pengalamanku

May 10, 2008 at 11:00 pm | Posted in Sharing On-line Sahabat CISC | 9 Comments

Pengalamanku selama 5 tahun menjadi volunteer kanker di CISC

 

            Sebenarnya aku juga mantan pasien kanker payudara stadium dini. Sejak usia 30 tahun atas saran dokter obgyn-ku aku selalu rajin deteksi dini rahim ( pap smear ), dan mammogram untuk payudaraku sejak usiaku 40 tahun.  Selama 3 tahun berturut-turut hasilnya selalu bagus.

            Setelah 5 tahun off mammo dan waktu itu usiaku menginjak 48 tahun, hasil mammo menunjukkan adanya suatu massa di payudara kiriku. Aku dirujuk ke Dr Spesialis bedah tumor. Namun dokter masih belum yakin dan untuk memastikannya harus menunggu 1 tahun dievaluasi setiap 3 bulan.  Ternyata positif kanker.

            Alhamdulilah, karena masih stadium dini (std 1b/carcinoma duktal insitu) aku hanya menjalani BCT (breast conserving treatment) saja, dilanjutkan sinar 25 X tanpa menjalani kemo dan ditambah terapi hormon dengan tamoxifen selama 5th.

            Sekarang sudah 6 tahun kutinggalkan masa-masa terapiku. Kini usiaku sudah hampir 55 tahun dan  aku masih tetap rajin kontrol: USG, Mammo, RO & pap smear setiap tahun, pemeriksaan darah CEA & CA15-3 setiap 6 bln.

            Aku juga berusaha untuk menjalani POLA HIDUP SEHAT, makan makanan yang sehat, rajin ber-OR dan yang paling penting selalu bersyukur dan berusaha untuk positive thinking dalam segala hal, (ee tapi membuat aku menjadi CUEK kata temanku dan suka salah menilai orang anggap sama seperti kita ha..ha..ha.. )

            Dengan bergabung dalam suatu komunitas kanker seperti CISC, aku dan juga teman-teman survivor lainnya merasa mendapat keluarga yang kedua, kami merasakan ikatan batin yang bisa saling memberikan kekuatan dan pembelajaran bagaimana menjalani hidup dengan lebih berkwalitas, bermanfaat dan berarti baik bagi diri sendiri maupun bagi orang-orang disekitar kita. Walaupun ada “kanker” di tubuh kita.(seperti Moto CISC he..he..he..)

            Sebagai supporter dan penyuluh kanker, banyak pelajaran yang dapat kupetik. Begitu beragam sifat dan perilaku masyarakat kanker (pasien, keluarga & lingkungannya). Kadang tengah malam HPku ber bunyi. Banyak pasien yang hanya sekedar ingin curhat karena tidak tahu harus berbuat apa, kadang hanya ingin menangis, kulayani dengan sepenuh hati.

Semua yang bisa kuberikan, walaupun hanya berupa kalimat penghibur, seulas senyuman atau elusan tangan, kuulurkan dengan hati yang tulus. Kutahu mereka juga bisa merasakannya.

            Biasanya bukan hanya pasien-pasien saja yang begitu senang kami kunjungi. Keluarganya juga sangat berterimakasih atas apa yang kami berikan untuk membantu pasien, sehingga pasien bisa menerima penyakitnya dengan ikhlas dan menjalani terapi dengan baik. Pernah ada juga keluarga pasien yang keberatan kita kunjungi. Sedih rasanya… mungkin mereka belum menyadari pentingnya support dari sesama pasien sebagai terapi yang sangat membantu meningkatkan semangat hidup pasien kanker.

            Saat-saat yang sangat menggembirakan dan membahagiakan bagiku, manakala mendengar kabar si pasien dinyatakan sehat/semakin membaik. Terkadang ku ikut sedih kala mendapati pasien yang sakitnya menjadi berat dan kondisinya semakin menurun. Namun aku harus tetap tegar dihadapannya.

            Karena kesibukanku di CISC sering juga lho anakku komplain (maafin mama ya Nak), takut Emaknya kecapekan katanya. Dia tidak tahu bahwa dari kegiatanku mengunjungi dan memberi support pada pasien-pasien kanker, aku juga merasa mendapatkan support yang lebih besar dari mereka.  Alhamdulilah aku selalu sehat walafiat. Amin.

            Di samping hal-hal diatas, masih banyak suka dan duka selama 5 tahun bersama teman-temanku di SG CISC.

Suka ; mendapatkan kawan yang sekaligus menjadi saudara dengan banyak kesan yang tak mudah dilupakan, Duka; pada saat mereka harus meninggalkan kita selama-lamanya untuk kembali menghadap Sang Khaliq.

            Memang ada juga segi negatifnya dalam suatu komunitas (penyakit), kalau yang satu terkena angin apalagi badai yang lain ikut merasakan imbasnya. Tetapi dilihat dari manfaatnya bergabung dalam suatu komunitas terutama komunitas kanker, yang aku rasakan dan juga pengalaman-pengalaman dari teman-teman survivor, ternyata lebih banyak positifnya daripada negatifnya.

Di saat kita sedang terombang-ambing dalam kebingungan dan kegelisahan, baik pada saat kita dipastikan terkena kanker maupun pada saat menjalani/setelah terapi ataupun hanya untuk sekedar ber-ha..ha..ha.hi..hi..hi.., tidak ada tempat yang paling nyaman untuk kita berbagi, kecuali berbagi dengan kawan yang mengerti dan bisa memahami apa yang kita rasakan karena sama-sama telah mengalaminya.

            Masih banyak lagi kesan-kesan selama aku bersama di CISC, tapi yang pasti membuat aku lebih berempati pada penderita kanker, dan mensyukuri karunia dan nikmat yang dianugerahkanNya,  dan lebih lagi membuat aku bahagia mempunyai kesempatan untuk berbagi pada sesama.

 

Terima kasih buat rekan-rekan yang sudah ikut bergabung di SG CISC!!!

Mari bergabung buat teman-teman yang lain!!!

 salam hangat Sri S – CISC 2008

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah, jadi ikut mellow nih. Tapi harus tetap tegar dan tak henti menyemangati dan mendampingi sahabat-sahabat CISC yang memerlukan.

    YD

  2. Mba Sri memang luar biasa! Totalitasnya di CISC saya akui secara jujur tidak tanggung-tanggung. Membantu siapa saja dengan tulus dan iklas, termasuk banyak hal yang Mba Sri lakukan untuk saya. Saya tidak bisa membalas kebaikan dan kepedulian serta kasih sayang Mba Sri serta teman-teman CISC terhadap saya dan keluarga saya sejak bergabung di CISC hingga saat ini. Thanks ya Mba….Thanks CISC…….

  3. Tak ada gading yang tak retak. Tolong berikan maaf seandainya ada tutur kata, sikap dan tulisan di blog CISC ini yang tidak menyenangkan dan mengusik perasaan sahabat sahabat CISC.

    Salam CISC – YD

  4. Saya tahu di CISC selain mba Sri banyak juga yang lainnya. Mereka orang-orang luar biasa. Beberapa kali saya mengikuti kegiatan CISC, terbukti bahwa ditengah perjuangan mereka melawan kanker tetapi mereka masih memikirkan orang lain. Diluar sana ada orang-orang yang sehat tanpa cacat tapi berdiri di atas keegoisannya sendiri termasuk saya.Saya kagum terhadap CISC dan orang-orang yang ada disana.

  5. Saya Salut dengan mbak Sri. Rajin kontrol sehingga kanker ditemukan dalam stadium dini sehingga pengobatan tidak berat dan dengan tingkat kesembuhan yang besar. Mbak Sri masih saja terlihat cantik walau sudah kepala 5 ya mbak (he 3x).. ya, ketulusan hati mbak Sri, senyum dan sapanya membuat kami semua merasa tentram dan damai. Semoga Tuhan senantiasa memberi berkat dan kesehatan untuk mbak Sri..
    Salam Emmy

  6. assalamualaikum bp ibu

    bila membutuhkan bawang dayak, bisa minta sama ke saya, gratis, saya tdk tahu akan keberhasilannya, namun yg saya tahu bawang dayak ini, sdh menyembuhkan 3 org yg sakit kanker, 2 orang kanker cerviks(mulut rahim), dan 1 lagi kanker payudara, khusus yg kanker payudara ,sdh mencapai pingsan 15 x dalam semalam, alhamdulillah setelah mengkonsumsi bawang dayak 3 x 1 siung selama 3 minggu, tdk pernah kambuh lagi, dia mengatakan bhw setiap makan bawang dayak ini, badannya terasa hangat, hanya 3 minggu,dia makan sdh sembuh, sdg yg sakit kanker serviks,sdh mencapai stadium 3 dan 4, dokternya sampai bingung krn tdk hanya kanker utamanya saja yg mati namun juga jaringan metastasenya(penyebarannya ) mati juga, orgnya bisa hidup sehat hingga sekarang, tdk ada salahnya toh menyebarkan informasi ini. semoga kita semua sedunia bisa bebas dari kanker.
    amin ya robbal alamin.

    ichsan effendi (ichsanrahman@gmail.com)

    • Mas Ichsan, Ibu saya menderita Kanker Payudara,kata temen bawang dayak manjur tuk ngobatin kanker, gimana cara ngedapatinnya mas. Thak,s.

  7. Need information about cancer ?
    Please visit our blog at : http://cikampekcancer.blogspot.com

    Thanks and best regards

    cikampekcancer.blogspot.com

  8. Jual bawang dayak murah


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

