** Kebersamaan Sebagai Terapi Psikososial Bagi Penderita Kanker **

October 28, 2007 at 9:08 am | Posted in Tentang Kanker | Leave a comment

Oleh: Yuniko Deviana – CISC

Mengapa kanker menimbulkan gejolak psikis dan sosial bagi penderita? Ternyata, kanker masih sangat mudah diasosiasikan dengan kematian, penderitaan, beaya mahal, pengobatan jangka panjang yang melelahkan dan akibat terapi yang tidak nyaman. Sebagian orang yang mengalaminya terkadang tidak mampu mengusir pemikiran tersebut yang akhirnya menimbulkan kekuatiran dan kecemasan psikis dan dapat berdampak sosial bagi penderita dan orang di sekitarnya. Sebagian yang lain mampu menyikapinya lebih positif dengan melihat adanya hikmah di balik sakit sehingga gejolak psikososial tidak berdampak buruk.

Gangguan psikososial yang dibiarkan berlangsung lama akan menyulitkan penderita kanker dalam menjalani kehidupannya dan memenangkan pertarungan melawan kanker. Salah satu terapi yang dapat dilakukan adalah dengan kebersamaan berupa dukungan dari orang-orang lain yang berada di sekitarnya. Kebersamaan akan membantu mengurangi ketakutan akan penyakit kanker.

Dukungan keluarga terdekat baik suami/istri, anak, orang tua, saudara sangat berperan dalam membantu penderita mengatasi ketakutan dan kekuatirannya.Dukungan dari dokter, paramedis dan konselor medis berupa empati dan pemberian informasi memadai akan mampu lebih menenangkan penderita. Tak kalah penting adalah peranan teman-teman senasib (peers) yang mampu memahami kondisi penderita, memberikan pendampingan dan menghembuskan optimisme sehingga penderita merasa tidak sendiri dan memiliki harapan yang realistis. Sebagian penderita membutuhkan pendampingan rohani dari orang-orang yang dapat membimbingnya agar hubungan vertikal dengan Tuhan tetap terjalin.

Dukungan kebersamaan dapat berupa kedekatan fisik dan non fisik. Kedekatan fisik berupa kegiatan mendampingi, menemani, mengantar, memeluk, menyentuh, dan lain-lain. Menemani dan mendampingi pada saat penderita memerlukan; mengantar berobat dan konsultasi ke dokter dan rumah sakit; memeluk dan memberi sentuhan kasih pada saat penderita merasakan kecemasan dan kekuatiran yang mengganggu; mendengarkan keluhan dan harapan tanpa prasangka dan sanggahan; dan lain lain. Tidak selamanya kedekatan fisik dapat dilakukan. Karena keterbatasan waktu, jauhnya lokasi, kesibukan, dan keterbatasan lain mengakibatkan kebersamaan diwujudkan dalam bentuk kedekatan non fisik. Kedekatan ini dapat berupa perhatian yang ditunjukkan dengan misalnya menelepon atau mengirim SMS, memberikan info yang dapat membantu, memberi dukungan semangat, membantu mempermudah akses, memfasilitasi agar keinginan terpenuhi, membantu mengurus kepentingan penderita, memdoakan, dan lain-lain.

Segala dukungan kebersamaan perlu dilakukan dengan motivasi positif dan optimisme, empati, kemampuan untuk mempengaruhi dan komunikasi efektif agar dapat mengurangi kekuatiran penderita dan meningkatkan kualitas hidupnya. Peningkatan kualitas hidup dipercayai dapat meningkatkan imunitas tubuh yang diharapkan dapat memperbaiki angka harapan hidup. Kebersamaan efektif akan tercapai jika penderita dan orang di sekitarnya saling terbuka dan memahami satu sama lain dipadu dengan toleransi dan sikap positif sehingga tidak mudah tersinggung dan menyinggung satu sama lain. Keterbukaan akan membuat semua pihak tidak memiliki harapan berlebihan yang sulit tercapai.

Bagaimanapun, penderita kanker berhak menjalani hidup berkualitas, berarti dan bersemangat sepanjang hidupnya. Tidak merasa sendirian dengan tetap membiarkan mereka berinteraksi sosial sebaik mungkin dengan orang lain. Dibutuhkan kepekaan dan kepedulian orang orang di sekitar penderita agar kebersamaan sebagai salah satu upaya terapi dapat terwujud.

Salam CISC
Oktober 2007

Topik akan dibawakan dan didiskusikan oleh CISC di acara penyuluhan kanker, 6 November 2007 di Ruang Serba Guna Lt. 2 RS Kanker Dharmais, jam 10.00 – 12.00

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: