SUPPORT GROUP CISC, MEI 2008 – Kanker, Jangan Takut tapi Waspadalah

May 30, 2008 at 5:51 pm | Posted in Sessi Support Group CISC | 1 Comment

KANKER ! Jangan takut, tapi WASPADA

Itulah tema dalam pertemuan rutin setiap Jumat minggu kedua Supporting Group (SG) CISC di Jl Imam Bonjol No. 51 Jakarta pada tanggal 9 Mei 2008 yang lalu.

Ketakutan akan suatu penyakit apalagi kanker adalah wajar, tapi ke-waspada-an terhadap adanya kanker adalah lebih penting. Bukankah mencegah timbulnya penyakit lebih mudah daripada mengobatinya.

Dari kira-kira 30 tamu yang hadir dalam pertemuan tersebut, mayoritas adalah survivor kanker dan ada beberapa relawan/keluarga, ikut sharing apa yang dirasakan pada saat menyadari harus hidup bersama kanker dan bagaimana selalu waspada.
Menyenangkan sekali pertemuan itu karena banyak sahabat-sahabat CISC yang baru bergabung dan datang pada sore hari itu. Ibu Sinta dan Ibu Diana semua adalah pribadi-pribadi luar biasa yang tak gentar berjuang dan tetap berusaha menaklukkan kanker. Ibu Nur menunjukkan ketegaran yang sulit tertandingi ketika mendampingi suami tercinta. Mendengarkan pengalaman Ester ketika menjalani operasi dan terapi ikut memperkaya dan memberikan pencerahan pada sahabat lain. Pengalaman luar biasa Corry yang mendampingi ibu tercinta berjuang melawan kanker mampu membuat kelompok merasakan kedekatan satu sama lain karena perasaan senasib. Semua pernah merasakan takut akan kanker, dan ternyata pengalaman hampir seragam dirasakan dalam mengatasi dan melewati perasaan takut dan cemas. Tak lain, keiklasan menerima dan tetap berjuang untuk mampu melewati masa-masa sulit dengan keyakinan. Keyakinan bahwa Tuhan tak akan membiarkan umatNya sendirian. Ternyata, ketakutan tidak perlu membuat kita menghindari kenyataan. Hadapi dengan kewaspadaan penuh.

 

Sharing teman teman menggarisbawahi pentingnya peranan keluarga dan orang terdekat dalam membantu penderita kanker melewati saat-saat yang menakutkan. Pendampingan, dukungan semangat dan penjelasan dengan empati yang ditunjukkan keluarga sangat membantu mereka mengubah ketakutan menjadi kewaspadaan yang penuh keyakinan dan optimisme untuk dapat diatasi.

 

Berikut adalah sebagian ungkapan perasaan dari peserta SG :

         Takut, …..deg-degan setiap tiba waktu kontrol ke dokter, karena takut hasilnya seperti apa.

         Mengharapkan keluarga selalu memberikan dukungan, selalu terbuka/berterus terang, komunikatif. Bagaimanapun beratnya , pasien berhak juga mengetahui prognosis penyakitnya dan protokol terapinya.

         Pentingnya bergabung dalam suatu wadah para penderita untuk bisa saling berbagi informasi dan mengurangi ketakutan karena termotivasi dengan semangat dari survivor yang hadir.

         Tetap semangat dan berusaha, walaupun dokter menyatakan kanker telah metastase kebagian-bagian tubuh lainnya.

         Pentingnya mencari/mendapatkan informasi melalui seminar-seminar/situs-situs yang ada, untuk menambah pengetahuan tentang kemajuan terapi kanker.

         Selalu tepat/disiplin waktu, saat harus kontrol ke dokter.

         Waspadai ketika ada rasa sakit/kurang nyaman atau sesuatu yang timbul tidak sewajarnya dalam tubuh kita, sesegera mungkin datangi dokter.

         Berusaha sedapat mungkin menjalani Pola Hidup Sehat (hindari stress, berfikir positif, rutin OR, hindari alkohol/tembakau, dan makan makanan sehat).

         Kembali berserah kepada Tuhan Yang Maha Kasih adalah hal  terpenting dalam menghadapinya.

 

SG berikutnya tanggal 30 Mei 2008 jam 16.00 – 18.00 di Lt.5 RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta, dengan tema tentang kanker Prostat gejala & terapinya oleh Dr. M Alam, Sp.U. kami tunggu yaaa….

Sampai jumpa dan salam hangat dari CISC/ss

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Apakah ada keterangan ttng vaccine yg baru di AS utk Glioblastoma? Kapan ada di Indonesia?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: