48 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ass wr wb.
    Dok saya punya bibi kira umurnya kurang dari 40 tahun.
    Dulu punya benjolan di payudaranya tetapi sudah dioperasi. sekarang sudah 2 tahun ini tumbuh kembali, warnanya mera, puting kedalam, gatal, punggung tangan sudah sakit. sekarang sudah sakit semua, bahkan gerak pun sakit, benjolannya keras sekali seperti batu.
    kata dokter ini sudah stadium 3b, tetapi itu hanya perkiraan saja karena dokter belum melakukan observasi. dari keluhan2 di atas mungkinkah bibi sudah sudah terkena kanker stadium 3b???
    adakah biopsi yang tidak dibelek???kata sodara saya katanya ada yang sedot cairannya melalui payudara???
    kalau ada, apakah di Bandung ada ????
    Biaya nya sekitar berapa???
    Karena bibi saya tidak mau yang dibelek.
    terma kasih dok sebelumnnya. saya haeap dokter menjawabnya dengan cepat karena saya sangat memerlukannya.

  2. Dear Ela,
    Ada FNAB fine needle aspiration biopsy untuk mengambil sedikit sel kanker atau jaringan. metode biopsi apa yg akan diambil akn ditentukan dokter onkologi sesuai dgn kondisi pasien. kalau prosedur operasi sudah tepat dan ketrampilan mupun kecermatan dokter ahli sudah baik tentunya kita boleh berharap bahwa resiko akan minimal.

    Stadium dapat ditentukan setelah pemeriksaan PA jaringan dan pemeriksaan lain telah dilakukan.

    Doa kami untuk bibi, ela dan keluarga.

    Salam CISC

  3. sodaraku di payudaranya ada benjolan yg udah dioperasi. waktu itu besarnya 15x10x6 cm.
    menurut hasil PA nya DCIS grade 3 & invasif grade 1. jd itu maksudnya masih stadium 0 (krn msh DCIS)ato stadium 1 sih?
    kalo skrg CEA nya 0,96 & Ca 15-3 nya 16, masih ada kemungkinan kambuh ga? biasanya berapa lama/brp tahun kemudian?
    kalo udah sempet dioperasi gitu, selain tes lab, tes apa lagi yg perlu dilakukan? kapan & dimana?
    makasih…

  4. assalamu a’laikum
    langsung saja saya punya benjolan kecil di pauyudara tapi belum cek ke dokter apa itu kanker payudara?tapi tidak sakit sama sekali trimkash

    • Novi,

      Sebaiknya segera ke dokter bedah onkologi untuk diperiksa lebih lanjut. Belum tentu itu adalah kanker, mungkin saja tumor jinak atau sebab lain. Karenanya segera ke dokter yha.

      Salam CISC

      • Dok, apa bedanya kanker payudara dengan tumor jinak. apakah kalo tumor jinak tidak perlu dibuang/disembuhkan?

      • Kanker adalah tumor yang ganas. Kalau tumor jinak tidak akan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Tergantung lokasi, ukuran dan jenisnya, maka dokter akan menyarankan apakah tumor sebaiknya dibuang atau dibiarkan saja. Biasanya walau jinak, dokter akan meminta untuk memonitor setiap interval waktu tertentu.

        Salam CISC

  5. ASS…ibu saya menderita kanker payudara stadium 4 dan sekarang sedang menjalani kemoterapi sebanyak 6 X..yang saya tanyakan selain kemoterapi adakah obat atau pengobatan selain kemoterapi dan bagaimana menjaga kondisi selama menjalani kemoterapi selain makanan karena hb selalu turun sebelum kemoterapi atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

  6. dok,ibu saya terkena kanker penyudara disebelah kiri, sekarang kondisi panyudara sudah mengecil tetapi lukanya belum sembuh dan terkadang terasa perih. sekarang tangan kirinya malah membengkak dari bahu sampai jari,dan badan mengurus. tergolong stadium berapa penyakit ibu saya? apakah pembengkakan pada tangan tergolong kanker yang menyebar? terima kasih

    • Hi Haris,
      Mendengar riwayat penyakit yg mama alami saat ini, sebaiknya mendapat konsultasi dan advice dari dokter bedah onkology.
      Sebelum berbicara mengenai pengobatan dan stadium dari cancer yg diderita diperlukan bbrp pemeriksaan penting utk membantu menilai keadaan umum dan kondisi fisik pasien (dgn melakukan pemeriksaan darah dasar termasuk tes fungsi hati, elektrolit dan kadar calcium darah pasien),selain menentukan jenis dan stadium cancer,yg tentunya akan sangat mempengaruhi pilihan terapi yg cocok dan rasional yg bakal diterima oleh pasien tersebut.
      Dalam menentukan stadium dan treatment selanjutnya dibutuhkan beberapa pemeriksaan pendahuluan termasuk riwayat penyakit, pemeriksaan fisik daerah setempat (payudara, kelenjar getah bening ketiak,daerah tulang selangka dan bagian tengah dinding dada). Biopsi jaringan (biopsi jarum halus, core biopsi) akan menentukan jenis cancer/ sub type cancer termasuk status reseptor hormonal yg akan menentukan apakah pasien tersebut mempunyai peluang utk mendapatkan terapi hormonal yg sesuai dgn status menstruasi pasien saat itu( premenopause/ menopause atau perimenopause). Selain hal tsbt diatas jg dibutuhkan pemeriksaan bantuan berupa x-ray yg meliputi chest x-ray (rontgen dada) untuk melihat adanya penyebaran ke jaringan paru2 atau terdapatnya cairan abnormal yg volumenya melebihi kapasitas normal rongga pleura sehingga akan menyebabkan kesulitan bernapas bg pasien tertentu ( tergantung jumlah dan kemampuan adaptasi pasien).Sementara utk mendeteksi penyebaran ke organ lainnya diperlukan CT-Scan yg meliputi daerah dada (utk menilai kondisi jaringan paru2, melihat adanya cairan dlm rongga pleura termasuk pembesaran kelenjar getah bening disekitar ketiak, paru, pembuluh darah besar daerah dada, perut dan panggul), CT-scan perut ( menilai kondisi hati, limpa, ginjal dan adrenal) serta CT-scan rongga panggul( untuk menilai keterlibatan organ reproduksi wanita spt indung telur,rahim dan lain2. Pada kasus tertentu terkadang dibutuhkan CT-scan otak dan tulang sesuai dengan gejala yg ada pada pasien.
      Sejauh ini, dari kasus yg saya temui bbrp diantaranya mendapat penyebaran ke usus, kandung kemih tmsk mata dan spinal cord dari tulang belakang.
      Adanya pembengkakan lengan pd penderita kanker payudara, bbrp hal dpt menjadi kemungkinan penyebabnya antara lain penekanan sal limfe akibat dari pembesaran kel limfe daerah ketiak, adanya proses fibrosis setelah radiasi atau operasi pengangkatan payudara yg disertai oleh diseksi kelenjar limfe daerah ketiak.
      Untuk penyebab yg pasti saya sarankan untuk membawa mama ke Ahli bedah onkology yg terdapat di berbagai RS di Jakarta dan sekitarnya.
      Best regards
      Alfiah Amiruddin

  7. Haris,

    apakah Ibu sudah ditangani dokter bedah onkologi? Untuk mengetahui stadium harus diketahui ukuran tumor, dan ada tidaknya sebaran ke kelenjar getah bening atau sebaran jauh. Penyebab bengkaknya tangan juga harus dipastikan melalui pemeriksaan apakah memang akibat adanya kanker.

    Salam CISC

  8. Assalamu’alikum

    Saya gadis berumur 20 tahun, tapi saya memilki benjolan di daerah dekat puting , apabila diraba kedalam terasa ada bulatan keras , dan apabila ditekan dari luar ( kulit ) jua terasa lebih keras dari kulit payudara lainnya. Saya belum periksa ke dokter. Dan sepengetahuan saya keluarga saya juga tidak ada yang pernah mengidap kanker payudara. Jadi, apakah di usia saya yang masih 20 tahun ini , ada kemungkinan terkena kanker payudara ya.., ?? dan saya harus bagaimana ?? terimaksih atas bantuannya.

    Hana

    • Dear Hana,

      Sebaiknya Hana segera ke dokter yang biasa menangani Hana atau keluarga. Agar bisa diperiksa dan dirujuk untuk pemeriksaan lanjutan jika perlu.

      Hana tinggal di daerah mana? Atau bisa juga langsung ke dokter bedah onkologi di rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal Hana.

      Salam CISC,

      YD

  9. dok saya gadis berumur 26th.saya baru mengetahui kalau saya mengidap kanker payudara setelah selama ini saya mengabaikan keluhannya.selama ini saya merasakan nyeri pada payudara sebelah kanan,puting berwarna coklat tua dan putingnya masuk kedalam.benjolannya sudah sangat besar,hampir sebesar telur.menurut dokter saya sudah mengalami stadium brp?karna saya merasakan keluhannya sudah sangat lama, hampir 10th,sewaktu saya masih SMU.selama itu saya mengalami berbagai penyakit lainnya,sangat rentan dengan penyakit.sekarang saya mencoba pengobatan alternatif,karna saya pikir ini adalah salah satu cara aman selain melakukan operasi dirumah sakit.jujur aja saya takut,karna banyak saya dengar setelah dioperasi kanker payudara akan datang lagi.menurut dokter apa yang seharusnya saya lakukan?apakah benar kanker payudara stadium4 dapat berakibat pada kematian?tolong kasih saya saran dok.saya ingin sembuh.trims

  10. Dear All,

    Saya mau cerita dan mungkin bisa sharing dengan siapapun yang mengerti mudah2an dokter yang memang tidak menyeramkan. saya sudah menjalankan operasi paudara sebelah kanan dan dinyatakan ganas, ukuran 8 cm tetapi pada hasil patologi tidak ditulikan stadium tetapi grade I maksudnya bagaimana yah tolong jika ada yang bisa menjawab tulisan saya ini.. membalas ke email saya. terima kasih.

    Salam,
    -Shasa Nessa_

    • Dear Shasa,

      Grade menunjukkan tingkat keganasan. Semakin tinggi gradenya semakin tinggi pula keganasannya. Tentunya grade 3 lebih menyeramkan dari grade 1 bukan? Baiklan Shasa, nanti diskusi kita lanjutkan melalui email Shasa aja yha.

      Salam CISC

  11. dear cisc,
    saya mau sharing nich…umur saya 27th, sudah lama merasakan benjolan di payudara sebelah kiri dan makin lama makin besar, saat ini sudah sebesar telur ayam kampung dan mulai terasa sakit jika diraba sambil ditekan. saya bekum pernah periksa karena takut menerima kenyataan kalau saya terkena kanker payudara. yang saya rasakan sekarang kondisi fisik saya menurun cukup drastis, gampang capek dan cepat pegal meskipun tidak melakukan pekerjaan berat. yang agak heran payudara sebelah kanan saya juga ada benjolan kecildan terasa sakit jika ditekan. terus terang saya ingin sekali periksa tapi takut dan membayangkan biaya untuk pengobatan yang harus kontinyu sementara penghasilan saya kecil dan sama sekali tidak mau keluarga mengetahui yang akhirnya membebani mereka. apa yang harus saya perbuat,jika benar gejala ini adalah kanker payudara saya ingin sekali sembuh. terima kasih

    • Dear Tetty,

      Tidak semua benjolan di payudara adalah kanker. Bisa saja hanya benjolan yang tidak ganas jadi tidak membahayakan. Untuk pastinya, periksakan diri ke dokter bedah onkologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan.

      Seringkali apa yang kita kuatirkan tidak terjadi. Tetty kuatir keluarga akan terbebani, padahal mungkin saja mereka tidak merasakan seperti itu. Terbuka jauh lebih baik daripada menyembunyikan. Semoga cepat berobat dan segera diketahui apa sebenarnya benjolan itu.

      Salam CISC

  12. ASSALAMUALAIKUM,,dok sya wnita umur 21 thn,,saya mmpunyai benjolan d payudara bag bawah,,kira kiara 2 cm ,,
    saya sudah periksa kta dokter itu jenis FIBROMA,,katanya lg hrus diopersi untuk mengetahui,apkah it jenis kanker yg berbhaya atw tidak,,
    ,,krna saya terglng orang yg tdk mmpu,,sampai saat ini,blum saya opersi,.
    kira2 sds tidak obt herbal untk mghmbt pertumbuhan sel kanker tsb?saya tkt dok,kta temen byk2 mkn jeruk untk mnghambatnya?benar apa tidak?
    terima kash

    • Wassww May, bagus sekali anda sudah memeriksakan benjolan payudara anda pada awal adanya benjolan, tapi kenapa tidak dilanjutkan? semakin dini kanker ditemukan akan semakin mudah diobati. untuk menentukan suatu benjolan kanker atau bukan mm sebaiknya diambil jaringannya dengan cara biopsi. kami harap teruskan pemeriksaan lanjutan, konsul pd Dr Bedah sp Onkologi (Dr Sp.B(K)Onk) yang ada dikota anda. kalau mm anda kurang mampu bisa urus kartu JAMKESMAS. kalau anda berdomisili Jkt bisa ke RSCM atau RS Kanker Dharmais atau ke Yayasan Kanker Indonesia Jl Sam Ratulangi No. 37 Menteng Jkt/ Jl Lebakbulus Tengah No. 9 Cilandak Jaksel. jika perlu silahkan hub kami di HP 081388802009/0816822868/08158749700. salam hangat dari CISC

  13. Dok.. saya wanita berumur 22 tahun. saya mau cerita.
    Saya menemukan ada benjolan di ketiak saya, dan mungkin karena benjolan itu, ketiak saya terlihat seperti orang kelebihan lemak. yang saya mau tanya, jika saya memeriksakan payudara saya ke dokter, kira-kira berapa biayanya? apakah harus USG atau apa itu? berapa kira2 biayanya. maaf saya bertanya seperti itu, karena saya bukan dari keluarga mampu. Saya lagi dalam kendisi kalut memikirkan itu. tolong di balas Dok..lewat email juga g apa2. terima kasih banyak

    • Salam kenal buat Nana,
      Adanya benjolan pd ketiak spt yg dikeluhkan, sebaiknya Nana memeriksakan diri ke dokter yg terdekat utk dilakukan pemeriksaan fisik. Sekiranya benar tdpt suatu benjolan pd daerah ketiak,maka hrs dipastikan apakah benjolan tersbut merpkan bag dari jaringan payudara(tail=ekor payudara) atau mrpkn benjolan yg mmg berasal dr ketiak itu sendiri.Besar kemungkinan jika berasal dari ketiak maka benjolan tsbt dpt mrpkn pembesaran kel getah bening ketiak atau dpt jg merupakan suatu kondisi yg disebut accessory breast(umumnya hanya mrpkn penimbunan jar lemak yg berlebih).Biasanya ini dialami oleh wanita yg gemuk utamanya pd daerah lengan atas. Keadaan ini lebih banyak akan menyebakan rasa nyeri dan gangguan kosmetik pd umumnya.Tetapi jika menimbulkan keraguan maka pemeriksaan penunjang berupa USG( ultra sono graphy) pd daerah tsbt dpt dilakukan serta dpt dilanjutkan dgn biopsy jarum halus sekiranya dipandang perlu.
      Mengenai harga /ongkos pemeriksaan sangat tergtg dari RS yg Nana kunjungi.Semoga uraian ini dpt membantu Nana menjadi jelas akan masalah yang sdg dihadapi.

  14. dok kk sya terkena kanker payudara stadium 3b,dokter menyarankan kk saya mengangkat payudaranya kmd dilanjutkan dg kemoterapi.yg ingin sya tnyakan apakah sesudah kemoterapi keadaan fisik kk saya kembali seperti normal?? dan adakah terapi alternatif yg bisa menyembuhkan kanker stadium 3b??krn kk sya tdk mau d agkat payudaranya.
    terima kasih dok atas jawabannya

  15. yth,dokter
    saya ada penyakit spt sdri nana di atas, tp tdk hanya satu tapi di kedua ketiak, tiap hari berasa ngganjel , kadang2 nyeri spt ditusuk2 jarum, kadang payudara ke arah ketiak juga nyeri, juga kedua tangan spt lemas, mungkin krn adanya benjolan peredaran darah ke arah tangan tdk lancar.
    Sy sdh periksa dan diagnose dng dilihat dan perabaan mammae aberrans kata dokter 99% jinak yg sy tanyakan:
    1. apakah ada hubungan mama aberans dgn payudara, kok nyeri ketika mens payudara juga spt ditusuk2 jarum
    2. jika dioperasi apakah tidak berbahaya, krn dekat dgn payudara
    3. apakah operasi hrs secepatnya atau sampai 1 tahun lagi tdk apa2 krn saya masih takut sekali untuk menjalani operasi, juga persiapan biaya.
    4. bisakah Mama aberans berkembang menjadi kanker?
    5. apakah setelah operasi bisa kambuh lagi dan apakah dapat mengganggu proses pemberian asi ?
    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya

  16. hy dok,,,langsung ja ya,,saa angel umur 21th!saya mw crta,,,sdah hampir satu minggu ne payudara sebelah kiri saya agak merasakan nyeri,apabila di pegang sakit,terus payudara agak besar sedikit di sebelah kiri tidak seimbang,payudara saya di bagian kiri dan kanannya agak mengeras!!apa itu bisa dikatakan gejala kanker payudara????
    trims dok,,,

  17. assalammualaiku wr.wb.
    dokter perknalkan saya sinta / dokter sy mau tanya , klu kanker stadium 4 bs kah di sbuhkan. ibu sy dokter, saat ini sdg terkna kanker payudara. payudara sebelah kiri embesar hingga sebesar bola football , tetapi belo pecah dan belom pernah operasi. awal nya payudra ibu sy erasa keras kemudian aaa ibu dipijat2 dan dikerokin hingga akhirnya membesar. sudah di bwke rumah sakit . disuruh biopsi , dgn cr di bedah tetapi sm ayh tdk boleh malah di bw ke alternatif slma 1 thun tetapi dg alterntf tdk ad perubahn , saat ni br uli ke medis ke Rumah sakit akn tetapi dokter yg ahli kanker di RS sudh tdk bisa/ tdk berani mengoperasi ibu krn ukuranny yg besar dan sudah mnyebar ke paru2. ibu q slalu sesak nafas , dan batuk baerdahak… kdg juga bersin keluar darah.. dokter di RS yg menangani iBU m,nyarankan Kemoterapi. sampai ukurannya mngecil br bs d lakukan Operasi. akan tetapi sdah 6 kli kemo belom juga payudra iBu menyusut.. ak sngat bingung. bhkan ak krn marah2 sm dokter mnta penjlasan krn sblm nya prediksi dokter 5 x kemo ada perbhn tp nyta nya tdk. stelah ak mnt pnjlasan dokter n ya bilng. pnykit ibu q sdh parah masuk stadiu 4 , dokter tdk bs mnjamin kesmbuhan ibu , tindakan yg saat ini dilakukan bkn lah mengobati kanker pydra nya tp mngobati . menghambt kanker yg mnyebar ke paru2 dulu. bhkan ak mnemukan di punggung ibU Jg ad bnjolan sbsar bIJI salak. sm dokter ONkologi ak pun mnanyakan itu bnjolan apa, apa per lu di USG / dibiopsi? tp dokter bilg ,, ga perlu ,,, yg pentng yg di paru2 dl di tangani , fokus dokter yg enangani ibu sy adlah kanker yg menyebar ke paru2.. n satu2 nya cr adalah kemo. pasien kemo dokter pasti tw sndri kn.. efeknya luar biasa menyiksa.. dn ak amat sngt ga tega lihat ibuku Gitu. lalu bgmna dokter slain kemo, ad cr lain gag. atau kemo ga papa derh . adakah sesuatu makanan obad atau apapun naamanya yg mengurangi efek kemo… tolong dokter jawabnnya, ViaEMAIL juga boleh , kita slg diskusi ,, atau by sms or telpn. klo blh sinta mnta CP dokter
    trims dokter…dah mau bca

  18. dok..mohon penjelsa.a …
    Sy pny tumor d pyudra sblah knan.tp sudh d.oprasi atw d.angkat benjolan soldnya, kmudian,hasl dr jargan tsbt dbw ke lab..haslny sngt mengejutkn..krna sya d nytakan. Trkna carsnoma infasv grade 2,tp .. Knp payudra.sya tdk ap2.dlm kta laen.tdk tmbul kelnjr dbwa ktiak .atau gjala2 yg lbh parah..apakh mgkn msh aman? Trapi apa yg hrus sy jalni, mohon penjelsa.a… T.mksh

    • Windy, bersyukurlah benjolan sudah diangkat. Teruskanlah terapi menurut anjuran dokter onkologi yang menangani. Tentunya, lebih baik jika kelenjar getah bening di bawah ketiak masih bersihtak ditemukan sel kanker. Dokter akan menyarankan untuk kemoterapi dan atau radioterapi tergantung dari hasil lengkap pemeriksaan patologi jaringan. Jalani saja. Banyak teman sesama survivor yang tetap survive setelah mengalami masalah hampir sama dan menjalani terapi medis. Tetap semangat, jaga stamina dan ikuti terapi sesuai jadual.
      Salam CISC, yuniko

  19. Dok…payudara kiri sy sdh di mastektomi maret lalu,sy tdk mjlni kemo,..tp terapi herbal noni..diet kanker,jus wortel tomat smgu 5x.sy dgr std 2 boleh kemo boleh tdk,apakah bnr?apakah kemo akan mjamin tdk kumat…?amankah yg sdh sy jalani slma ini?tks..bolehkah blsan via email..

  20. Dok, mertua saya sudah berumur 75 tahun dan terdeteksi menderita kanker payudara stadium 2. Dokter menyarankan operasi, namun mertua menderita beberapa macam penyakit lain. Kondisi fisik jg sudah lemah dan secara rutin mengkonsumsi obat2 selama puluhan tahun hingga saat ini, al: obat ginjal, diabetes, tekanan darah tinggi, jantung, dan bbrp macam lagi. Biloa menjalani operasi apakah bisa tanpa kemoterapi? karena diperkirakan mertua tidak akan sanggup menjalaninya. Terima kasih Dok.

    Rafiti

  21. Dear dokter,minta tolong untuk penjelasan dokter,karena saya masih bingung soal penanda tumor yg saya periksa,SCC# saya 2.3 sedangkan normal 1.5 ini tentang kanker serviks,jadi bukan tentang payudara,mohon dimaafkan kalau pertanyaannya bukan soal kanker payudara,saya belum memeriksakan kedokter ahli,stadium berapakah saya,terima kasih untuk jawaban dokter yg sangat2 saya butuhkan.
    Salam Ibu Adinda 46 tahun.

  22. Dok, istri saya kena mammae ca, payudara sdh diangkat, hasil patologinya stadium 1, inflatring ductal carcinoma grade 2, ER -, PR -, HER2 +++. Brpk kali harus menjalani kemo dok ? apa kah kemo dilakukan oleh dr. onkologinya ato harus dr spesalis penyakit dalam ?

    • Pak Darsana,
      Syukur kepada Tuhan karena kanker ditemui pada stadium awal. Tentang spesialisasi dokter yang menangani untuk kemo, tentununya tergantung pada kebijakan tiap rumah sakit. Segeralah tindak lanjuti Pak, agar terapi dapat segera dilakukan. Menurut saya akan sangat baik jika dokter yang menangani kemo adalah dokter yang peduli akan pasien, komunikatif, dan berhati-hati dalam melakukan terapi.
      Salam dari kami untu istri Bapak.

      • Dear Dokter,

        Terima kasih Dok, utk supportnya, Kami msh bingung dengan hasil Patologinya, Pada saat sblm payudara diangkat, hasilnya High Grade Ductal Carcinoma In Situ dengan Lobular Cancerization. Trus payudara diangkat seluruhnya, dicek di patologi keluar hasil lab Infiltrating Ductal Carcinoma, NOS GRade 2 stadium 1. Dok, apa ini bisa dibilang istri hanya kena DCIS ? trus selang 3 minggu keluar hasil Imunohistokimia dimana ER -, PER -, P53 -, tetapi Her-2: (+) 3 PADA DCIS. Dok, istri akan diterapi lanjutan dengan HErceptin + obat kemo ( dok, blm info obat kemonya apa )….Dok, kami mohon advise utk second opinion, apa terapi sdh benar ? Atas saran dan masukan Dokter, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih.

      • Pak Darsana,
        Melihat sudah lengkapnya pemeriksaan patologi pasca operasi, sebaiknya segera lakukan kemoterapi sesuai permintaan dokter onkologinya. HERCEPTIN ditujukan untuk pasien dengan Her2 positif. Jalani terapi dengan semangat dan optimisme tinggi.

  23. Dok, sya mau tanya ..
    umur sya bru 15 thn , tapi di payudara sbelah kiri sya ada benjolan,apabila ditekan terasa sakit. apa itu kanker payudara dok?

    • Benjolan di payudara bisa juga karena faktor hormonal berkaitan dengan.siklus menstruasi. Karenanya perhatikan apakah benjolan itu menetap atau berubah posisi atau berubah ukuran mengikuti siklus
      haid. Kalau benjolan menetap, silakan langsung konsulkan ke dokter.

  24. kanker payudara pada laki2 berumur 15th bisa ndak ya

  25. dear dokter,
    aku tari 23thn. sebelumnya payudaraku pernah mengeluarkan darah tapi hanya sedikit2. itu terjadi ketika umurku19thn.ketika aku konsultasi hanya diberi rifanol untuk menghentikan darahnya tanpa didampingi obat, sebab dokter bilang ini tidak apa2.
    2thn kmudian ada benjolan dipayudaraku dan sekarang mengeluarkan darah lagi…
    kira2 sudah separah apa ya penyakitku itu???

  26. Ass.ww.

    dr. Alviah Amirudin yang terhormat,
    dua tahun yang lalu saya baru diketahui jumlah trobositnya 800 ribu.
    Usia saya sekarang adalah 62 tahun. Pada tahun 2009 jari kelingking kaki pernah divonis oleh dokter untuk diamputasi karena luka yang tidak sembu-sembuh, akhirnya saya mencoba dengan terapi madu dan tidak jasi diamputasi.
    Pertanyaan saya adalah :
    Apakah trombositosis itu termasuk penyakit kanker?

    Terima kasih dari Sjoffendi

  27. dok,,saya berusia 26 tahun,,,,
    di bagian ketiak kanan sya bengkak bila di tekan terasa sakit…awalx karena sya suka cabut bulu ketiak lama kelamaan ketiak sya bengkak dan nyeri akhirx sya hentikan dan gak pernah cabut lagi tapi nyerinya masih terasa bila sya menekannya…mau sya tanyakan apa kah itu gejala kanker dok soalx belum pernah sya periksa…dan di payudara sya tdak nyeri maupun tidak ada benjolan…mohon dijawab ya dok…terima kasih…

    • halo Nova mudah2an luka krn cabut bulu ketiak, karena skrg sdh tidak dicabut lagi, coba jangan dipegang2 terus, jika 1 mggu bengkak/sakit tidak hilang lebih baik periksakan kedokter , supaya diketahui ada apa sebenarnya. tidak usah takut, karena semua benjolan belum tentu kanker.
      salam hangat CISC

  28. ass..usia sya 25thn sejak 8thn yg lalu dipayudra sya ada benjolany.pertma kali sya mengetahui benjolan itu langsung sya bawa kedokter dan kta dokter tidak apa2 itu jinak dan tdak perlu diambil saya cuma dikasih obat.selama itu sya jga berobt ke alternatif dan pernah suatu kali benjolan itu dipijit dan sya merasakan skit yg luar biasa.sekarang benjolan itu agak membesar dan dipayudara satunya jga ada benjolan kecil se biji sirsak.yg mau sya tnyakan :apakh tumor jinak itu bisa menjadi ganas?apakh gara2 dipijit tumor bisa menyebar?sekrang apa yg hrus sya lakukan…apa benar tumor jinak itu kalo dioprasi bisa jadi ganas?tolong dijwb ya…trims dok

    • Halo zharfa, tidak semua benjolan adalah ganas/kanker tapi sebaiknya semua benjolan tetap diwaspadai.
      sebaiknya memang benjolan jangan dipijit2, apalagi ditekan karena bisa infeksi yang menimbulkan sakit/bengkak.
      tidak benar operasi tumor menjadikan perubahan dari jinak ke ganas, jadi tanpa operasipun jika memang ganas akan menyebar karena begitulah sifat tumor ganas.
      sebaiknya segera datang ke Dokter spesialis bedah tumor di RS yang terdekat supaya dilakukan pemeriksaan, jangan takut lebih baik datang ke ahlinya(Dokter) daripada menebak-nebak atau datang pada orang yang tidak mengerti.
      salam sehat CISC

  29. dok, usia saya 22th. payudara kiri ada benjolan kira2 3cm. sudah saya periksakan ke dokter katanya fibroma dan harus di operasi. dan sakit pada payudara saya sudah terasa sampai ketiak. kira2 saya kanker stadium berpa dan tindakan apa yang seharusnya saya lakukan.

    • halo Wiwin, kok langsung tahu kanker saja… fibroma bukan kanker, dan sebuah benjolan belum tentu adalah kanker, jadi jangan takut duluan.
      setelah ada hasil PA dari biopsi baru diketahui benjolan itu kanker atau tumor biasa, sebaiknya silahkan datang ke Dr sp bedah tumor, kalau di di Jakarta atau Jogya bisa ke klinik deteksi dini di Yayasan Kanker Indonesia atau di RS Dharmais jika di Jkt.
      semoga benjolannya tidak ganas ya. Amin
      salam sehat CISC

  30. dok, umur sy 45 th.. payudara sebelah kanan sy trdapat perubahan warna kira-kira 5 cm lebih dan semakin membesar, sy blm pernah ke dokter…dok apakah itu kanker? jika iya stadium berapakah?dan apa yg harus sy lakukan untuk meminimalisir berkembangnya? trimakasih seblumnya dok mohon pencerahannya

    • Halo Serah, perubahan warna adalah termasuk dalam salah satu pertanda tumor, namun bukan berarti adalah kanker, untuk memastikannya anda harus ke Dokter sp bedah tumor. sebaiknya anda segera ke Dokter, ingat bukan semua pertanda adalah kanker tp seyogyanya diwaspadai sedini mungkin, jika memang benar akan lebih mudah diobati, semakin dini kanker ditemukan dan diobati dengan cepat dan tepat (dg Medis) maka hasilnya akan semakin baik. apalagi usia anda sudah 45tahun perlu untuk melakukan deteksi dini kanker, dengan USG dan Mamografi untuk payudara dan test pap untuk servik. jangan takut, karena pengobatan kanker saat ini sudah semakin canggih dan komunitas2 kanker pun sudah semakin banyak, dengan arti kata bahwa kanker tidak perlu lagi ditakuti, dengan berobat yang cepat dan tepat (MEDIS), maka hasilnya akan semakin baik.
      salam sehat CISC


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

