MORE ABOUT CISC

March 11, 2008 at 8:18 am | Posted in Berita CISC | 5 Comments
Tags:

LATAR BELAKANG
Berawal dari pembicaraan santai beberapa orang penderita berbagai jenis kanker, terlontar pemikiran untuk membentuk wadah yang dapat memberikan manfaat bagi “masyarakat kanker” terutama dalam pemberian informasi yang benar dan dukungan psikis dan sosial. Ide diolah dan diendapkan lagi dengan membentuk jaringan lebih luas melibatkan beberapa dokter yang berkecimpung di bidang kanker, lebih banyak penderita, keluarga dan mereka yang peduli akan kanker.Pada bulan April 2003, dengan sangat sederhana  dalam rapat yang dihadiri belasan orang CISC dibentuk. Tahun demi tahun beranjak. Namun kami di CISC tahu bahwa angka 5 dari tahun kelima yang kami jelang saat ini berawal dari angka satu, yaitu masa-masa awal pembentukan dan langkah pertama yang tertatih. Peran Dr. Samuel J. Haryono SpB Onk.(K) dan Dr. Sutjahyo Endardjo Sp. PA sangatlah besar dalam memetakan kondisi yang ada dan membuat kami di CISC mampu meyakini pola yang paling pas untuk kiprah CISC bagi komunitas kanker dan masyarakat Indonesia. CISC tidak dibangun oleh hanya satu, dua, atau tiga orang. Ingatan kami menerawang pada saat awal pembentukan dengan semangat yang menggelora kami ingin segera mewujudkan mimpi-mimpi kami. Ada Bapak Frans, saudara Ari, Ibu Dani, Ibu Sri Suharti, Ibu Sri Nora, Ibu Adeetje dan beberapa orang lagi yang memungkinkan CISC lahir dan secara pelan namun pasti terus tumbuh dan berkembang. Beberapa dari mereka boleh telah tiada, namun jejak mereka telah memperkuat pondasi CISC sehingga tetap eksis dan terus berkembang dari waktu ke waktu.CISC dahulu, sekarang dan nanti adalah CISC yang selalu dinamis yang tidak akan pernah melupakan jejak dan kiprah pendahulunya, dan terus membuka diri untuk menerima siapa saja dan berupaya menjadikannya “second home” bagi orang orang yang membutuhkan.CISC meyakini bahwa semua anggota memberikan andil bagi tetap berdenyutnya kegiatan pelayanan CISC. Sehingga, tak pernah terlupa bahwa CISC adalah milik semua orang yang bernaung di dalamnya.

Beberapa Kegiatan yang Telah Terlaksana, antara lain:
1. Sejak 2003, sesi support group 2 x sebulan telah rutin dilaksanakan, dengan berbagai topik berbeda
2. Pendampingan bagi orang sakit kanker dan keluarganya baik di RS maupun di rumah.
3. Penyediaan informasi dan pendampingan melalui telepon ke berbagai pihak yang membutuhkan.
4. Beberapa kegiatan rekreasi, olahraga dan relaksasi bagi anggota.
5. Menyelenggarakan beberapa seminar kanker untuk masyarakat dan penyuluhan kanker ke perusahaan-perusahaan, kelompok pengajian dan kelompok agama lain, PKK, arisan, dharma wanita dll. Misal: Bank Indonesia, Vico Indonesia, Unocal/Chevron Ind., Bank Danamon, Dept. Perindustrian, Dharma Wanita dinas pendidikan di Jakarta Utara, Gereja-gereja, mesjid, dll.
5. Pembekalan bagi survivor dan relawan yang akan mendampingi pasien kanker dan keluarganya.
6. Pembekalan sebagai penyuluh kanker berupa 3 angkatan Training of Trainers yang diberikan oleh Perhimpunan Onkologi Indonesia Pusat.
7. Mengisi acara patient gathering sebagai nara sumber maupun facilitator di berbagai rumah sakit seperti RS Kanker Dharmais, RS Cipto Mangunkusumo, RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, RS Persahabatan.
8. Mengadakan acara tahunan Cancer Survivors Gathering

Keanggotaan CISC bersifat:
* Sukarela
* Terbuka
* Heterogen: untuk semua jenis kanker dan latar belakang yang berbeda beda (suku, ras, agama, gender, usia, pendidikan, dll)
* Individual yaitu penderita, survivor, keluarga dan yang peduli
* Independen

Untuk pencapaian visi misi, CISC terbuka dan telah bergandengan tangan dengan:
* Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI)
* Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD)
* Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)
* Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP)
* Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading
* Yayasan Kanker Indonesia (YKI)
* Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ)
* Masyarakat Peduli Limfoma Indonesia (MPLI)
* Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI)
* Pita Kuning, dan lain-lain

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya ingin ikut join menjadi relawan dong…gmn ych caranya..?

  2. Olivia,

    minat join dalam hal apa nich? Welcome banget.

    Salam CISC

  3. hallo…hallo…
    akan ada kegiatan CISC semarang pada hari kamis, tanggal 26 Februari 2009 jam 09.00-11.00 di auditorium RS TELOGOREJO JL. KH. AHMAD DAHLAN SEMARANG. TOPIK : MENGATASI NYERI PADA PENDERITA KANKER, PEMBICARA dr. Jamal ( spesialis rehabilitasi mdk ). Gratis. see u.

    Salam CISC!!!

  4. Alangkah indahnya bila semua kehidupan nyata di belahan dunia manapun bisa RAMAH/ BERSAHABAT/ MEMEPERLAKUKAN SEMUA MANUSIA SAMA seperti komunitas CISC. Betapa indahnya dunia bila budaya ini dapat dilakukan SEMUA BANGSA. Betapa indahnya hidup berdampingan DAMAI DALAM KASIH SAYANG SESAMA MAKHLUK/ MENCINTAI MAKHLUK LAIN SAMA SEPERTI MENCINTAI DIRI SENDIRI.
    Kita prihatin, kehidupan dunia dewasa ini PENUH FITNAH/ RASA BENCI SATU DENGAN LAINNYA. Yakin dan sadarlah sahabat, semua itu TELAH MENGUNDANG BENCANA TIADA HENTI PERTANDA ALAM MURKA (baca: TUHAN YANG MAHA PENGASIH, MAHA PENYAYANG, MAHA PENGATUR ALAM SEMESTA INI MEMBERIKAN JEWERAN) namun manusia tetap ingkar. Semoga jeweran tidak berubah jadi AZAB (baca: teguran/ jeweran akan berubah jadi azab bila manusia masih tetap ingkar/zholim/aniaya).
    TUHAN MAHA PENGASIH MAHA PENYAYANG :
    – Memberi pada manusia tanpa diminta (rezeki, nafas, penglihatan,
    pendengaran, kesehatan, dll).
    – Memberi lebih banyak (tanpa batas) bila diminta, dengan catatan
    ikuti perintahNya, jauhi laranganNya.

    Salam CISC yes! Mari sahabat, semoga CISC tetap jadi teladan buat hidup berdampingan penuh damai dan kasih sayang sesama makhluk (baca: ALAM SEMESTA).

  5. Dear All,

    Bila terapi obat tidak memungkinkan lagi, terapi paliatif akan banyak membantu mempersiapkan pasien ke kondisi terbaik .

    Terimakasih untuk dr Maria, suster lidya, suster dwi dan team dari Dharmais .

    Akan lebih baik terapi ini lebih disosialisasikan ke kota lain selain jakarta dan yogjakarta.

    Salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: