menilai buah, jangan melihat kulit buah manggis yang berwarna cokelat hitam, tetapi daging buahnya yang berwarna putih, bertekstur halus, dan rasanya yang manis sekali bercampur asam sehingga menimbulkan rasa khas dan segar.
    Buah bernama Latin Garcinia mangostana L. ini termasuk famili Guttiferae dan merupakan spesies terbaik dari genus Garcinia. Manggis termasuk buah eksotik yang sangat digemari oleh konsumen, baik di dalam maupun luar negeri, karena rasanya yang lezat, bentuk buah yang indah, dan tekstur daging buah yang putih halus. Tidak jarang jika manggis mendapat julukan Queen of tropical fruit (Ratunya Buah-buahan Tropik).
    Pada umumnya masyarakat memanfaatkan tanaman manggis karena buahnya yang menyegarkan dan mengandung gula sakarosa, dekstrosa, dan levulosa. Komposisi bagian buah yang dimakan per 100 gram meliputi 79,2 gram air, 0,5 gram protein, 19,8 gram karbohidrat, 0,3 gram serat, 11 mg kalsium, 17 mg fosfor, 0,9 mg besi, 14 IU vitamin A, 66 mg vitamin C, vitamin B (tiamin) 0,09 mg, vitamin B2 (riboflavin) 0,06 mg, dan vitamin B5 (niasin) 0,1 mg. Kebanyakan buah manggis dikonsumsi dalam keadaan segar, karena olahan awetannya kurang digemari oleh masyarakat.
    Selain buah, kulit buah manggis juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan. Kulit buah mengandung senyawa Xanthone yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfa mangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin. Senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa Xanthone tersebut hanya dihasilkan dari genus Garcinia. Di luar negeri kulit buah manggis sudah dibuat kapsul yang digunakan untuk suplemen diet, antioksidan, dan antikanker.
    Hasil penelitian menunjukkan, ekstrak kulit manggis mempunyai aktivitas melawan sel kanker meliputi breast, liver, dan leukemia. Selain itu, juga digunakan untuk antihistamin, antiimpflamasi, menekan sistem saraf pusat, dan tekanan darah, serta antiperadangan. Kulit buah juga mengandung antosianin seperti cyanidin-3-sophoroside, dan cyanidin-3-glucoside.
    Senyawa tersebut berperan penting pada pewarnaan kulit manggis. Kulit buahnya mengandung senyawa pektin, tanin, dan resin yang dimanfaatkan untuk menyamak kulit dan sebagai zat pewarna hitam untuk makanan dan industri tekstil, sedangkan dan getah kuning dimanfaatkan sebagai bahan baku cat dan insektisida.Efek biologi & farmakologi
    Rebusan kulit buah manggis mempunyai efek antidiare. Buah manggis muda memiliki efek speriniostatik dan spermisida. Ekstrak (n-heksana dan etanol) manggis memiliki tingkat ketoksikan tertentu pada penggunaan metode uji Brine Schrimp Test (BST). Dari hasil penelitian dilaporkan bahwa alfa mangostin (1,3,6-trihidroksi-7-metoksi-2,8-bis (3metil-2-butenil)-9H-xanten-9-on) hasil isolasi dari kulit buah manggis mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan.
    Dari hasil studi farmakologi dan biokimia dapat diketahui bahwa alfa mangostin secara kompetitif menghambat tidak hanya reseptor histamin H, mediator kontraksi otot lunak tetapi juga epiramin yang membangun tempat reseptor H1 pada sel otot lunak secara utuh.
    Mangostin merupakan tipe baru dari histamin. Toksisitas pemberian ekstrak daun muda terhadap mencit bunting dengan dosis 500, 1000, dan 1500 mg/kg BB menunjukkan efek pada fetus berupa penurunan berat badan, terjadinya perdarahan pada fetus, dan adanya perubahan jaringan hati fetus seperti nekrosis pada sel hepar, tetapi tidak terjadi kelainan perkembangan dan aborsi. Ekstrak daun manggis dengan berbagai dosis dapat mengurangi jumlah sel spermatid, terjadi penambahan jumlah spermatozoa abnormal, dan lambatnya gerak maju spermatozoa mencit.
    Ekstrak kulit buah yang larut dalam petroleum eter ditemukan dua senyawa alkaloid. Kulit kayu, kulit buah, dan lateks kering Garcinia mangostana mengandung sejumlah zat warna kuning yang berasal dari dua metabolit yaitu alfa-mangostin dan mangostin yang berhasil diisolasi. Mangostin merupakan komponen utama sedangkan mangostin merupakan konstituen minor. Ditemukan metabolit baru yaitu 1,3,6,7-tetrahidroksi-2,8-di (3-metil-2butenil) xanton yang diberi nama a-mangostanin dari kulit buah Garcinia mangostana.
    Buah manggis digunakan untuk mengobati diare, radang amandel, keputihan, disentri, wasir, luka/borok. Selain itu, digunakan sebagai peluruh dahak dan untuk sakit gigi. Kulit buah manggis digunakan untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri urat, sembelit. Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri perut. Akar untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Dari segi rasa, buah manggis cukup potensial untuk dibuat sari buah.
    Menurut Dr. Berna Elya
    Peneliti Manggis Dari Departemen Farmasi Universitas Indonesia
    Kulit Buah Manggis Mengandung Antioksidan Super
    Selain nangka-nangkaan, komoditas buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan adalah manggis yang popular sebagai queen of fruits. Dr. Berna Elya, periset jurusan Farmasi Universitas Indonesia mengungkapkan bahwa manggis sebagai antioksidan. Menurut dr. Paulus Wahyudi Halim, dokter sekaligus herbalis di Tangerang, Banten, antioksidan ‘menangkap’ radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat.
    Disebut radikal bebas lantaran atom atau kelompok atom itu memang dalam keadaan bebas alias tidak terikat dengan gugus lain. Radikal bebas mempunyai elektron yang tak berpasangan. Jika diibaratkan radikal bebas mirip orang jahat, belum berpasangan, tangan tak terikat sehingga usil mengambil gambar orang. Faktanya radikal bebas memang menangkap molekul hydrogen, asam lemak, logam berat yang pada akhirnya memicu beragamnya penyakit degeneratif.
    Antioksidan itu bagai orang baik yang menangkap si jahat tadi setelah melepas molekul. Pada kulit manggis, ‘orang baik hati’ itu bernama XANTHONE. Kadarnya mencapai 123.97 mg per 100 ml. Turunan antioksidan itu antara lain 3-isomangostin, alphamangostin, gammamangostin dan garcinone A.
    Nama Garcinone A mudah ditebak, nama dari genus pohon asal Kalimantan itu, Garcinia mangostana. Itu mengabadikan nama ahli botani dari Perancis Laurent Garcin.
    Khasiat XANTHONE bukan sekedar antioksidan, tetapi juga antikanker seperti hasil riset Moongkarndi. Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Mahidol itu menguji XANTHONE dalam riset praklinis dengan SKBR3 alias kultur sel kanker payudara manusia. Hasilnya? Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apoptosis atau mendukung penghancuran sel kanker.
    Chi Kuan Ho dari Veterans General Hospital dari Taipei mengungkapkan bahwa turunan XANTHONE mujarab mengatasi sel HCCs hepatocellular carcinomas atau kanker hati. Turunan XANTHONE itu adalah Garcinone E. Kami menyarankan bahwa Garcinone E mungkin berpotensi untuk digunakan dalam perawatan beberapa tipe kanker yang berhubungan dengan pencernaan dan paru-paru.
    MENURUT Dr. Ir. Raffi Paramawati (balai besar pengembangan mekanisme pertanian) ANTI OKSIDAN LUAR BIASA YANG MENANGKAL RADIKAL BEEBAS

    Alam Indonesia sebagai daerah beriklim tropik terbukti sangat cocok untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman manggis. Manggis (Garcinia Masngostana L) merupakan salah satu komoditas buah yang mempunyai prospek cerah untuk dikembangkan di berbagai daerah dengan ekologi yang cocok untuk pertumbuhan manggis. Tanaman manggis secara umum masih dibudidayakan secara tradisional dan turun temurun, belum banyak sentuhan teknologi modern, sehingga peluang peningkatan produksi, kualitas dan pemasaran masih terbuka.
    Saat ini manggis merupakan salah satu primadona ekspor yang menjadi andalan Indonesia untuk meningkatkan penerimaan devisa negara, karena manggis digemari di luar negeri. Namun jumlah manggis yang dapat diekspor hanya 10% dari total produksi (60.000 ton). Bagian yang biasanya dikonsumsi dari buah manggis adalah daging buah, yang mempunyai rasa asam-manis lezat, yang membuat manggis dijuluki sebagai Ratu Buah (Queen of Fruits). Namun ternyata bagian yang paling berkhasiat bagi kesehatan tubuh adalah kulit buah manggis. Dalam kulit terdapat super antioksidan alami yang dikenal dengan nama XAMthone Plus.
    XAMthone merupakan molekul besar yang terdiri dari berbagai komponen super antioksidan, misalnya alpha-Mangostin; Garcinone A; beta-Mangostin; Garcinone B; 3-Isomangostin; Garcinone C; Mangostanol; Garcinone D; Maclurin; Garcinone E, Catechins and polyphenols, Vitamin C dan sebagainya.
    Antioksidan diperlukan tubuh untuk untuk mencegah kerusakan akibat serangan radikal bebas, melalui perlindungan terhadap protein, sel, jaringan dan organ-organ tubuh. Antioksidan telah terbukti dapat mencegah penuaan dini (anti aging), mencegah penyakit jantung, mencegah berbagai jenis kanker, mencegah kebutaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Banyak antioksidan alami yang terdapat dalam makanan kita, antara lain askorbat (vitamin C), tokoferol (vitamin E), karotenoid (vitamin A) dan poliphenol (antioksidan dalam teh dan dedaunan). Namun kesemuanya itu kemampuannya jauh di bawah XAMthone dari manggis. Sebagai contoh, antioksidan dalam jeruk mempunyai nilai 2400 ORAC per 100 oz, sedang XAMthone mempunyai nilai 20.000 ORAC.
    XAMthone Plus juga terbukti mempunyai keunggulan mampu menjelajah seluruh tubuh untuk menetralkan radikal bebas, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat daripada sebelumnya. Selain itu, XAMthone mempunyai sifat sebagai antikanker, antiinflammatory, antimikroba, antialergi, menurunkan cholesterol, tekanan darah dan kadar gula, serta membantu menyembuhkan penyakit degeneratif (jantung, stroke, katarak) dan masih banyak lagi.
    Saat ini ekstrak XAMthone dari manggis telah diproduksi dengan merek XAMthone plus. Produk dalam bentuk minuman suplemen ini baru pertama kali diproduksi di Indonesia dalam skala industri. XAMthone Plus adalah estrak buah manggis yang dikombinasikan dengan rosella, madu,anggur dan apel sehingga memberikan rasa sensasional, sehingga cocok disebut sebagai minuman suplemen generasi baru. Dalam aplikasinya pada pengguna, XAMthone Plus terbukti mampu memberikan reaksi cepat dalam mematikan penyakit akibat mikroba (bakteri, fungi, virus, parasit) dan secara signifikan mampu memperbaiki sistem dalam tubuh (menormalkan kandungan gula dalam darah, tekanan darah, kolesterol, asam urat dan sebagainya). Bahkan bukti spektakuler terjadi pada kesembuhan beberapa penderita stroke, penurunan fungsi ginjal, kanker payudara, leukemia dan masih banyak lagi. mampu meningkatkan stamina dan kekebalan, disamping akan melindungi tubuh dari penyakit degeneratif
    Menurur Dr.Albert Miller:
    Kali pertama saya meneliti buah manggis terjadi pada bulan Oktober 2004. Sebelumnya, saya sama sekali belum pernah mendengar tentang buah manggis atau xanthone, sehingga saya sangat antusias untuk segera memulai penelitian (karena pencegahan dan kesehatan tubuh adalah spesialisasi medis saya). Saya pergi ke Medscape (sebuah sumber online untuk para pakar kesehatan) dan segera melakukan pencarian Medline pada xanthone dan buah manggis, dan hasilnya membuat saya terkejut.
    Berdasarkan faktanya, saya menemukan lebih dari seribu artikel tentang xanthone dan dua puluhan tentang buah manggis. Saya mendapati bahwa struktur xanthone stabil, terdiri atas tiga lapisan molekul karbon, dan saya menemukan lebih dari 40 jenis xanthone ternyata terdapat dalam buah manggis. Kebanyakan dari xanthone ini terkandung dalam kantung benih atau kulit luar buah manggis.
    Apabila saya menelusuri semua informasi yang tersedia, hal tersebut sangat memakan waktu dan mustahil dilakukan dalam tempo waktu yang secukupnya. Oleh karena itu, saya mengecilkan pencarian klinis saya menjadi lebih spesifik sesuai dengan tujuan saya. Pencarian ini menemukan beberapa artikel yang mendukung, antara lain: 1) daya potensial anti-oksidan, 2) sifat anti luka bakar, 3) sifat anti bakteri, 4) sifat anti tumor, dan pada beberapa kasus bahkan apoptosis (kematian sel-sel tumor). Sejak saat itu, saya menempatkan buah manggis dalam penelitian saya. Saya bahkan mulai mengkonsumsinya, dan menuliskan resep serupa kepada beberapa kelompok pasien (banyak di antaranya yang saya harapkan perkembangan kondisi kesehatannya). Apabila hasilnya terbukti dan ilmu pengetahuan serta pengalaman klinis pribadi dapat memperkuat penelitian saya, saya pasti memperluas rekomendasi buah manggis ini.
    Sebagai percobaan awal, saya menggunakan lima pasien saya berserta saya dan istri saya sebagai percobaan mengonsumsi jus buah manggis, dan hasilnya luar biasa. Yang paling memukau saya adalah efeknya yang anti luka bakar, mengurangi bengkak dan rasa sakit. Ini semua kami rasakan pada bulan percobaan pertama kami. Oleh karena itu, saya mulai merekomendasikan buah manggis untuk berbagai gejala penyakit dan penyakit. Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti rheumatoid arthritis (luka bakar akut pada sendi), lupus, dan psoriaris, terlihat menunjukkan kemajuan medis yang luar biasa. Di samping itu, para pasien kami mengalami pengurangan bengkak dan rasa sakit, serta meningkatnya energi/vitalitas tubuh. Kami mendokumentasikan hasil tes laboratorium yang telah diperbaharui, seperti berkurangnya kisaran pengendapan eritrosit (sel darah merah), antibodi anti nuklir, dan faktor-faktor rheumatoid (persendian). Masalah kulit kronis seperti eczema dan dermatitis, terlihat semakin membaik pada banyak pasien kami, sehingga secara total menghilangkan ketergantungan pemakaian steroid topical dalam banyak kasus yang terjadi. Kaum pria dengan penyakit prostat yang tidak dapat disembuhkan dilaporkan terjadi pengurangan nocturia (jumlah frekuensi mereka terbangun tengah malam untuk buang air kecil). Sebagai bahan pendukungnya, saya melihat sendiri berkurangnya tekanan darah di beberapa antigen tertentu kelenjar prostat. Sakit Osteorthritis dan gejala fibromyalgia tidak seratus persen sembuh dari kebanyakan pasien, tapi menunjukkan kemajuan yang bagus dalam proses penyembuhan.
    Saya ingin berbagi kepada Anda tentang beberapa kasus menarik dan mengejutkan. Yang satu adalah perempuan berusia 83 tahun yang mengalami kegagalan ginjal dengan kadar creatitine 24 (pada angka 20 dibutuhkan terapi dialysis). Dia mulai mengikuti kelas dialysis dan bersiap diri dalam menghadapi terapi tersebut. Setelah mengkonsumsi buah manggis selama satu bulan, kadar creatitine-nya meningkat menjadi 49, sehingga dia tidak perlu menjalani terapi dialysis. Selain itu, saya juga memiliki beberapa pasien lain yang menunjukkan kemajuan dalam fungsi ginjal. Pada kebanyakan kasus, penggunaan buah manggis sudah banyak mengurangi ketergantungan mereka (para pasien) atas pengobatan diuretic (water pill).
    Sedangkan untuk saya, kepadatan mineral tulang saya sendiri berubah dari penderita osteopenia menjadi orang normal rata-rata, setelah mengkonsumsi buah manggis selama satu tahun. Terus terang, ini kejutan yang menyenangkan bagi saya. Setelah itu, saya mencatat beberapa kemajuan kepadatan tulang di catatan medis pasien saya. Perubahan dalam kepadatan tulang secara perlahan terjadi, dan biasanya hanya ditemukan setiap satu atau dua tahun sekali. Saya optimis bahwa kami pasti dapat menemukan lebih banyak hasil bagus pada masa mendatang.
    Seringkali saya ditanyakan tentang apa yang menjadi manfaat terbesar yang ditawarkan buah manggis. Dari semua yang sudah saya paparkan sejauh ini, mungkin saja Anda berpikir bahwa jawaban saya terhadap pertanyaan tersebut adalah respons pasien dengan penyakit sistem kekebalan tubuh. Sebenarnya, saya justru sering berkomentar bahwa jika Anda ingin melihat hasil yang “wah”, cari seseorang yang bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh, dan mulailah pengkonsumsian buah manggis kepada mereka. Akan tetapi, saya berpendapat bahwa tindakan pencegahan merupakan manfaat terbesar dari pengkonsumsian buah manggis. Saya sepenuhnya yakin bahwa bukti-bukti yang ada dengan jelas mengarah kepada semua penyakit yang berkaitan dengan penuaan secara langsung atau tidak langsung sebagai akibat dari oksidasi berlebihan, luka bakar yang tak terkontrol, atau rusaknya sistem kekebalan tubuh. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, buah manggis memiliki efek yang sangat besar atas penyakit-penyakit itu. Buah manggis merupakan satu-satunya suplemen pencegahan yang paling kuat yang tersedia untuk kita saat ini. Saya terus mengkonsumsi vitamin dan mineral saya, bersamaan dengan jus manggis. Saya menyarankan hal yang serupa kepada semua pasien saya, dan di beberapa kasus saya menyarankan suplemen tambahan untuk menghindari resiko berbagai penyakit. Pendekatan terhadap berbagai macam faktor seringkali adalah yang terbaik.2,3,4,5,6,8,12,15.
    Berhubung profesi dan spesialisasi saya, saya sering menerima pertanyaan yang membutuhkan jawaban dari seorang pakar. Dalam meresponsnya, saa ini Fifi Cheek dan saya bekerjasama mengadakan konferensi bulanan untuk menyediakan pertanyaan dan jawaban yang berhubungan dengan manfaat buah manggis. Seringkali pertanyaan yang datang berputar sekitar dosis, dan dalam meresponsnya saya mengarang sebuah buku yang berjudul :
    Mangosteen: Dosing Guidelines&Basics, yang tersedia di website
    http://www.mangosteentools.com
    MANCANEGARA
    Khasiat XAMthone lain sebagai antibakteri dan antivirus sebagaimana hasil riset Matsumoto. Dalam uji invitro, periset Gifu International Institute of Biotechnology itu membuktikan XAMthone tokcer mengatasi Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab tuberculosis (TB).
    Dalam hal jumlah pengidap TBC, saat ini di Indonesia peringkat ke-3 setelah Cina dan India. Padahal obat anti TBC berserakan di negeri ini. Keperkasaan XAMthone juga melibas human immunodeficiency virus penyebab anjloknya kekebalan tubuh. Senyawa itu menghambat replikasi.
    Faedah lain manggis adalah anti jerawat. Itu gara-gara Chomnawang, periset Fakultas Farmasi Universitas Mahidol, membuktikan manggis bersifat antibakteri. Dalam riset itu ekstrak kulit manggis menghambat perkembangan bakteri Propionibacterium acnes and Staphylococcus epidermidis. Remaja perempuan mungkin paling membenci kedua makhluk liliput itu.
    Gara-gara bakteri mungil itu, pipi mereka bertabur jerawat. Chomnawang mengukur efek antikroba dengan 2 cara, disc diffusion dan broth dilution. Yang disebut pertama berarti mengukur efek antikroba dengan 2 cara, disc diffusion dan broth dilution. Yang disebut pertama berarti mengukur efek melawan bakteri yang tumbuh di dalam kultur dengan media agar metode broth dilution, dengan media kaldu. Hasilnya ekstrak paling kuat menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat. Kulit buah anggota famili Cluciaceae itu mengungguli ketepeng senna alata, kirinyu Eupatorium odoratum, dan landik Barleria lupulina.
    Begitu lebar tabir manggis yang tersingkap. Sayang, di tanah leluhurnya sang eksotis berjuluk ratu buah itu, belum banyak dimanfaatkan. Mungkin sebaliknya di mancanegara. Selama ini negara-negara maju seperti Uni Emirat Arab, Hongkong dan Belanda mengimpor manggis asal Indonesia. Badan Pusat Statistik mencatat volume ekspor Indonesia pada 2004 lebih dari 3 ribu ton dari total produksi 62.117 ton. Setahun kemudian volume ekspor melambung 8.472 ton, produksi 64.711 ton.
    Boleh jadi tak Cuma daging buah kaya vitamin C-66 mg-yang mereka nikmati, tetapi juga kulit nan multikhasiat. Antikanker, antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner, mengatasi HIV, cuma sebagian kecil dari khasiat kulit yang selama ini menghiasi tong sampah. Tabir yang menyelimuti jack dan queen tersingkap. Di rimba raya sana terdapat banyak komoditas yang masih menjadi misteri, dan manggis adalah sebuah misteri alam untuk kebaikan manusia.
    SUMBER LAMPUNG POS
    ALTERNATIF lain mendapatkan antioksidan guna mencegah perusakan sel yang disebabkan radikal bebas adalah buah manggis. Buah eksotis yang sering dijuluki queen of fruit ini ternyata memiliki banyak kandungan antioksidan pada kulit dan buahnya.
    Dari hasil suatu penelitian, buah asli Asia Tenggara ini dapat menghasilkan xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Kadarnya mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan.
    Penelitian xanthone telah dimulai sejak tahun 1970 dan hingga kini telah ditemukan lebih dari 40 jenis xanthone, di antaranya adalah alpha-mangostin dan gamma mangostin yang dipercaya memiliki kemampuan mencegah berbagai penyakit. Kedua jenis xanthone tersebut dapat membantu menghentikan inflamasi (radang) dengan cara menghambat produksi enzim COX-2 yang menyebabkan inflamasi.
    Penelitian lain menunjukkan bahwa gamma-mangostin mempunyai efek anti radang lebih baik daripada obat antiinflamasi lain yang dijual di pasaran. Xanthone jenis ini dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan, seperti artritis dan alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak).
    Xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kemampuan antioksidannya bahkan melebihi vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif. Kandungan alpha-mangostin dan gamma-maostin pada buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri. Alpha-magodtin juga diketahui mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicillin dan minocycline.
    Manggis merupakan komoditas buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki antioksidan yang menangkap radikal bebas dan mencegah keruakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Tidak cuma daging buah manggis yang kaya vitamin C-66 mg, tetapi juga kulit yang multi khasiat yaitu antikanker, antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner, HIV, dan sebagainya.
    Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apotosis penghancur sel kanker. Xanthone mampu merawat beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dan sebagainya. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, eukimia, antiinflamasi, dan antidiare.
    Penelitian terbaru menemukan satu dari empat rakyat Amerika Serikat mengidap kanker dan 1 dari 5 orang akan meninggal pada usia dini. Solusi terbaik dari masalah ini adalah pencegahan. Konsumsi manggis secara rutin membuat awet muda karena antioksidan super yang berfungsi menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan menjadi lebih baik. Manggis membantu menghancurkan semua penyakit dalam tubuh dan memperbaiki sistem antibodi dalam tubuh.
    dikutip dari/bahan : lampung post
    Penelitian tentang xanthone telah dimulai sejak tahun 1970 dan hingga saat ini telah ditemukan lebih dari 40 jenis xanthone, diantaranya adalah alpha-mangostin dan gamma mangostin yang dipercaya memiliki kemampuan mencegah berbagai penyakit. Kedua jenis xanthone tersebut dapat membantu menghentikan inflamasi (radang) dengan cara menghambat produksi enzim COX-2 yang menyebabkan inflamasi.
    Penelitian lain menunjukkan bahwa gamma-mangostin mempunyai efek anti radang lebih baik daripada obat antiinflamasi lain yang dijual di pasaran. Xanthone jenis ini dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti artritis dan alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak).
    Xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kemampuan antioksidannya bahkan melebihi vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif.
    Kandungan alpha-mangostin dan gamma-maostin pada buah manggis juga bersifat sebagai anti bakteri. Alpha-magodtin juga diketahui mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicillin dan minocycline.
    Selain itu, kandungan stilbenes pada buah manggis juga sangat bermanfaat sebagai antifungi.
    Sebuah studi di Singapura menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif dibandingkan dengan durian dan rambutan.
    Source (http://tubuhsehat.blogdetik.com/category/buah-manfaatnya/)
    Kajian terkini melalui sains telah membuktikan khasiat dan kelebihan buah manggis dengan penemuan sejenis bahan aktif di dalam buah manggis yang dikenali sebagai xanthone.
    Xanthone ialah suatu bahan kimia aktif dengan strukturnya yang terdiri 3 cincin dan ini menjadikannya sangat stabil ketika berada dalam badan. Struktur ini menjadikannya sangat stabil dalam keadaan panas atau dingin.
    Terdapat lebih dari 200 jenis bahan xanthone di alam tetapi lebih dari 40 jenis xanthone terdapat dalam buah manggis dan ini merupakan kandungan yang terbanyak.
    Khasiat terbaik dari xanthone ialah ianya bersifat anti-oksidan yaitu menghambat proses oksidasi atau proses penuaan tubuh/sel tubuh. Xanthone akan melindungi sel dan mengurangi kerusakan pada sel akibat radikal bebas. Selain bermanfaat sebagai anti-oksidan, buah manggis juga berkhasiat sebagai antibakteri, anti-kanker, dan anti-radang.
    Bagian lain yang bermanfaat adalah kulit buahnya. Kulit manggis menghasilkan warna merah keunguan, dan amat sulit dibersihkan. Karena mengandung tanin, resin, dan crystallizable mangostine (C20H22O5), yang mudah larut dalam alkohol atau ether, tidak larut dalam air. Kulit manggis amat berkhasiat untuk membuang asam ureat di dalam tubuh yang berguna bagi penderita reumatik/gout.

  104. Ingin bergabung dengan perkumpulan penderita kanker di Yogyakarta

    • ayo, aku juga mau,,,,

      • teman-teman yg berdomisili di jogja dan sekitarnya, silakan bergabung dengan kami Jogja Cancer Survivors&Friends (cp Anna 081802744543 atau Ido 081804109696). jadwal meet&share: hari jumat terakhir setiap bulan di Wisma D10, Bulaksumur, Yogyakarta (kampus UGM). mbak rugun hutagalung sudah bergabung, silakan yang lain menyusul ….

  105. salam kenal, saya pelajar sma yang sedang mengadakan penelitian untuk membuat karya tulis ilmiah. saya bergabung di blog ini dngn tujuan mencari informasi tentang penyakit kanker dan pengobatan kanker dengan menggunakan benalu teh. apa kandungan di benalu teh sehingga dapat mengobati kanker. mohon bantuannya
    terimakasih :)

  106. kalau boleh berbagi pengalaman,,saya dg beberapa teman dokter sedang mengobati berbagai kanker… yg sudah dinyatakan sembuh secara lab adalah kanker payudara… pengobatan kami lakukan dg paduan ykni pengobatan komplementari

    • saya ingin tau mengenai pengobatan tsb. mohon penjelasan lbh lanjut.

  107. salam kenal.. maret 2011 aku merasakan benjolan dipayudara kiriku, waktu itu benjolannya masih kecil. aku menunda operasi karena waktu itu aku belum punya biaya dan lagipula anakku masih 6 bulan dan sangat bergantung padaku. Nov. 2011 benjolannya semakin membesar, aku menjalani operasi biopsi dan ternyata hasilnya ganas.. Saat ini aku sudah 2 kali kemoterapi, pada terapi pertama aku tdk merasakan efek apapun, tetapi di terapi kedua ini mual dan muntah, dan sekarang sudah hampir seminggu aku diterapi tapi perasaan aku masih sering mual..
    aku ingin bergabung di cisc, biar bisa sharing dengan teman2 seperjuangan.. rencananya setelah kemoterapi ketiga baru aku mastektomi.

    • Terima kasih Eva, yg telah bergabung dgn CISC. Tetap semangat menjalani terapi.

      salam CISC, yd

  108. Salam Kenal,

    Saya Lucky Stephen Mandagie dan saya berusia 25 tahun. Saya baru saja terbebas dari kanker tulang atau osteosarkoma, persisnya sel kankernya ada di tulang paha kanan bagian bawah. Setelah menjalani 6 seri kemoterapi dan operasi implant tulang buatan, kini saya sudah bebas dari kanker tersebut. Sekarang saya sedang aktif fisioterapi agar dalam waktu 1-2 bulan lagi saya sudah bisa berjalan dengan normal, ditambah menjalani pola hidup sehat agar sel-sel kanker terebut tidak kembali lagi.

    Saya ingin sekali bergabung dengan grup ini, karena saya ingin mengkampanyekan pentingnya pola hidup sehat dan khusunya bagaimana menghindari dan melawan penyakit kanker. Jika aada yang ingin bertanya tentang seputar penyakit kanker dan cara pencegahannya, saya dengan sangat senang hati untuk berbagi pengalaman saya. Dan tentunya saya juga senang jika bisa bergabung dengan grup ini dan bertemu dengan para survivor cancer. Salam kenal.. =)

    • Selamat untuk Lucky yg telah sukses menjalani terapi. Met gabung di rumah CISC.

      • selama kemoterapi apakah ada pantangan makanan??? soalnya kemo kan membunuh sel sel yang normal….

      • ibu sy hari ini divonis terkena kanker tulang..
        ada gak yg bisa bantu?
        4 Tahun lalu ayah sy sdh meninggal.

      • halo Nurul, ikut prihatin ya atas apa yang dialami kel anda. tp jangan kecil hati, karena dibalik semua ujian dari Allah pasti ada Hikmah dibaliknya. tetap sabar dan tawakal, ikhlas menjalani yakin bahwa Allah yang merencanakan semua ini dan pasti diberikan jalan dan kemudahan.
        sebaiknya ikuti saran dokter ahli yang merawat ibu anda, mudah2an jenis kanker masih tergolong yang respon terhadap terapi.jangan tunda dan jangan tawar apapun jenis terapinya.Semoga Ibu Anda mendapatkan perawatan yang tepat dan terbaik dan segera sehat kembali. Amin
        salam hangat CISC

    • hai Lucky, bisa minta alamat email atau contactnya, saya ingin menanyakan pengobatan yang sudah di jalankan. atau mohon email ke saya riri_djati@yahoo.com. terimakasih.

  109. Mau share hasil studi dari Dr. Darryl See, info lebih jelas di http://www.4lifebisnis.com

    Penelitian Dr Darryl See pada 20 orang penderita penyakit KANKER STADIUM-4 yang hanya mempunyai “3.7 BULAN UNTUK HIDUP”
    Setelah 6 bulan, 16 dari 20 pasien dalam penelitian ini, ternyata masih dapat bertahan, dan kini dalam “remission” yaitu kondisi sudah berangsur pulih atau sudah dalam kondisi yang stabil.

    Dr See MENGANJURKAN SEMUA ORANG MENGKONSUMSI TF.
    Associate Clinical Professor W.H.O. ( World Health Organization) Western Europe, Dr. See received his degree from the University of California, Irvine. Academic appointments include: Assistant/Associate Clinical Professor of Medicine: Investigator, California Collaborative Treatment Group: and Infectious Disease Consultant, Liver Transplantation Service. He has received contracts, grants, and research awards from Harvard Biotechnology, Pfizer Pharmaceuticals, Upjohn Pharmaceuticals, Roche Molecular Systems,, National Institutes of Health, Department of Defense, and more.

    • TF itu apa ?

  110. salam kenal, istri saya kena kanker (di payudara dan otak) sudah stadium 4, perlu obat ‘keppra 500′ (agar tidak kejang) yang susah dicari di apotek dan toko obat (termasuk pasar pramuka), jika ada info tersebut seperti di mana saya mendapatkannya atau diganti dengan obat apa, nama saya: ayahya (085888631109) mohon diberitahu. terimakasih sebelum dan sesudahnya.

    • bawa aj ke rs sarjdito gedung tulip……ntar di sana dapat pengobatan kokkk

  111. kakak saya di diangnosa kanker rahim, saran dokter untuk penyinaran, tetapi dengan biaya yang fantastis untuk ukuran kami

    • Dear Retno,

      Sudahkah mengupayakan SKTM atau fasilitas jamkesmas dari pemerintah? Pasti dapat membantu meringankan beaya berobat.

      Selamat berjuang.

      Salam sehat, Yuniko Deviana

    • semoga kakak mb Retno saat ini sudah mendapatkan terapi sinar dan beliau dapat menjalaninya dengan baik.
      salam sehat

  112. Saya Hadi Cakra Tan ingin bergabung CISC dan minta saran dari teman2 sesama penderita kanker, saya tgl 8 Maret di biopsi bawah saya menderita kanker sarkoma di paha kiri sebelah kanan tengah dan tgl 12 Maret 2012 di operasi dengan pengangkatan daging seberat 1’6 kg ( P17 cm x L 5 cm x T 5 cm ) dan di katakan high grate sarcoma, dokter menganjurkan saya harus di lakukan radio terapi sebanyak 30 sd 33 kali penyinaran, dan saya pilih penyinaran ini di RSCM, dalam hal ini ada saran dari teman2 efek samping dari radio tarapi itu apa aja, dan makanan pantangan apa yg dilarang dan makanan apa yg paling bagus buat penderita kanker seperti saya, sebab saya seorg vegetarian, dan juga saya dianjurkan dari orang2 untuk komsumsi air rebusan daun sirsak dan ada juga obat keladi tikus, apakah itu efektif untuk membantu dan selama penyinaran boleh mengkomsumsi obat tersebut terima kasih.

    • Pak Hadi,
      Selama radioterapi yakini bahwa kondisi fit. Asupan nutrisi diperhatikan yha Pak. Daun sirsak boleh saja asal kebersihan dijaga dan waspadai respon tubuh. Pengalaman teman2 ada yg berakibat diare dll.
      Cukup istirahat dan olahraga ringan teratur yha Pak.

      Salam sehat. Semangat.
      Yuniko Deviana

    • Hi Pak Hadi, apakah yg Bapak maksud itu Ewings Sarcoma/PNET? Kalo ya, berarti itu persis spt penyakit kanker saya. Bapak bisa menanyakan info2 yg Bapak ingin tau lebih Salam ke saya. Karen’s skrg saya udah in-remission.

      Indah

      • bagaimana anda bs sembuh??
        calon suami saya kna ewings sarcoma.
        udah kemo 6X di tlogo rejo

      • Hi naylil, Salam kenal ya. Kanker tdk ada yg namanya sembuh tapi remisi. Kalo mbak mau nanya2 saya seputar Ewing’s sarcoma, silahkan saja dan semoga saya bisa membantu.

      • Hallo Pak Hadi & Indah. Aku ingin tanya khusus utk indah. Ewing Sarcoma yg kamu derita awal periksa ke medis sudah stadium ?? Anakku umur 8thn kena ewing sarcoma

      • Hi mbak Yessica, saya tdk pernah diberitahu stadium ke berapa oleh main doctor saya. Tp tumor di paha saya sangat besar sekali dan dengar dari dokter saya itu sudah bahaya ditambah dengan patahnya tulang saya. Namun sewaktu saya menanyakan dokter radiasi, saya dikatakan stadium 2B tapi sudah Ada 5 titis di paru2 saya. Dokter tulang adalah specialist di sarcoma. Kalo mbak mau mencari 2nd opinion, saya bs bantu utk mengatur jadwal ketemunya tp di singapore. Jangan pernah mau diamputasi sama dokter. Saya sarankan utk mencari 2nd opinion Dari dokter yg memang ahli sarcoma. Karena kaki saya nyaris diamputasi. Jika ingin menanyakan lebih lanjut silakan hubungi saya di 0811960238. Terima kasih.

  113. Halo semuanya, saya senang bisa bergabung untuk berbagi cerita seputar kanker di sini. Sebenarnya saya ragu untuk bergabung, tapi karna saya banyak mendapatkan informasi penting di sini untuk ilmu menangani survivor kanker, trimakasih ya untuk semuanya. Sebenarnya yg menderita kanker itu adalah adik perempuan saya, tp karna beliau tidak di indo jd saya terbeban untuk mencari informasi seputar kanker yg dideritanya. Lain kesempatan pasti saya akan cerita mengenai penyakitnya itu di sini, tetap semangat untuk semuanya.

  114. Salam saya seorang penderita kanker paru stadium 2 yang udah menyebar ke kelenjar getah bening saat ini saya di rawat di rs pertamina yang akan menjalani terapi radiasi 30 kali kemoterapi 5 kali mohon info untuk epek sampingnya terima kasih

  115. Yth pengelola saya penderita kanker paru stadium 2 mau terapi radiasi dan kemo kira kira berapa untuk satu kali terapi

  116. Ikut gabung saya penderita kanker paru stadium 2 minta infonya tentang kanker paru terima kasih

    • tetap semangat, ikhlas menjalani n selalu bersyukur kepadaNya dan asupan nutrisi yang seimbang ya.
      salam hangat CISC

  117. Kepada CISC..
    Saya Ingin Bertanya..
    Saya merupakan mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi di universitas swasta di jakarta, saya sedang melakukan penelitian mengenai kanker, khususnya kanker payudara,,, saya sedang mencari subjek penelitian khusunya wanita yang menderita penyakit kanker payudara, yang ingin saya tanyakan adalah,,
    apakah saya dapat diperkenankan untuk melakukan penelitian di CSIC?
    jika diperkenankan, dimanakah saya dapat memperoleh informasinya?
    apa saja prosedur yang harus saya persiapkan dan lakukan?
    mohon informasinya,,
    trimakasih..

  118. salam saya salah satu yang survive melawan kanker :) boleh bergabung kan :)

    • boleh banget dong, ayo kita sebarkan motivasi untuk hidup lebih berkwalitas, berarti dan bersemangat dengan kanker.
      selamat bergabung dan salam hangat sri-cisc

  119. Papa saya terkena kanker ginjal pada juni 210 dan sudah diangkat ginjal kanannya. Lalu menjalani kemotherapi dengan obat sutent. Sekarang kankernya didiagnosa menjalar ke tulang punggung dan paru2. Papah harus menjalani radiasi dan mengganti obat kemotherapi. Mohon bantuan untuk informasi dan bantuan yang kami bisa dapatkan mengingat biaya pengobatan yang menjadi salah satu pertimbangan.

    • Halo Joseph, memang perjuangan melawan kanker memerlukan energy tersendiri n memerlukan ketaqwaan.
      radiasi diperlukan untuk menyembuhkan yang metas ke tulang, sdgkan penambahan obat kemo untuk parunya.
      apakah sudah dicoba untuk mendapatkan Jamkeskin ? krn bisa sangat membantu. obat-obatan bisa minta bantuan Yys Kanker Indonesia.

  120. kalau orang awam seperti saya apakah bisa bergabung dengan grup ini?

    • silahkan bergabung jika anda pemeduli kanker.
      salam cisc

  121. Ingin bergabung untuk mengetahui lebih lanjut soal penyakit kanker dan ingin berbagi dengan sesama pejuang kanker lainnya….

    • datang saja pada pertemuan support group kanker CISC

  122. apakah ada survivor ca serviks yg bisa berbagi gejala awal sebelum terdiagnosis?

    • Gejala kanker servik :
      - terjadinya pendarahan pada vagina diluar waktu menstruasi
      - keputihan (kadang bercampur darah dan berbau atau gatal)
      - nyeri panggul
      - tidak dapat buang air kecil
      - sakit pada saat berhubungan

  123. Mhn ikutan gabung. .

    • mau gabung

  124. Salam kenal buat semua sahabat,aku alfan alkaufan hendarto cm mau ngmg “leukimia bisa disembuhkan”sedikit cerita 12th istriku bergulat dgn penyakit leukimia jenis CML dan selama 12 th pula penyakit ini begitu menyayangi istriku.Sampai-sampai apapun kami korbankan harta benda;rumah,mobil,tanah semua ludes.Semua jenis pengobatan telah kami lakukan demi satu kata”sembuh”.Tp semua yg kami lakukan hanyalah ketidakpastian,harus kemana,harus bagaimana,apa lg yg bisa kami lakukan?,.,Capek lelah,yg ada cuma pasrah.Sepenggal puisi goresan tinta dr tangan istriku:
    “Aku bagaikan kain perca
    Aku jg sebuah boneka
    Aku hadir untuk mengabdi
    Dan aku kembali untuk mengabdi
    Hidupku bagaikan segelas anggur
    Bila anggur sudah tumpah dr gelas
    Aku sudah tidak berdaya
    Kapan waktunya tiba aku akan kembali pada-Mu”
    (Pio Cambera)
    Pasrah kepada Allah swt itu yg aku lakukan,setelah aku membaca tulisan puisi itu.Aku mersa bersalah sbg seorang suami.Kubulatkan tekadku untuk bertobat,dan aku sadar betul betapa tlah lama aku melupakan-Mu,ya Allah.12 tahun aku terlalu sibuk dgn cobaan yg Engkau berikan sampai tak kenal waktu dan tak pernah menyisihkan waktu buat-Mu.Aku percaya dan yakin ini sebuah cobaan takdir yg bisa dirubah,kecuali takdir kematian gk bisa dirubah.”Inikan penyakit bukan kematian,kenapa harus mati karena penyakit”.Sholat Hajat dan sholat Tahajjud yg aku lakukan tiap malam bahkan sampai saat ini,karena aku punya keyakinan ketika semua orang pada tertidur,inilah kesempatanku untuk berkeluh kesah berdo’a dan memohon kepada-Nya pasti lebih didengar oleh-Nya aku yakin hanya sebagian orang saja yg memohon ditengah malam hari.Sementara sakit istriku semakin parah ketika darah mengalir tak cuma dari hidung melainkan sela-sela gusi,badan lebam semua serasa sendi tulang mau lepas,rambutpun kian rontok,badan bercak merah-merah,tak luput bau amis diseluruh badan istriku,bertambah parah mengalami kebutaan selama satu minggu.Rupanya Allah swt iba atas diriku dan perjuanganku,maka diberilah aku petunjuk gambaran untuk membuat ramuan dari tumbuhan-tumbuhan rumput afrika (klo dijawa mirip krokot).Atas bantuan teman aku mendapatkan tumbuhan rumput itu.Dalam jangka waktu kurang lebih dua bln istriku minum rutin ramuan ini dan hasilnya istriku sembuh total.Buat aku ini adalah sebuah mukjizat yg tak ternilai harganya.Dan menepis anggapan bahwa leukimia tidak bisa disembuhkan,penderitanya gk bakal berumur panjang dan belum ada obatnya,faktanya istriku sembuh total.Akhirnya keputus asaan,kepedihan hilang sirna ditelan kebahagiaan dan harapan baru.Buatku cukup 12th saja leukimia menyayangi istriku,masih kalah dgn rasa sayangku untuk istriku selamanya.Walaupun skg kami tak punya apa-apa dan tinggal dirumah kontrakan sederhana,bukanlah suatu masalah kami sangat bersyukur atas kesembuhan ini.Sudah 6th istriku sembuh total dr leukimia ini,satu pantangan buat dia mungkin jg untuk penderita leukimia lainnya”jangan pernah minum susu putih dlm bentuk apapun walaupun setetes”.Memang selama 6th kami merahasiakan ramuan ini tetapi ketika bln september ketika membuka facebook ternyata banyak orang yg bernasib sama spt istriku.Dan pada bln september pula aku mengumumkan pada semua orang bahkan keseluruh dunia lewat facebook bahwa “istriku sembuh total dr leukimia”.Buat yg percaya dan yakin serta mendapatkan hidayah-Nya silahkan dtg ke jogjakarta atau telp aku 081227679128 atau fb alfan alkaufan atau ke Emaiku alfanalkaufan@rocketmail.com.Buat yg belum percaya silahkan minta petunjuk pada Allah swt atas kebenaran perihal ini,buat yg beragama lain silahkan bertanya kepada Tuhan kalian masing-masing.Aku bukanlah pedagang obat,ataupun penjual jamu tp aku hanya perantara atas kesembuhan istriku.Akhir kata selamat tinggal leukimia,selamat datang dunia baru.
    Buat temen-temen jgn pernah putus asa untuk berjuang.

  125. mohon infonya untuk menjadi anggota cisc,
    saya di daerah bangkalan-madura.
    trims

  126. Selamat siang.. Senang bisa bergabung di CISC. Saya ada pertanyaan mengenai kanker. Ibu saya di diaknosis Kanker ovarium stadium 2. Dan di anjurkan untuk kemotherapy. Apakah dengan kemotherapy bisa menyembuhkan ibu saya? Adakah pengobatan alternatif lain’nya? Saya sangat bingung,ini pengalam pertama saya tentang kanker.. Trimakasih sebelumnya.

    • Halo Sakura tidak perlu bingung, saat ini pengobatan kanker sudah sangat berkembang, stadium 2 masih termasuk dini, dan sebaiknya jangan ditunda segera diterapi karena kita berlomba dengan waktu, jangan sampai stadium bertambah karena terlambat diobati. khemoterapi adalah sangat respon untuk cancer ovary. jangan takut dengan kemo, efek samping kemo berbeda2 antara pasien satu dengan yang lain atau antara jenis cancer yang satu dengan cancer yang lain. jaga asupan makan dan istirahat yang cukup, terus semangat dan jangan takut, karena ketakutan itu yang bisa menambah beratnya efek terapi. salam untuk Ibunda dan terus semangat.
      sri-cisc

  127. hay all.. nama aku nyoman dari surabaya usiaku 19tahun. aku pingin gabung di CISC.. tapi aku gg tau gimana caranya. mohon bantuannya ya.. terimakasih

  128. haii all..

    aku Ni.nyoman galuh usiaku 19 tahun. Aku dari surabaya..
    mohon bantuannya untuk gabung di CISC..
    terima kasih..

    • Halo Galuh tks dah mau bergabung,btw Galuh ini pasien kanker (jenis?), atau keluarga ada yang terkena kanker, atau pemeduli/relawan kanker.
      tolong email data pribadi dan dilengkapi dengan keterangan diatas ke cancerclubcisc@gmail.com.
      terimakasih salam sri-cisc

  129. Salam kenal,namaku winda tinggal di jogja,mau gabung di Cisc jogja dimana alamatnya.trimksh.

    • halo Winda, untuk cisc jogya silahkan hubungi mbak Yayuk hp 081327663884 atau ibu Hartini 081328470803
      salam CISC – sri

  130. adakah survivor kanker payudara usia 30 an yang mampu bertahan diatas 10 tahun dengan status her 2 positif,

    • ada, dengan mengikuti protokol terapi dan menjaga gaya hidup yang sehat. beberapa ada di CISC silahkan hadir pada pertemuan rutin support group kanker.
      salam sehat

      • Salam semangat, sehat.
        Tis, utk dtg ke grup insyaallah aku wakili, aku juga pingin hadir di grup. CISC, boleh ksn saya datang?

      • hi,mbak yus aku ada di jombang bisa hub aku di 085755557003

  131. Bolehkah saya bergabung? Trima kasih

    • silahkan dengan senang hati, setiap sabtu ke-2 jam 10-13 di jl Imambonjol No. 51 Jakarta.
      untuk peringatan World Cancer Day, RSCM, Dep Radioterapi RSCM bersama-sama CISC akan membagi-bagikan brosur ttg kanker pada masyarakat sekitar bund HI & RSCM tanggal 4 Februari nanti. ayo gabung

  132. Selamat siang dan met kenal mbak. Sy keluarga Ca survivor dan skrg tinggal di yogya. Sy berminat utk bergabung d CISC yogya. Boleh minta nama dan no telp yang bs saya hub? Terima kasih mbak…….

    • mbak Esti, tadi saya sudah jawab alamat CISC Jogya yang bisa dihubungi ya. good luck untuk Jogya

  133. Salam kenal….saya fianny, saya mempunyai adik yang baru kami ketahui 2 bln lalu mengidap tumor otak, sedih rasanya karena umurnya yang masih muda 24 thn, saat ini dikepala adik saya dipasang selang permanen, tumornya tidk besar hanya sekitar 2 cm, dan menurut dokter harus dioperasi, tetapi berat rasanya apabila mendengar efek sampng dan resiko dari operasi tsb, yang mau saya tanyakan, apakah ada jalan lain untuk mengobati penyakit adik saya, selain melalui jalan operasi……mohon bantuannya…..terima kasih

    • mungkin bisa dicoba di RSCM ada SRS=stereotactic radiosurgery silahkan konsultasi di Departemen Radioterapi RSCM (Prof. Dr.dr Soehartati SG Sp.Rad(K)onk.Rad), dan tanyakan secara jelas apa manfaat dan resiko, bagaimana cara kerja alat tersebut dan juga berapa beayanya. di Siloam jg ada Gamma Knife (team Prof. Eka) silahkan kontak dari kedua RS tersebut. semoga adik anda mendapatkan pengobatan yang terbaik dan cepat sehat seperti semula. Amin
      salam sehat CISC

      • thanks mbak atas saran dan supportnya…..
        saya lupa menjelaskan bahwa kami tinggal di kota medan sumatera utara, apakah di medan sudah tersedia fasilitas perobatan seperti itu, dan bila sudah ada di RS manakah manakah kami bisa berkonsultasi mbak? terima kasih

      • sepertinya SRS n Gamma Knife baru ada di Jakarta, semoga secepatnya akan ada juga di Medan dll.

  134. Gimana cara gabung dengan CISC, saya tinggal di bogor

    • CISC Bogor silahkan hub drh Linda 0818878590 CISC bogor juga ada pertemuan rutin, tapi biasanya mereka juga suka gabung pertemuan di jl Imambonjol Jakarta.

  135. Stlh sy menjalin test darah CA 125 ternyata hasilny 279,2 dan sampai skg sy hny mengadalkan obat herbal..ap yg hrs sy lakuan..karna smpai skg sy hy terbaring lemas..teman menyarankn k’RS

    • Halo Maya, sebaiknya memang segera ke RS supaya Dr bisa melakukan pengobatan yang benar.
      salam hangat CISC

  136. assalamualaikum….
    saya yani dari padang, papa saya terkena kanker usus besar itu diketahui pada bulan oktober 2012. hasil patologi nya menyatakan sudah stadium 3. sekarang sedang menjalani kemoterapi oral yang ke 3. sebelum kemo yang ke 3 di jalani papa saya sempat masuk rumah sakit krn HB nya 9,7 pada awal februari 2013. saat dirawat dialakukan pemeriksaan CT Scan perut kata dokternya ada tumor yang baru lagi dekat lambung. saat ini papa saya sedang minum obat kemo yang ke 3. saya ingin bergabung di CISC ini untuk bisa mendapatkan informasi seputar kanker dan pengobatannya.

    • apakah ada CISC cabang padang?? mohon infonya?

      • di Padang belum ada, tapi beberapa pasien dari padang sudah banyak yang meminta untuk buka cabang di Padang, namun karena belum ada yang memfasilitasi untuk lokasi sekitar Padang sampai saat ini kami belum ada.
        ayo komunitas kankere di Padang, kami tunggu siapa yang bersedia untuk menjadi fasilitatornya.

  137. salam kenal bisa gabung jan kak,,

  138. Dear all,

    Saya Ade, tinggal di Jkt. Saat ini kakak saya sedang dalam pengobatan kemoterapi utk kanker payudara (sudah dioperasi) dan kanker tulang. Saya sangat memaklumi kondisi kakak saya yg sangat drop baik fisik maupun mental. Saya mau minta saran2nya dan bantuan dorongan dari teman2, bagaimana caranya bisa memacu semangat kakak saya, agar dia pny semngat juang yang tinggi. Terima kasih

    • Halo mbak Ade, terus kasih dukungan dan kasih sayang, mis dengan membawakan makanan yang dia suka dan ajaklah makan bersama, sekedar ajak cerita ajak berdoa bersama, dan jangan ingatkan penyakitnya, jika berada didekatnya cerita apa saja seperti dulu sebelum sakit.tunjukan bahwa anda dan kel sangat menyayangi dan sangat membutuhkan dia. kalau berkenan silahkan ajak bergabung dalam pertemuan support group kanker cisc di jln imambonjol no. 51 menteng setiap sabtu ke-2 jam 10.00 – 13.00 saya yakin dengan bertemu dengan para survivor kanker yang lain akan memotivasi beliau untuk lebih bersemangat. atau dimana kakaknya tinggal, supaya kami bisa kunjungi.telp saya 081388802009
      salam sehat sri-cisc

  139. hai, salam kenal,
    saya yeni dari provinsi NTT, saat ini adik saya didiagnosa kanker paruparu bukan sel kecil stadium 3,dan mengkonsumsi obat tarceva yang diberikan dokter. saya mau sharing, apakah tarceva obat yang paling paten dan apakah kanker ini tidak dapat disembuhkan? apakah di NTT belum ada CISC? kalau belum ada tolong dibentuk dong, tks

    • halo mbak Yeni, tks
      menurut Dokter, obat tarceva merupakan salah satu obat paten dan sangat respon untuk kanker paru non small cell spt yang ada pada adik anda.
      semua kanker sampai saat ini belum ada jaminan 100% sembuh, yang penting sehat dan bisa beraktifitas.jangan terpengaruh dengan apa yang kita dengar, terus semangat dan tidak usah pikir sembuh ga ya…?? tp terus berusaha menjalani terapi dokter dan selalu berdoa, serahkan segalanya pada YMK. Insyaallah dimudahkan semuanya. Amin
      ohya CISC belum ada di NTT, silahkan jika anda dkk di NTT membentuk suatu group/komunitas kanker yang ada disana, CISC selalu siap membantu.
      salam sehat CISC

  140. dimanakah bisa didapatkan obat tarceva untuk kanker paruparu bukan sel kecil

  141. Hi … I am in-remission since January 2012. Saya terkena PNET on my left femur dan sudah menjalani operasi rekonstruksi kaki, jadi tulang paha sepanjang 30cm sudah diganti dengan titanium. Sudah menjalani 30 kali radiotherapy dan 42 kali chemotherapy. Semuanya berjalan dengan baik berkat dukungan dari keluarga, teman dan tentunya dokter2 saya beserta suster2 di singapore. Saya hampir saja give up setelah mendapat kemo siklus ke 2, tp saya mikir kenapa give up begitu saja apalagi saya udah setengah jalan (halfway through). Jadi bagi penderita kanker dimanapun yg sedang menjalani treatment, jangan putus asa. Tetap semangat berjuang. Keep strong and determined … Kanker tdk ada yg namanya sembuh tp remisi ya.

  142. Namaku irma sari umr ku 22thn, ak penderita kanker payudara dimedan, kanker ini adalah pemberian Allah buatku, sekarang sudah menjalani stadium 3, tapi ak harus tetap semangat ak butuh support kalian agar aku bsa semangat. 085275987322 terima kasih kawanku

    • halo Irma, hebat untuk keputusanmu. ada beberapa anak remaja yang kena kanker payudara, itu pentingnya SADARI dan deteksi dini. terus sebarkan semangatmu dan edukasi untuk teman2 usia muda supaya lebih waspada dan jalani POLA HIDUP SEHAT, hindari junkfood, perbanyak buah dan sayur, OR teratur dan hindari ROKOK & ALKOHOL dan yang paling penting terus bersyukur dan berdoa.
      salam hangat CISC

  143. Alhamdulillah saya menemukan Group ini …saya tinggal di Bontang Kalimantan Timur..Istri saya menderita kanker payudara sejak awal tahun 2012 tidak berobat secara medis karena berbagai alergi terhadap obat saat inikonsumsi benalu batu dan rebusan daun sirsak dan menggunakan alat ..kondisi sekarang benjolannya hancur dan berlubang serta mengeluarkan bau yg sangat menyengat dan kadang sering merasa sakit ..saya bingung apa yang akan saya lakukan untuk membantu istri saya….istri saya orgnya aktif… obat apa yang bisa membantu menghilangkan bau dan mengobati luka biar nutup kembali…dan adakah CISC di wilayak Kalimantan Timur..terima kasih sebelumnya.

    • Halo Pak Indra, sebaiknya ibu segera dibawa ke RS untuk mengobati lukanya dan konsultasi dengan Dokter sp Bedah Tumor.
      di Balikpapan ada CISC bisa hubungi Ibu Retty Nereng hp 08195568866
      Semoga Ibu segera mendapatkan penanganan yang baik dan jaga asupan makan yang cukup gizi.
      salam hangat CISC

      • saya kasihan melihat istri saya kesakitan ….Untuk menghilangkan rasa sakit pada kanker payudara yang sudah luka dan berlubang apa ya? istri saya trauma kalau menggunakan pengobatan medis karena mempunyai alergi segala obat…dan pernah di coba di Dr Soetomo memang tingkat alergi sangat tinggi.

      • Dr Fenny tolong commentnya ya.
        Semoga Isteri Pak Indra tidak kesakitan lagi,
        salam CISC

      • ada info untuk Pak Indra dari Dr Aldrin/RSK Dharmais, jika alergi obat bisa dicoba dengan Akupunktur analgesik untuk mengurangi rasa sakit.Coba konsul ke Dr Aryo di RS Dr Soetomo apakah ada rujukan dokter akupuntur disana. sedangkan untuk pengobatan lukanya nanti Dr Fenny akan menjawab untuk Anda.

  144. Halo,
    Ibu saya menderita kanker payudara dan sekarang dokter menginformasikan adanya penyebaran ke tulang.
    saat ini keluhannya adalah tulang belakang sering terasa nyeri sekali. dan tidak bisa duduk/berdiri lama karena sakit di tulang ekor.
    Sekrang sedang di rawat di Rumah Sakit Elizabeth Semarang.

    Mohon informasi apakah rasa nyeri tersebut bisa dihilangkan dan pengobatan seperti apa yg bisa memperbaiki kondisi kesehatan nya.
    Saat ini suplemen yang dikonsumsi adalah Xamthone.

    Terima kasih.

    • Halo Tiyo, untuk mengurangi rasa nyeri karena metas tulang biasanya dengan radiasi atau kemoterapi, sebaiknya anda tanyakan langsung pada dokter onko yang merawat Ibunda.
      usahakan minum obat tepat waktu, mis jika diberikan obat 3 x 1 harus diminum setiap 8 jam (24 : 3 = 8 jam), begitu juga dg 2 x 1 diminum setiap 12 jam, 4 x 1 = setiap 6 jam. jangan lewat atau kurang, supaya dosisnya cocok sehingga rasa nyerinya bisa terkontrol.
      Semoga kondisi Ibu anda akan semakin baik dan kembali sehat berkumpul dengan kel. Amin
      salam sehat CISC

    • Tiyo, saya sudah minta dokter Maria/RS Kanker Dharmais untuk membalas tulisan anda.

  145. Saya Nurin dari Semarang, setelah melakukan biopsi di atas lutut kaki kiri yg bengkak, ternyata hasil PAnya tumor ganas … saat ini saya sedang hamil, dan memilih untuk janinnya dulu, jadi pengobatab medis belum bisa terapkan … luka bekas biopsi saya belum menutup sejak Maret 2012, sekarang sering pendarahan karena timbul benjolan … mohon saran dan supportnya

    • Halo mbak Nurin, pilihan yang sangat berat tapi jangan kecil hati, Tuhan pasti kasih pilihan yang terbaik. yakin akan pilihan Anda apa yang menjadi kata hati semoga Tuhan yang memilihkannya dan Tuhan jaga kuatkan tubuh anda dan janin anda. Sebaiknya konsul ke dokter onkologi yang merawat, terapi apa yang aman untuk janin dan bisa menghambat cell ganas sampai kelahiran bayi anda. terus semangat dan konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. semoga tulisan anda tentang biopsi bulan Maret 2012 salah tulis ya, maksud anda biopsi Maret 2013 ?
      Tuhan menyertai Anda & keluarga.
      salam hangat CISC

      • mau tanya kalo mau berobat kanker nasofaring rujukan rumah sakit terbaik untuk berobat kanker dimana? di rscm atau didharmais atau di rspad? soalnya saya sedang bingung mau berobat dimana…bisa contact person cisc yang dijakarta ini menghubungi siapa yah ….
        apakah benar kemoterapi malah membuat kanker semakin menyebar? apakah ada yang sudah sembuh dengan kemoterapi…mohon bantuannya…terima kasih

      • Halo mbak Rika, berobat dimana saja sama yang penting kita harus yakin dan mantab berobat dimana, karena keyakinan modal utama dari keberhasilan terapi.
        pasien nasofaring banyak di CISC dan survive walaupun perjuangannya cukup lumayan.
        untuk sharing di CISC bisa dg sri 081388802009, atau boleh dengan survivor nasofaring pak Ridwan 08128080314. pak atun 0817898891, pak Harling 0818121878, mbak Tri, Helvy, dll. silahkan gabung untuk sharing sabtu tgl 11 Mei jam 10-selesai di Jl Imambonjol No. 51 Menteng (dekat kantor KPU per4an Kuningan – Menteng, jurusan ke Holtel Indonesia.
        ditunggu ya, semoga bermanfaat
        salam sehat CISC

      • ohya, siapa bilang kemoterapi membuat kanker semakin menyebar??? Nah ini pemahaman yang sangat keliru, justru kemoterapi membuat KO kanker.
        jadi jangan didengar cerita-cerita yang menyesatkan. yang membuat kanker menyebar jika kanker tidak segera diobati dengan cepat, tetap dan tuntas sesuai protokol terapinya atau yang diobati suka-suka sendiri.
        jangan ragu segera tentukan pilihan dimana berobat, keyakinan anda yang membuat sukses terapi. GBU

  146. @Tiyo: coba konsultasi ke bagian Paliiatif, dulu saya dgn dr Maria di rs kanker dharmais. Beliau tahu bagaimana membedakan rasa sakit & obat yg harus dimakan. Tp obat tidak boleh berhenti

  147. Salam kenal…saya Yuyun dari Jakarta, 1th yang lalu saya kehilangan ibu yang sangat saya cintai karena beliau menderita kanker payudara, kami sudah berusaha berobat baik secara medis maupun terapi di Salatiga tp Allah berkehendak lain, tepatnya tanggal, 17 Juli 2012 ibu saya berpulang, makanya setelah membaca sharing dari teman2 disini saya merasa ingin sekali bergabung karena saya dapat merasakan apa yg teman2 rasakan.

  148. calon suami saya kena ewings sarcoma.
    umur saya hampir 30 tahun.. ibu ingin saya cepat menikah. walau bukan dg dia.
    tp aq tetap setia sm pacar saya. mensupport dia, aq bingung sekali.
    apa yg harus saya lakukan….
    sedangkan dia dan keluarganya meminta saya untuk sabar menunggu kesembuhannya… sekarang dia sudah kemo 6X. tp benjolan dikakinya masih berdiameter 15cm. apakah bisa sembuh??

    • Nay yang sedang gundah, seseorang sangat membutuhkan Anda.
      jangan bingung, Tuhan telah memilihkan jalan yang terbaik untuk kita semua, walau kadang terasa berat untuk dilakukan.
      ingat, jika kita memberi bukan berarti sesuatu untuk orang lain tetapi adalah untuk diri kita sendiri.
      Berilah yang dibutuhkan orang lain, karena Tuhan akan memberikan lebih dari yang anda telah berikan.
      Salam hangat CISC-sri

      • Salam kenal buat Naylil,saya adl survivor sarcoma,Pada September 2010,saya di vonis menderita rhabdomyosarcoma yang dikenal dengan tumor ganas.tepatnya di paha belakang kaki kiri saya.jangan berkecil hati utk pacar Naylil.saya melakukan tindakan kemo yaitu dg TACE dan CRYOsurgery di RS Gading Pluit di Kelapa Gading.Kita hrs terus semangat krn Tuhan selalu menyertai kita.

  149. remisi itu maksudnya apa?
    apakah seburuk itu… saya masih belum percaya kenyataan kl dia kena kanker..
    dan saya percaya dia bs sembuh

  150. apakah bisa sembuh total??
    sudah dikemo ditlogorejo.. dan akan di radiasi di RS ken saras.

    • Istilah “sembuh” dari CA pake tanda petik mbak, bagi kami survivor kanker yang penting “sehat” bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dan selalu bersyukur, terus menjalankan Pola Hidup yang sehat dan kontrol teratur ikuti apa saran dokter.
      Yakin dan percaya Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kita semua.
      salam hangat CISC

  151. tanda petik gimana?? kok artis rima melati bs sembuh.
    apakah kalo saya menikah dg dia bs tertular kanker??

    • Hey mbak, wah kalau kanker nular habislah Indonesia hahaha. Kanker tidak nular kecuali kanker servik atau kanker hati yang disebabkan oleh virus. kanker paru saja tidak nular. Jangan ragu mbak, apa kata hati ikuti saja, karena hati adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga.
      good luck n God bless you & fam.

  152. Remisi adalah hilangnya secara lengkap atau parsial dari tanda-tanda dan gejala penyakit sebagai respon terhadap pengobatan, masa di mana penyakit berada di bawah kontrol. Remisi tidak selalu berarti kesembuhan.
    Semoga membantu ya mbak Nyalil …

  153. halo semuanya,

    perkenalkan saya linda, saya tahu blog ini dari twitter, kebetulan saya sedang mencari-cari informasi tentang kanker rahim yang saat ini sedang di alami oleh tante saya.

    saya sangat butuh informasi mengenai kanker ini, kalo bisa nomer telepon yang pasti dari pengelola blog ini.

    mohon bantuan dari saudara/i sekalian, saya ingin sekali tante saya sembuh.

    terima kasih atas perhatiannya,

    • Halo Linda senang anda bergabung disini.CP 081388802009. jika anda di Jakarta, silahkan hadir di pertemuan Support Group kanker CISC yang diadakan rutin setiap Sabtu ke-2 di Jln Imambonjol No. 51 Menteng Jkt, disana anda bisa sharing dengan para pasien kanker dari jenis kanker yang berbeda2, disana juga anda akan mendapat tambahan pengetahuan tentang kanker yang dipresentasikan oleh pakar2 kanker, dan disana juga para pasien akan termotivasi lebih bersemangat dengan bertemu dengan para survivor kanker yang lain, ajak tante anda Sabtu tanggal 8 Juli 2013 jam 10.00-13.00 akan membahas tentang Serba Serbi Pengobatan Kanker yang akan dibawakan oleh Dr Sonar Sonny Panigoro Sp.B(K)Onk salah satu pakar kanker. Pertemuan ini diprioritaskan untuk para survivor kanker, keluarga kanker & pemeduli kanker. Ayo siapa yang masih bingung dan mau tahu lebih banyak tentang kanker datang, tepat waktu ya.
      salam hangat CISC

  154. Hai CISC. senang bisa bergabung di sini. 1 bulan yg lalu ibu sy terdiagnosis mengidap adenocarsinoma paru stad III. bisakah sy mendapatkan kisah2 pengalaman anggota CISC yg sdg atau sdh sukses melawan kanker tersebut?
    Adakah kegiatan rutin yg diadakan di Jabodetabek?

    Tks
    dr. Nugraheni Itsnal Muna

    • Halo dr Nug senang juga anda bisa bergabung disini.
      Buku “Berdamai dengan Kanker” adalah merupakan salah satu buku CISC yang berisi kumpulan pengalaman pribadi dari para survivor kanker anggota CISC (9orang dengan 9 jenis kanker yg berbeda termasuk survivor kanker paru stad 4 yang tetap survive) dan juga tip-tip medis dari salah satu Dokter onko, juga dari Paliatif Care, dan ada tambahan buku resep makanan sehat para survivor pada saat kami sedang terapi kanker, dimana penyajian dan resep makanannya kami buat sendiri, tentulah hasilnya tidak secanggih juru masak tapi masakan tersebut sangat berkasiat kami konsumsi dan kami bagikan untuk anda dalam menyikapi efek samping kemo / terapi kanker.
      Kegiatan CISC banyak sekali, antara lain kegiatan pertemuan support group yang rutin kami selenggarakan setiap bulan, silahkan hadir pada Sabtu tgl 8 Juni 2013 jam 10.00-13.00 di jln Imambonjol 51 Menteng Jkt yg akan membahas ttg “serba serbi Pengobatan kanker” dengan Dr Sonar Sonny Panigoro Sp.B(K)Onk dan kami juga ada Jumat tgl 31 Mei jam 14.00-17.00 di lantai 6 RS Mitra Kel Kelapa Gading dengan tema “Waspadai Kanker Tulang”. Kami juga selalu ada di ruang tunggu Poli Lantai 2 RS Kanker Dharmais setiap Kamis jam 09.30 – 11.30 dan Rg Tunggu Dep. Radioterapi RSCM setiap Rabu ke-1 atau ke-3. kami juga bisa dihubungi melalui email cancerclubcisc@gmail.com atau ciscsuhartisri@yahoo.com
      Buku “BERDAMAI DENGAN KANKER” bisa didapatkan di pertemuan Jl Imambonjol 51, Menteng dengan donasi min. sebesar Rp. 60.000,-/buku.
      salam hangat CISC- sri

      • mb kalo aku di Semarang,bisa nggak pesan buku itu?kemana musti transfer dan brp total yg harus aku bayar?makasih

  155. untuk CP bandung no tlpnya tdk bs dihubungi.. ada no lain

    • coba hubungi mbak Yanti-Bandung Cancer Society (BCS) 08122120971

  156. Mohon info istri saya penderita kanker payudara stadium 4 ..dan tetdeteksi sdh menjalar pada paru2 ..saat ini terapi hormonal..karena hasil lab pemicunya hormon ….tapi sekarang sering merasa sakit pada bagian yg luka dan keluar cairan terus bagai mana cara penanganannya dan apa obatnya…untuk saat ini rutin di bersihkan 2 hari sekali…terima kasih.

    • sebaiknya segera bawa isteri anda ke Dokter yang merawat (Dr Bedah Tumornya atau Dr Onko) supaya diperiksa dan diberikan pengobatan yang tepat.
      semoga isteri anda telah menjalankan terapi yang benar sebelumnya, sehingga tidak menyulitkan Dr untuk meneruskan pengobatan sesuai protokol terapi kanker yang ada.
      Salam dari kami CISC

  157. Semoga saya diterima untuk bergabung di club ini, saat ini bapak saya divonis kanker paru stadium 3A dan kata dokter bapak saya sudah tidak bisa dioperasi krn kanker sudah menyebar ke kelenjar dan jln satu2nya adalah dgn kemoterapi, tp saya banyak baca tentang efek kemo yg mengerikan jg beberapa pengalaman org disekitar saya yg sodaranya pernah mengalami ca paru meninggal setelah di kemo.. Saya takut dan bingung untuk memutuskan pengobatan bapak saya.. Adakah alternatif lain untuk pengobatan bapa saya? Atau jika tetap harus di kemo, brp persen kemungkinan berhasilnya dgn penyakit ca paru stadium 3A?

    • Mbak Ruri, jangan menyerah, memang betul ada beberapa pasien ca paru yang tidak berhasil dikemo, tapi banyak juga yang berhasil, ada beberapa pasien CA paru yang stadium 3 ato 4 dengan menjalani semua protokol terapi yang dokter berikan dan dengan ditunjang dengan semangat dan pola makan sehat dan seimbang dan yang lebih penting doa dan rasa syukur yang dipanjatkan pada Tuhan, sehat sampai saat ini. coba hubungi Bapak Hendrata (salah satu nara sumber dalam buku CISC “Berdamai dengan Kanker”) beliau adalah mantan pasien CA Paru stad 4 yang sudah dinyatakan sembuh. silahkan hub beliau di HP 082123293050
      salam sehat CISC

      • Saudara2 yg di CISCO, mungkin aku mau kasih input bahwa kanker tidak ada yang namanya “SEMBUH” namun lebih baik dinyatakan “REMISI”.

      • Betul mbak Indah, dalam kanker kata “sembuh” adalah dengan tanda petik, bagi kami survivor yang penting adalah “sehat” bisa beraktifitas.
        salam sehat

  158. Mhn info apakah forum seperti ini di Kota Bogor. Kakak saya dua tahun lalu di diagnosa kanker serviks dan telah menjalani radio terapi sebanyak 25 kali di RSCM. Hasilnya kankernya sudah gak ada meski akibat dari radio terapinya adlh merusak ginjalnya sehingga harus pakai diaper.Setelah sekitar setahun, kakakku mengalami sakit kepala yang hebat dan diagnosa dokter dr hasil ct scan adlh tumor otak. Saran dokter adlh biopsi untuk mengetahui keadaan tumornya dan tindakan apa yang harus dijalankan. Persoalannya kakak saya itu baru saja ditinggal suami beberapa minggu lalu. Kakak saya punya anak dua yang kecil masih di kelas 5 esde. Tidak bekerja dan suami tidak meninggalkan apapun krn sewaktu hidup tidak bekerja tetap serta meninggalkan kakak saya untuk menikah dengan gadis lain yg kebetulan sepupu saya. Saat ini, kami sedang mencari bantuan dana untuknya dan dukungan dari mereka yang pernah kena kanker atau sedang berjuang melawan kanker.

    • Mbak Diah kami ikut prihatin membaca kisah kakakanda. Semoga Tuhan segera memberikan kemudahan untuk terapi kakakanda.
      di Bogor ada CISC cab Bogor, silahkan hub Drh Lindawati HP 0818878590
      salam hangat CISC

  159. Hai, ijin bergabung ya. :)
    Mau minta informasi menu makanan saat menjalani kemoterapi..
    Ada yang bisa sharing? Mama saya akan kemoterapi setelah dioprasi kanker payudara di bulan April.

    Terima kasih teman2..

    Dari: Messal – Batam

    • dear messal, tidak ada pantangan apapun. kemoterapi akan membuat efek samping hilangnya nafsu makan mual dan muntah.Jadi berikan makanan yang ibu anda suka , selama beliau dapat mengkonsumsinya.

  160. kl kanker tulang minum air rebusan kacang ijo boleh ga??

    • Selama pengobatan Medis sebagai pengobatan utama kanker telah anda jalankan, baik-baik saja mengkonsumsi rebusan kacang hijak, justru akan meningkatkan stamina anda, yang penting jangan pernah tinggalkan Pengobatan Medis.
      salam sehat CISC

  161. kanker tulang sudah kemo 6X.. radiasi 30X..
    dan kata dokter disuruh mengukur diameter benjolan tiap 1 minggu.
    sudah diukur selama 2 minggu mengecil 2cm.dan jadwal kontrol dokter 3bln lg.
    apakah itu tandanya sel kanker sudah mati?

    • Halo Nay, anggap saja si kanker sudah pingsan dan pikun sehingga tidak akan bangun-bangun lagi.
      Namun demikian sebagai survivor kanker kita harus terus waspada, karena bisa saja sewaktu2 kanker bisa bangun lagi, oleh krn itu terus lakukan kontrol tepat pada jadwalnya, shg kalau ada tanda-tanda dia akan bangun lagi, Dokter sudah tahu sebelum dia bangun betulan. ikuti anjuran Dokter dan jaga kondisi tetap prima dengan makan cukup gizi dan seimbang perbanyak buah dan sayur dan hindari Rokok dan lemak.
      salam sehat

    • dear naylil, kemoradiasi memang dapat mengecilkan beberapa sel tumor. namun demikian , pengecilan bukan berarti tumor sdh hilang. terkadang pengecilan diperlukan sebelum dilakukan operasi supaya batasan sayatan menjadi lbh kecil supaya morbiditas yang ditimbulkan jg jauh lbh ringan.

  162. ijinkan saya gabung digroup ini. saya harsono dri bolaang mongondow ibu saya menderita kanker payudara stadium lanjut sdh 2 kali kemoterapi tetapi blum ada perubahan jdi ibu saya sdh tidak mau melanjutkannya lagi. sekarang lgi dirawat di rumah sakit malalayang manado. klo menurut tmn2 semua apa yg harus saya lakukan??????????

    • Halo pak Harsono di Manado, di Manado juga ada CISC dan beberapa survivor. sebaiknya kemo terus dilanjutkan minimum 6X.
      silahkan hubungi Ibu Henny Sondah/survivor CA Payudara di HP 081340308619 mgkn beliau seusia ibu anda jadi bisa sharing.
      salam sehat CISC

  163. halo
    saya punya kenalan di jogjakarta seorang bapak paruhbaya sekarang saya berada di kalimantan
    kemarin saya tlp sama temen saya dan saya menerima kabar buruk dari teman saya klo bapak ini mengidap kangker otak. dan dokter sudah angkat tanang. dan mereka juga dari keluarga yg tidak mampu. tolong pencerahan nya bapak2 dan ibu2 sekalian. meskipun dokter sudah angkat tangan saya berharap ada sedikit mukzizat yg menghampiri.

    Terima kasih

  164. Sy Hananto Budhi, pekerjaan saya hanya seorang guru honor dengan penghasilan 800 ribu per bulan anak 2, istri saya terkena kanker payudara stadium 3, dah menjalankan kemo dan operasi bahkan dianjurkan harus terapi sinar, sampai saat ini segala barang sy sudah jual rumah, kendaraan demikesembuhan istri saya. Saat ini saya sudah tidak memiliki apa-apa bahkan rumahpun harus ngontrak mungkin melalui forum ini ada darmawan, donatur yang dapat membantu dapat datang langsung ke alamat kontrakan saya Kampung Sampora Lebak RT 4 RW 9 kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong Kab Bogor atau 087874020665/085285233487

  165. y Hananto Budhi, pekerjaan saya hanya seorang guru honor dengan penghasilan 800 ribu per bulan anak 2, istri saya terkena kanker payudara stadium 3, dah menjalankan kemo dan operasi bahkan dianjurkan harus terapi sinar, sampai saat ini segala barang sy sudah jual rumah, kendaraan demikesembuhan istri saya. Saat ini saya sudah tidak memiliki apa-apa bahkan rumahpun harus ngontrak mungkin melalui forum ini ada darmawan, donatur yang dapat membantu dapat datang langsung ke alamat kontrakan saya Kampung Sampora Lebak RT 4 RW 9 kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong Kab Bogor atau 087874020665/085285233487

    • Bapak Hananto yang budiman, semoga Tuhan memberikan kesehatan untuk isteri Bapak, tetap tawakal ya Pak dan terus support isteri Bapak supaya terus semangat, karena semangat adalah dasar utama dari keberhasilan pengobatan kanker, semoga Tuhan mengirim dermawan untuk kel Bapak, namun demikian usahakan meneruskan pengobatan isteri bapak sampai tuntas, cobalah Bapak mengurus Srt Keterangan tidak mampu membayar beaya pengobatan ke RT RW dan Dr Puskesmas, dengan membawa srt ket penghasilan Bapak + KTP + KK dan srt pengantar dari Dokter yang merawat isteri Bapak, dokumen ini untuk memperoleh Jaminan Kesehatan untuk pengobatan isteri Bapak.
      Semoga Tuhan memberikan kemudahan untuk Bapak dan keluarga. Amin
      salam kami CISC

  166. Sya Srinadi dari Bali, saya hanya seorang mahasiswa,
    Salah seorang dari tetangga saya terkena kanker payudara sejak lama, bahkan sampai saat ini kondisinya semakin parah. sekarang dia hanya memiliki satu payudara kerenan yang satunya sudah direnggut penyakitnya. Bahkan dia malu untuk keluar berbaur dengan tetangga yang lain karena penyakit yang dideritanya.
    Dia hanya tinggal bersama seorang anaknya yang masih muda, karena suaminya telah mininggal sekitar setahun yang lalu. Dia hidup paspasan sehingga dia tidak pernah memeriksakan ke rumah sakit kerena tidak punya biaya untuk pengobatannya di rumah sakit. Dia hanya bisa pasrah menerima keadaanya.
    Ingin rasanya saya menjadi bagian dari mereka, sehingga melalui forum ini besar harapan kami ada darmawan, donatur yang dapat datang membantu langsung ke alamat mereka Dsn. Linggasana, Ds,Bhuana Giri, Bebandem, Karangasem, Bali atau 085739180494

  167. dear all, saya baru melihat grup ini. sangat terharu karena memang support group sangat diperlukan bagi pasien kanker dan keluarganya. saya seorang dr bedah dgn kekhususan kanker kepala leher dan saya bersedia membantu bila kita sama2 punya pertanyaan untuk didiskusikan. salam, nina

    • senang Anda bisa bergabung disini, sebagai seorang dokter bedah kanker akan sangat membantu kami disini. Selamat Bergabung.
      salam hangat CISC

  168. Senang bs bergabung. Mg mg bs share informasi. Saya biasa membantu paliatif nutrisi utk mereka yg kanker
    Salam

  169. dear sahabat club cancer….
    saya ingin bergabung di cisc saya butuh bantuan untuk mensuvot adik saya yang masih kelas 1 smp yang sekarang di vonis kanker darah, bagaimana cara menyemangati adik saya yang sekarang di vonis kanker darah untuk tetap menjalani pengobatan dengan sabar, dan mau minum obat, saya sudah mensupotnya tapi setiap kali temannya meninggal sesama kanker darah, dia jadi sedih dan malas berobat.
    tolong beri solusi ya! :)

    • Bisa anda hubungi salah satu anggota CISC yang terkena leukemi pada usia 7 thn dan skrg sudah selesai kuliah, silahkan kontak dg Sdr Tulus HP 087788155597 atau silahkan beli Buku BERDAMAI DG KANKER karena Sdr Tulus juga salah satu narasumber dalam buku “Berdamai dengan Kanker” dg gamblang dia menceritakan pengalamannya bagaimana menjalani hidup dan berdamai dengan kanker.. bisa dipesan di CISC harganya Rp. 60.000 + ongkos kirim sesuai rate TIKI. dananya ditransfer ke rek Cancer Information and Support Center di Bank Mandiri cab Imambonjol Jakarta A/C No.: 122-00-0581879-7 dan copy bukti transfer dilengkapi dengan alamat lengkap di fax ke 021-7891233 up. Sri-CISC
      semoga adik anda terus semangat seperti sdr kami Tulus

  170. gmn ni cara gabung grup dsini?

    • Anda sudah bergabung Lilias, silahkan tulis saran, pengalaman atau pertanyaan seputar kankerdisini, tapi dilarang untuk berjualan apalagi jualan obat-obatan.
      salam hangat CISC

  171. Dear teman2 semua, ijinkan saya bergabung dlm komunitas ini dg maksud utk berbagai informasi,
    sebulan yang lalu kakak saya yang berumur 42 tahun dan tinggal di Bandung di diagnose kanker Usus yg sudah menyebar ke jantung, paru-paru dan tulang belakang (jadi sdh masuk stadium-4), karena tidak mau operasi dan kemo, jadi sejauh ini baru pake obat hebal. tapi 2 minggu ini kondisinya sangat lemah, HB nya drop sampai harus transfuse darah, juga diare akut, tiap makan pasti muntah, dan mental kakak saya ini juga drop bgt, dia sangat putus asa.

    Apakah ada temen2 survivor di bandung yg bisa membantu atau sharing pengalaman dengan kami, dan terutama utk memberikan semangat pada kakak saya..bahwa In Shaa Allah ada jalan untuk sembuh

    Trims
    (Risma)

    • mbak Risma coba hubungi Ibu Yanti/BCS hp No.: 08122120971 di Bandung
      salam

  172. Saya ingin membeli buku “berdamai dengan kanker”, setelah saya melakukan pembayarna ke acc mandiri CISC, apa ada nomer telepon yg bisa saya hubungi untuk konfirmasi pengiriman bukunya…?
    terima kasih

    • halo mbak Risma, kalau sudah transfer tolong copy bukti transfer dan tulis alamat lengkap kepada buku tersebut harus dikirim, fax ke 021-7891233 up.sri-cisc
      terimakasih

  173. dear risma, dgn tdk bermaksud mengecilkan, namun pada realitanya kanker usus yang sudah meta jauh di banyak tempat mmg kita ngga bicara soal sembuh lg. yang bisa dilakukan hanya ‘mempersiapkan’pasien untuk nyaman di saat2 terakhirnya, dgn kata lain diusahakan kalaupun meninggal dunia tanpa harus merasakan nyeri. kami dokter memang tdk bljr ttg herbal, namun di fase ini apapun yang pasien percaya ya lebih baik dilakukan. bila beliau percaya herbal bisa diteruskan, saya lbh suka pasien mulai dibimbing scr spiritual sesuai ahli agama masing2, untuk makan, akan ada saat beliau hrs dipasang selang lambung demi mendapat asupan. tp tanpa kolostomi, terdapat ancaman akan kembung yg mungkin tdk bs diapa2kan lagi. diet cair lebih baik. tp spt saya blg, akan ada saat memang terjadi sumbatan total yg tdk terhindarkan. untk nyeri, dokter anestesi dapat meresepkan morfin, krn mmg cuma morfin yg bs mengatasi. diare tdk bs dihindarkan, maaf.saya harap keluarga dapat tabah menghadapi ini semua. ini adalah saat dimana pasien membutuhkan keluarga di sampingnya. salam, nina

    • siang mb nina.. apakah kanker hati stadium lanjut kemungkinan untuk sembuhnya memang relatif kecil.. ayah mertua saya menderita sirosis stadium lanjut.. dan doketr yang menangani ayah saya juga sudah menyerah..
      apa yang sebaikanya saya lakukan.. jika ada alternatif pengobatan mohon sheer..

      • dear lilis, kanker liver stad lanjut mmg sulit sekali diobati secara medis. umumnya pasien akan meninggla dunia akibat adanya malnutrisi atau ascites (penimbunan cairan dalam perut). pada tahap ini, apapun terapi alternatif dapat dilakukan. Saya tdk dapat mengurai terapi alternatif apa saja karena mmg saya hanya belajar medis. Namun apapun yang pasien dan kalian percaya, di fase ini boleh dijalankan.

    • Dear CISC..saya Adistya dari Banjarmasin.saya ingin berbagi pengalaman mengenai Ibu saya yg juga menderita Kanker rektum yg sudah diidap beliau sejak Tahun 2011.Terima kasih atas pemaparan yg disampaikan Mba Nina yg akan mungkin Ibu saya hadapi di kemudian hari sehingga saya dan keluarga bisa mengantisipasi hal tersebut..Trims

      • dear adistya, senang dap[at membantu anda dan kel melalui hal ini. untuk kanker rektum, hal yg dapat tjd adalah akibat dr pertumbuhan kanker itu sendiri spt kembung, bab mampet atau berdarah, atau merupakan hasil penjalarannya mis ascites (perut membesar), sesak krn sdh ke paru, atau pegal di daerah ;punggung krn penyebaran ke tulang belakang.

  174. assalam mualaikum,.. Dear All,..
    mohon bantuannya,.. bapak ku menderita Kanker,..
    sakit cukup parah selama 8 tahun dan 2 tahun terakhir diagnosis dokter adalah kanker,…dokter udah menyarankan Kemo dan Radiasi,.. tinggal ini pengobatan terakhir,… tolong bantuannya,..adakah jalan lain selain kemo,….
    karna aku masih pengen bersama bapak ku dalam waktu yang lama,…
    terimakasih,…

    • Halo Caya, pengobatan kanker yang efektif saat ini adalah pengobatan Medis (Operasi – kemoterapi – radiasi- hormonalterapi dd), jadi sudah betul anjuran Dokter untuk kasus Ayahanda segera kemo & radiasi, supaya harapan hidupnya bertambah. jangan tergiur dengan pengobatan yang lain, karena secara ilmiah belum terbukti, yang akhirnya banyak pasien/kel yang kecewa karena penyakitnya bertambah parah.
      semoga pengobatan Ayahanda diberikan kemudahan dan berjalan dengan lancar. terus berikan dukungan dan semangat untuk menjalankan terapi.
      salam sehat CISC

    • dear cava, mungkin bisa dijelaskan kanker apa yang dimaksud. hal ini dikarenakan bbrp kanker memang tidak melulu harus dioperasi, bisa hanya dikemoradiasi spt nasofaring atau orofaring, atau bisa dilakukan kemo lalu operasi dan selanjutnya radiasi. kemoradiasi bukanlah merupakan terapi akhir bila tujuannya kuratif (menyembuhkan). akan menjadi terapi akhir bila dokter memberikannya dgn tujuan paliatif (tdk menyembuhkan dan hanya mengurangi gejala).

  175. Assallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Alhamdulillah saya bisa bergabung di komunitas CISC ini. Saya ingin berbagi pengalaman agar bisa jadi pelajaran buat sahabat2 lain yang sependeritaan. Paling tidak dengan bisa berbagi, saya bisa sedikit meringankan beban pikiran.

    Saat ini saya umur 65 tahun, di diagnose terkena Kanker Paru-paru (Adeno Karsinoma) yang menurut hasil pemeriksaan Rumah Sakit yang meliputi CT Scan, MRI dan Bronchoscopy sudah menjalar ke otak. Pada awalnya keluhan saya: tangan kanan kebas/ba’al tidak bisa digerakan dan punggung bagian atas sakit serta leher tidak bisa dipakai menengok sehingga dibawa ke Neurologist RS Premier Bintaro, karena dikhawatirkan kena Stroke.
    Pada pemeriksaan selanjutnyua yang dilakukan oleh ahli penyakit paru-paru (pulmologist) disarankan untuk dilakukan Bronchoscopy, hasilnya positive Kanker Paru-2 stadium lanjut (4) dan dianjurkan untuk dilakukan KEMOTERAPI. Pada awalnya saya sudah siap untuk di Kemoterapi, namun anak dan isterinya sangat khawatirkan jika hal itu harus dilakukan.

    Ahirnya hasil2 pemeriksaan dari RS tsb kami bawa ke RS PERSAHABATAN dan dikonsultasikan dengan Prof. Dr. Anwar Jusuf, SpP (Oncologist). Atas sarannya, preparat dari hasil bilasan dan sikatan bronchus, dikirimkan ke Laboratorium Patology Biomolekuler “KALGEN” untuk pengujian Mutasi Gen EGFR (Epidermal Growth Factor Receptor)
    Hasil uji EGFR dinyatakan POSITIP.
    Berdasarkan hasil uji EGFR tsb, disimpulkan bahwa pengobatan bisa dilakukan dengan Target Terapi, dengan meminum Tablet ‘IRESSA’ gefitinib dengan dosis 1 tab/hari. Terapi tsb akan memakan waktu antara 6 s/d 10 bulan. Saat ini baru berjalan 1 bulan, dan belum kelihatan hasilnya.

    Disamping dengan pengobatan medis, saya lakukan juga pengobatan HERBAL dengan meminum air rebusan daun SIRSAK pagi dan sore, memakan DAUN DEWA (Sambungnyawa) setiap kali makan serta TCM (Traditional Chinesse Medicine), dan belakangan atas saran rekan yang ibunya pernah menderita Ca, saya dibawakan Kapsul ekstrak Kunyit Putih.
    Khusus untuk TCM, kita jangan terbujuk oleh iklan2 di TV dan koran2. Karena kebanyakan TCM2 tsb sangat komersial sekali dengan biaya yang tidak sedikit, bisa jutaan rupiah sekali datang. Untuk itu saya berobat pada seorang dokter (chinese muslim) yang sudah melepas predikat dokternya dan menekuni terapi ini dgn biaya yang jauh lebih murah. (Mohon maaf saya bukan agen dari dr tsb, namun jika memang memerlukan akan saya sampaikan alamatnya dan no telpunnya di Cimanggis, Cibinong).

    Saya ikhlas menerima cobaan ini, bahwa manusia suatu saat cepat atau lambat akan menemui kematian. Namun saya juga akan tetap berusaha dan ikhtiar untuk sembuh. Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kecuali penyakit tua dan kematian.

    Semoga sharing saya ini ada manfaatnya buat komunitas ini.

    Wassallamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Sumarna di Bintaro.

    • pak sumarna, bagaimana kabarnya sekarang?
      saya evi, dari surabaya. Mau share dengan anda. Boleh pak?

      • saya indra istri saya menderita kanker payudara stadium 4 saat ini baru menjalani terapi hormon dengan disuntik Zoladex 3,6 g dan minum tamofent selama satu bulan sekarang sudah dilakukan penyutikan sebanyak 7 kali tetapi sampai saat ini lukanya masih mengeluarkan cairan dan sering merasa kesakitan karena ada luka di samping payudara kanan dan lebar…..langkah apakah dan obat apa menurut pengalaman dari teman2 untuk mengeringkan luka biar tdk keluar cairan terus dan menghilankan rasa sakit…

      • Sdr Indra, apakah sudah dibawa ke RS bag perawatan luka ? kebetulan sabtu besok tgl 14 Des jam 10.45 – 13 ada pertemuan support group kanker di Jl Imambonjol No. 51 Menteng, narasumbernya dr Maria dari team Paliatif RS Dharmais, silahkan anda ajak isteri untuk bisa sharing dan konsultasi dengan dr Maria apa yang perlu dilakukan dengan kondisi seperti isteri anda. semoga Tuhan memberikan kesehatan dan kemudahan untuk isteri anda. Amin.
        salam CISC

  176. Dear CISC.. Salam kenal, saya Mutia
    saya memiliki kakak sepupu, ia terjangkit Leukimia akut atau kangker darah, saya, keluarga, om dan tante selalu merasa sedih dan resah bahkan tidak ada support lagi untuk membangkitkan semangat Kakak sepupu, saya sedang mencari komunitas survival leukimia di bandung untuk bisa bertemu dengan mereka dan mengembalikan semangat Kakak sepupu saya dan keluarganya bahwa mereka dapat disembuhkan, ya setidaknya membangkitkan semangat mereka dan Kakak, karna saya sangat menyayangi mereka, mohon infonya serta saran apa yang harus saya lakukan menghadapi situasi seperti ini.. terimakasih :)

    • Di Bandung bisa kontak dengan ibu Yanti BCS=Bandung Cancer Society HP 08122120971, untuk pasien kanker darah yang survive dan sebagai salah satu narasumber dalam tulisan di Buku Berdamai dengan Kanker yg ditulis oleh Yanuarti Tanjung ada Sdr Tulus HP No. 087788155597
      salam sehat CISC

  177. Halo CISC, salam kenal… Nama sy deisy. Ijin gabung krn kebetulan ayah saya penderita kanker nasofaring. Setelah dikemo 8x dan di radioterapi 33x skrg tumbuh kanker lg dan didiagnosa limfoma. Jd aku pengen cari informasi ttg limfoma thx

    • Silahkan gabung Deisy, semoga Ayahanda mendptkan kemudahan dlm pengobatannya, lancar dan tidak tertunda.
      salam hangat CISC

  178. Salam Kenal semua. Saya dr. Yudith, dari Jakarta. Ibu saya baru saja terdiagnosa ca paru minggu lalu, jenis adeno ca. Baru terdeteksi setelah stadium 4. Langkah pertama yg saya lakukan adalah mencari komunitas atau support group, alhamdulillah ketemu dgn website CISC. Bagi tmn2 yg survivor kanker paru, atau keluarga dr survivor, boleh ya kita saling sharing :) bs hub saya di 08111004547. Atau boleh saya minta no kontak tmn2 dgn kasus yg sama. Terkait dgn rencana terapi bagi ibu saya, dimana prof yg merawat (ibu saya ditangani tim onkologi paru RS Persahabatan) memberikan pilihan antara 2 terapi, kemoterapi atau targeted therapy (Tarceva, dsb). Mgkn ada masukan dr tmn2 terkait pilihan terbaik berdasarkan pengalaman yg sdh dijalani. Trmksh banyak sblmnya.

    • Halo dr Yudith, senang anda bergabung disini. silahkan kontak dengan Ibu Megawati Hp 0811832594 atau pak Hendrata HP 082123293050 kedua beliau survivor ca paru stad 3 & 4. atau Pak Berthy HP 08128260749 stad 2.
      Silahkan bergabung dalam pertemuan supporrt group kanker CISC setiap Jumat terakhir jam 16.00-18.00 di lt.6 RS Mitra Kelapa Gading atau setiap Sabtu ke-2 jam 10.00-13.00 di Jl Imambonjol No.: 51 Menteng Jkt.
      Semoga terapi Ibunda bisa berjalan lancar dan diberikan kemudahan, tetap semangat.
      salam sehat CISC

  179. Saya sakit sirosis hati,saya sdh berkali2 di rwt di rs. Itu jg biaya dr asuransi kesehatan dr kantor,saya jg sdh coba berobat alternatif ke sana ke mari, tp ujung2nya butuh biaya ƔªϞğ besar, sedangkan saya saja sdh tdk bekerja 5 bln, istri saya jg sdh berhenti bekerja,karena tdk ada ƔªϞğ momong anak2 dan karena saya skt jg, jd dia hrs extra mengurus keluarganya! Saya mohon info apakah saya bisa dapat bantuan untuk biaya cangkok hati? Menurut medis saya bisa sembuh dengan cangkok hati atau mukjizat dr Allah, anak2 saya masih kecil, saya bingung kl sj saya sampai tdk ada umur, anak2 saya bagaimana, terutama ank sy ƔªϞğ pertama dia cacat, sejak lahir tulang tengkorak kepalanya 1/4 tdk ada hanya selaput tipis kelihatan otaknya, bola mata kirinya tdk ada, dan mata kanannya jg tdk sempurna layaknya org lain, prediksi dokter dia hanya bs melihat 10%, tp kita tdk putus tetap trs berdoa dan memohin agar Allah kasih jalan buat kami! Saya mohon infonya kl memang sekiranya bisa membantu saya! Terima kasih ! Salam erik

    • Kami ikut prihatin atas kondisi keluarga Anda, semoga Tuhan memberikan jalan terbaikNya. Amin
      Coba anda hubungi Dompet Dhuafa

  180. Bagi yang membutuhkan herceptin dan tykerb bisa hubungin saya di 08112110062.

  181. Selamat malam….salam kenal untuk pengelola kelompok ini. Saya ingin bergabung dengan kelmpok ini karena saya ingin mendapat informasi yang sebanyak2nya mengenai kanker usus 12 jari. Ibu saya didiagnosa menderita penyakit ini. Berdssarkan pemeriksaan dokter, melihat kondisi tumor, usia ibu saya (72 tahun) dan kondisi ibu saya, maka dokter memtuskan untuk tidak melakukan operasi. Saat ini kami merawat ibu di rumah. Walaupun dokter mengatakan usia ibu hanya antara 6 bulan – 1 tahun, namun kami berharap Tuhan memberikan penyembuhan. Mohon dukungannya. Terima kasih. Salam.

  182. Ass.. Slm kenal semuanya. Sya mahasiswi FE UEU di Jakarta. Sya senang sekali ketika tahu ada CISC. Ijinkan sya bergabung disini agar sya dpt lebih menambah wawasan sya mengenai kanker.
    Ayah sya divonis terkena Ca Colon tgl 24 Oktober 2013. Boleh sya sedikit cerita mengenai apa yg ayah sya alami?
    Ketika bulan Juni 2013 ia telah merasakan mules2 terus tapi BAB susah dan keluar hanya sedikit serta berdarah. sya ajak untuk periksa ke RS tetapi beliau tdk mau karena tkt ada apa2, kemudian beliau periksa ke dokter klinik, sudah 5 dokter klinik yg memeriksanya dan 3 kali USG tetapi hasilnya tdk ada apa2 hanya pencernaan saja, tdk ada tumor ataupun yg lainnya. 3 bulan berlalu tetapi yg dirasa ayah sya belum juga hilang, akhirnya beliau ke alternatif. Sudah 3 alternatif dan hasilnya berbeda2. Pda tgl 14 Oktober 2013 ayah saya muntah dan perutnya sakit luar biasa, ketika itu langsung dibawa ke RS Hermina Daan Mogot dan menjalani smua pemeriksaan, pda hari ke 2 di RS perut ayah saya tiba2 membesar, makin hari makin membesar seperti ibu hamil. Pda hari ke 3 ayah sya dinyatakan terkena tumor di usus besarnya dan disuruh operasi besoknya. Ayah sya blm siap dan msh ragu (ketika itu beliau blm tau penyakitnya). Kemudian ia meminta pulang, pda hri ke 4 siang hari kami pun pulang. Tapi, pda hari ke ke 5 ayah sya semakin tdk kuat, akhirnya ia pasrah dan menuju ke RS Cengkareng. Tgl 20 Oktober 2013 ayah sya dioperasi. Tgl 24 Oktober 2013 hasil PA dri bungkusan usus yg dipotong keluar dan dinyatakan Ca Colon ganas. Tgl 2 Desember 2013 beliau menjalani kemoterapi pertamanya, dan hari ke 3 dri awal kemoterapi ia merasa mual dan muntah (hanya 1 kali) dan hari ke 4 mulai merasa lemas serta hilang nafsu makan.
    Sekian cerita yg dpt sya bagikan. Semoga bermanfaat.

    Pesan dri sya untuk semua pembaca : jika terjadi keluhan di dlm diri anda terasa aneh dan sudah diperiksa 2 dokter klinik tetapi blm jga sembuh, segeralah periksa ke RS sebelum terlambat karena yg ayah sya alami ini hampir terlambat, telat 1 hari sja mungkin ayah sya sudah tiada.

    Terimakasih
    089601956014

  183. Slmt malam,salam kenal
    Saya ingin mngtahui pola hidup apa saja yg harus d lakukan untk penderita tumor paru stadium 4?org tua saya di diagnosa dokter menderita tumor paru stadium 4,macam2 pengobtn sudah d coba,sampe jalan kemoterapi pun sudah d jalani,tetapi belum ada perubahan,ada kah saran dari kk sekalian untuk problem saya?apa yg harus saya lakuak agar tidak salah kaprah dalam merawat orang tua saya,terima kasih

  184. selamat malam saya indra istri saya istri saya menderita kanker payudara stadium 4 saat ini sedang menjalani terapi hormon yaitu suntik zoladex 3,6 g setiap bulan dan minum tamonfen 20g sekarang ini sudah menjalani suntik selama 7 kali tetapi luka masih mengeluarkan cairan dan sering merasa kesakitan padahal dilihat dari hasil lab untuk penanda tumor mewngalami penurunan dari awalnya CA 192,9 <=31.3 sekarang turun mjd 147.5 Tetapi sampai dengan saat ini cairan msh terus keluar dan sering merasa kesakitan langkah apa yg tepat untuk mengobati supaya cairan tdk keluar dan tdk kesakitan lg…terimakasih

  185. Salam kenal, saya ingin bergabung di CISC karena ingin mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kanker, sekitar 1,5 th yang lalu ibu di diagnosa kanker serviks, saya ingin menanyakan benarkah jika kanker memasuki stadium 4, tdk ada tindakan medis yg bisa dilakukan? selama ini ibu menggunakan pengobatan alternatif, meski pun sejauh ini dari pengobatan tersebut belum menunjukkan progress yg signifikan tetapi ibu masih bersikeras menjalani terapi tersebut, mohon informasinya, terima kasih….semoga kita smua senantiasa diberikan kesehatan…amin

    • Mbak Dwi, jika pengobatan alternatif tidak ada manfaatnya kenapa diteruskan ? Cobalah kembali ke pengobatan Medis, karena pengobatan Medislah yang sudah melalui uji klinis yang meyakinkan. coba ajak bicara ibu anda, semoha diberikan solusi yang memudahkan untuk pengobatan Ibu anda. Amin
      salam sehat CISC

  186. doa bersama untk kesembuhan “Alfi Nur”(usia 7 tahun, penderita talasemia aplastic) yang saat ini sedang kritis berjuang melawan sakitnya.
    Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih teriring jazakumulloh ahsanal jazaa’.mau tanya adakah cara penyembuhan penyakit ini karena adik kami tercinta

  187. Salam kenal,
    saya bersahabat dengan kanker sejak tahun 2011. Sampai hari ini saya lalui hari2 saya dengan terapi & terapi… hasilnya saya masih tetap bisa bekerja & beraktifitas.. meskipun stamina tidak seperti dulu saat sebelum bersahabat dengan kanker.

    • Mbak Nunik selamat ya, terus bagikan pengalaman Anda pada sekitar anda sebagai bentuk kepedulian kita akan bahaya dan resiko kanker, dan pengobatan yang tepat untuk kanker.
      salam hangat CISC

  188. Dari Ramli,
    Salam kenal, nama saya Ramli Setiawan dari Kab. Bungo Provinsi Jambi. Kakak kandung saya terkena kanker payudara dan sudah operasi di Provinisi Sumatera Barat dan sudah melakukan kemoterapi seperti sebagaimana disarankan oleh pihak dokter, dan sudah mengikuti semua petunjuk dari dokter. Tapi kenapa sekarang timbul cairan yang menyebabkan paru-parunya terendam cairan tersebut, sehingga sulit untuk bernafas. Itu terjadi setelah melakukan kemoterapi selama 1,5 tahun. Sementara ini dibawa ke Rumah Sakit Darmais Jakarta. Padalah pada Operasi pertama dan kemoterapi di Sumatera Barat biayanya sudah besar. Apalagi sekarang harus berobat lagi. Mohon bantuannya. Terima kasih.

    • Pak Ramli, coba didaftarkan BPJS supaya biayanya agak ringan. memang kasus kanker, apalagi pada stadium yang tdk dini lagi, beberapa kemungkinan masalah yg ditimbulkan bisa terjadi, jangan putus asa terus ikuti protokol terapi yang disarankan, pengobatan di Dharmais sudah benar supaya lebih bisa ditangani, banyak kasus seperti isteri anda dan banyak yang survive. terus berobat, jika memerlukan tempat menginap bisa tinggal dirumah singgah sederhana kami di jln anggrek nelimurni IIC No. 41 slipi diseberang Dharmais. Semoga Ibu terus semangat dan berhasil melewati perjuangan melawan kanker.
      Salam semangat dari kami CISC

  189. Sob… Mohon info dong tentang kanker nasofaring… Saya mengalami tbteroid sejak 3 tahun (november2012). Waktu itu say minum obat tb selama 3bln wetelah itu sy berhenti… Pada 2.5tahun saya mengalami dahak berdarah tp itu saya dapat dari dahak sekitar hidung… Awalnya darah itu tidak sering…namun selama sebulan ini darahnya sering keluar dan cenderung agak hitam… Setelah cek gejalanya di web2 sepertinya saya terkena nasofaring dari berbagai tanda dan oleh dokter tht jg menyimpulkan demikian… Sob mohon syarannya… Aku kemaren mendengarnya saja sdh lemas… Bingung… Pusing yang karena sakit semakin pusing… Mohon penjelasan dan gambaran dan syaran sob… kalau yang jakarta ada ngga ya? oo iya saya kepikiran terus soal biaya.

    • Chandra yang sedang gelisah, kenapa bingung, ayo semangat. langkah awal untuk mengantisipasi beaya yg tinggi daftar dulu KJS/BPJS DKI, bawa KTP, KK & pasfoto 3×4.
      sambil segera konsul ke RSCM atau Dharmais kalau di Jkt. ikuti pertemuan rutin para survivor kanker, di CISC banyak sekali pasien nasofaring yang sudah selesai terapi, bisa anda hubungi untuk sharing. silahkan hub Ridwan 08128080314, Atun 0817898891, Harling 0811188078. semoga bermanfaat.
      Salam sehat CISC

      • Bagaimana sih meyakinkan kita agar mau melakukan biopsi, kemo dsb… Sedang tempat lain menawarkan pengobatan lain dengan atau tanpa medis… Bagaimana dengan kemoterapi herbal. Apa ada? Karena saya dihadapkan dengan berbagai pilihan. Dan pilihan itu penuh resiko…

      • Chandra, sebagaimana telah bbrp kali kami sampaikan, sampai saat ini pengobatan kanker yang utama dan yang sudah melalui uji klinis ttg keberhasilannya adalah pengobatan medis, operasi – kemoterapi – radioterapi – hormonalterapi, yang mana untuk menentukan protokol terapi yang tepat diperlukan biopsi (pengambilan contoh jaringan) untuk diperiksa di PA.
        kemoterapi herbal boleh boleh saja, namun sifat herbal hanya sebagai penunjang terapi belum bisa menyamai kecepatan kerja dari obat kemo yang biasa digunakan secara medis, sedangkan kanker harus kejar-kejaran dg waktu.lebih cepat lebih baik.
        semoga bermanfaat.
        salam CISC

  190. Ada y pengalaman mengkonsumsi daun sirsak ga?lg btuh fakta y jelas..

  191. Saya ada anak survivor kanker, Ibu saya meninggal di tahun 2002 akibat kanker rahim. Dan baru2 ini ayah saya tahun 2014 jan 30. Meninggal setelah 15bulan, menderita kanker paru2… Berbagai pengobatan sudah di lakukan, terapi sinar… allah punya rencana yang indah buat kami sekeluarga…

    • Kami ikut berduka atas Ayah dan Ibu anda tercinta, semoga beliau tenang disana.
      Sebagai orang yang masuk dalam faktor resiko terkena kanker, karena ayah ibu anda, sebaiknya anda waspada dengan menjalankan POLA HIDUP SEHAT dan melakukan deteksi dini kanker. Namun jangan kawatir kanker bukan penyakit turunan.
      salam hangat CISC

  192. Yang terhormat pengelola saya ingin bergabung di sini

  193. Yth. CISC
    saya ingin bergabung dlm CISC
    gmn caranya ya? Sy tinggal di sby

    • mbak Linda, untuk surabaya silahkan kontak mbak Wahyu dwijanti 08123519235, atau Rika 085732045755

  194. dear CISC
    ada info untuk CISC Surabaya ada dimana?

  195. Selamat Malam,
    Istri saya pasien kanker payudara stad 3B, sekarang sudah stad 4. mohon info bagaimana cara bergabung dgn komunitas di Sampit Kalteng. Support mental dan psikis sangat dibutuhkan istri saya agar selalu semangat melawan kanker ditubuhnya.

    • Di Kalteng belum ada Pak, tapi di Kaltim ada silahkan hubungi mbak Retty 08195568866 atau silahkan bergabung di FB CISC INDONESIA disitu isteri anda bisa sharing dengan banyak pasien. semoga bermanfaat.
      salam semangat CISC

  196. Salam kenal saya martha. Saya adalah penderi ca paru yang sdh menjalani 11 kali kemo. Saya dan suami sangat kuatir sekali memikirkan biaya kemo saya yang sangat mahal, yaitu 18 juta setiap bulannya, di mana saya masih mempunyai anak yg msh kecil ( 4 thn dan 2,5 tahun ). Saya sdh coba menggunakan fasilitas bpjs dan ternyata tidak bisa. Saya mohon infonya untuk bisa mendapatkan bantuan pengobatan? Thanks atas perhatiannya…

    • Mbak Martha coba hubungi Yayasan Kanker Indonesia dengan membawa KK KTP srt pengantar dari Dr Ongko dan resep asli, dan kartu BPJS, srt permohonan dan ceritakan perihal kel anda, semoga bisa mendapatkan bantuannya.
      salam semangat CISC

  197. silahkan tulis surat ke cisc melalui email cancerclubcisc@gmail.com atau bawa langsung kepertemuan support group kanker cisc tanggal 14 Juli 2012 jam 10.00-12.00 di jln imambonjol no. 51 jakarta ketemu sri.
    trims

  198. salam kenal… Sy dewi 30th,br saja operasi ca mamae stdm 1/2. Saat ini sdg persiapan utk menjalani kemo yg pertama minggu dpn. Dokter blg, ca sy disebabkan krn genetik.. Mhn info, mgknkah suatu saat nanti bs muncul ca di organ tbh yg lain,mengingat penyebabnya adlh bwaan gen.. Mohon info jg alamat CISC yg di semarang dimana ya? Mksh…

  199. Halo Dewi, faktor genetik pada kanker hanya dibawah 10% mgkin anda termasuk didalamnya.
    sifat kanker memang unik, tidak bisa diprediksi sebelumnya, kapan dia hilang dan kapan dia datang. penyebab utama kanker juga belum diketahui dengan pasti, yang diketahui baru faktor resiko terjadinya kanker, oleh karena itu untuk menghindari dan mencegah kekambuhan sebaiknya menghindari faktor resiko, dengan POLA HIDUP SEHAT a.l. jangan merokok (pasif/aktif), hindari makanan yang mengandung P4(perasa,pengawet,pewarna, pengawet), OR teratur dan selalu waspada kontrol teratur pasca terapi sesuai jadwal jangan pernah ditunda. untuk CISC Semarang silahkan hubungi ibu Naning 08122552220 setiap 2 bln sekali mengadakan pertemuan support group di RS Telogorejo Semarang.

  200. dear dewi, kanker payudara memang selalu dikaitkan dengan gen BRCA, yang mungkin pernah anda baca saat angelina jolie memutuskan untuk memutilasi kedua payudaranya walau belum menderita kanker namun gen positif. Hingga kini, peran gen ini masih dipelajari, karena memang penyebab kanker terlalu kompleks. Kelainan gen akan terasa kuat apabila di dalam keluarga terdapat penderita kanker yang cukup banyak. Yang diturunkan mungkin bukan kanker yang sama, namun bisa dalam kanker berbeda. Yang berhubungan dekat dgn kanker payudara adalah kanker endometrium (ddg rahim). Radiasi yang dilakukan pada kanker payudara juga mengandung resiko kanker paru. Namun seperti saya bilang, semua hal ini belum terlalu jelas insidennya, Cukup lakukan follow up teratur selama menjalani terapi.

  201. Mohon sarannya, ibu saya sakit ca pankreas sudak kemotrapi 8x n radiasi 30x . Sudah operasi by pass krn kankernya tidak bisa diangkat. Setelah 2.5 thn pas kontrol 6 blnan hasil lab n ct scan nya tidak bagus kankernya membesar lagi. Dokter menyarankan untu pet scan. Mohon info nya utk dokter specislis ca pankreas dijakarta. Terima kasih

  202. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Saya senang sekali bisa bergabung di komunitas ini. Banyak sekali manfaatnya bagi para penderita kanker. Saya ingin berbagi pengalaman untuk meringankan beban pikiran.

    Saya laki2 usia 65 th. Saat ini saya di diagnose terkena penyakit Kanker Paru (Adeno Karsinoma) yang menurut hasil pemeriksaan baik CT Scan maupun MRI sudah infiltrasi ke otak. Hal tersebut diketahui selama saya dirawat di RS Premier Bintaro sejak tanggal 11 September 2013 selama 8 hari dengan keluhan tangan kanan kebas tidak bisa digerakan dan punggung bagian atas sakit.
    Pada awalnya saya dirawat oleh Neurologist karena saya kira kena stroke ringan, namun akhirnya setelah diketahui penyakitnya dikonsultasikan dengan Pulmologist yang terahir harus dilakukan bronchoscopy untuk mengetahui lebih detail. Dan di RS tsb saya dianjurkan untuk dilakukan Kemoterapi.
    Sebelum saya memutuskan untuk kemoterapi, saya mencari dokter lain dan saya konsultasi dengan Prof. Dr. Anwar Jusuf. Beliau adalah Onkologist dari RS Paru Persahabatan. Atas sarannya, specimen dari hasil bilasan dan sikatan bronchus, dikirimkan ke Laboratorium Patology Biomolekuler “KALGEN” untuk penujian Mutasi EGFR (epidermal growth factor receptor). Hasilnya dinyatakan Positive.
    Saat ini terapi yang saya jalani adalah ‘Target Therapy’ dengan meminum tablet ‘Iressa’ gefitinib sehari sekali. Terapi ini sudah saya jalani selama 1 bulan dan harus saya jalani sampai sembuh. Biasanya memakan waktu 6 sampai 10 bulan. Namun disamping itu saya juga ikhtiar dengan terapi nonmedis seperti herbal dengan meminum air rebusan daun sirsak setiap pagi dan sore, makan lalapan daun dewa (sambung nyawa) pada setiap kali makan dan TCM (traditional chinesse medicine).
    Untuk TCM, kita jangan tergiur dengan iming2 seperti yang diiklankan baik di TV maupun suratkabar. Hal itu hanya akan mengeruk uang kta yang menurut kabar sampai berbiaya jutaan rupiah. Yang saya lakukan adalah TCM pada seorang dokter chinesse muslim yang sudah menanggalkan profesi dokternya. Bila ada yang tertarik akan saya berikan alamatnya di Cimanggis, Depok.

    Secara medis belum kelihatan hasilnya, namun saya merasa yakin dengan pengobatan tersebut. Yang pasti dan saya rasakan, saya merasa segar bugar tidak merasakan ada keluhan yang berarti, kecuali tangan masih merasa suka kesemutan.
    Insya Allah saya ikhlas dalam menghadapi kenyataan ini dan apapun yang akan terjadi akan saya hadapi, tanpa melepaskan diri dari usaha dan ikhtiar. Semuanya adalah milik Allah swt dan kita suatu saat akan kembali juga kepada Nya.
    Semoga semuanya yang saya lakukan mendapatkan ridho Nya. Aamiin.

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Sumarna di Bintaro.

  203. dear lisa, operasi by pass umumnya dilakukan sebagai cara alternatif apabila akan sesuatu hal maka pasien tdk dapat dilakukan operasi pengangkatan tumor yg ideal. dengan kata lain, hal ini dimaksudkan untuk ‘melancarkan’aliran empedu, namun tdk dilakukan pengangkatan tumor. shg scr singkat, tumornya mmg blm diapa2kan. dilakukan pengobatan secara kemoradiasi, namun dlm hal ini dapat tjd bbrp hal. pertama, tdk tjd perubahan sama sekali (no response), terdapat respon parsial (< 50 persen tumor mengecil), terdapat respon komplit (lebih dr 50 persen) atau terdapat peningkatan ukuran tumor dibanding sblmnya (progresif). kalau dilihat dr hasil ct yg katanya tdk bagus, maka yg mungkin tjd adalah tdk berespon atau respon progresif. dokter bedah dan radiasi kemo akan menentukan terapi selanjutnya. saya bkn ahlinya di bid ini. namun umumnya, reradiasi tdk dilakukan. idealnya mmg operasi, bila msh dpt diangkat mungkin. namun bila tidak, maka hanya diberikan kemoterapi yg bersifat paliatif, yg tdk menyembuhkan. bbrp dokter digestif dapat anda temui. dokter toar di rscm menekuni bidang hepatobilier, jd mungkin anda dapat berkonsultasi ke beliau. semoga seluruh kel diberikan ketabahan.

  204. Dear CISC,
    Saya Rahmi, mama saya baru didiagnose CA sel (multyple Myloma)
    Saya Baca, jarang sekali yang memiliki diagnose sama, sehingga bagaimana saya bisa mendapatkan tempat sharing yang tepat untuk pendampingan dan penangan Ca tsb?

    Saat ini mama saya baru menjalani kemo pertamanya, dan selepas kemo kondisinya sangat memprihatinkan karena susah sekali makan dan lemas.

    Kami keluarga sangat membutuhkan saran bagaimana dan apa yang harus kami lakukan?

    sedangkan dokter yang menangani mama dan spesialis ca tsb di Surabaya hanya ada 2, dan beliau berdua sangat sibuk untuk kami hubungi setiap saat..

    Sedih sekali kami awam dan bingung dalam menghadapinya..mohon bantuan..

    Mohon info juga dimana CISC Surabaya? dari info diatas, sudah saya hub cp CISC Surabaya a.n Wahyu tidak bisa saya hub dan tidak membalas sms saya..

    Terimakasih,,

  205. assalamualaikum Pak..

    semoga diberikan kekuatan untuk bapak dan keluarga.
    boleh minta info tentang TCM yang bapak sdh jalani?

    terima kasih

    Mela, surabaya

  206. Salam kenal Bp.Sumarna, saya ada Iressa 250mg sisa 9butir. Siapa tau bapak berminat, saya jual dgn harga 6,5jt.
    Nama saya Lia, nomor HP: 0812-3514-2490
    Trima kasih.

  207. Yth Moderator, maaf tanpa sengaja dobel post. Maklum internet connection saya tadi putus2, jd saya kira post yg pertama gagal.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 167 other followers

%d bloggers like this: