Support Group Kanker Cuma Hura-hura? Kasian Deh Kita

September 12, 2008 at 11:27 am | Posted in Sharing On-line Sahabat CISC | 13 Comments

”Apaan tuh CISC, cuma bisa hura-hura. Tidak ada yang dilakukan untuk pasien kanker.” Pernyataan bernada menghujat ini mampu membuat kami yang mendengarnya terkesima dan langsung introspeksi. Oooo, apakah sebagai pasien kanker atau penyintas (survivor) kanker kami tidak boleh bersenang-senang dan bergembira? Apakah kami sebaiknya berwajah murung, meratapi nasib sambil tetap berkarya dan melayani orang lain? Apa jadinya jika pandangan semacam itu masih ada di masyarakat kanker bahkan dari paramedis kanker? Menyedihkan dan konyol. Pada saat kami berupaya untuk meyakinkan banyak orang bahwa kanker sebaiknya tidak merenggut kegembiraan dan sukacita yang masih dapat dimiliki, ada pandangan yang mencoba mengkerdilkan kami.

Kegembiraan yang coba kami tunjukkan dan bagikan tidaklah di buat-buat. Semua itu adalah buah dari proses refleksi diri kami yang berhasil mencapai penerimaan diri dan menyikapi kanker lebih bijak. Kami ingin lebih banyak orang lain tetap bersemangat walau kanker.

Komentar bernada miring seperti itu ternyata lebih memantapkan gerak kami di support group CISC. Terima kasih tak terhingga atas feedback positif yang kami sadari bahwa itu adalah karena ketidaktahuan belaka akan apa yang kami lakukan selama ini. Kami kurang mempublikasikan bahwa kami melayani banyak penelpon masuk yang menanyakan banyak hal tentang kanker. Kami siap dihubungi 24 jam melalui telepon, SMS atau email yang sebisa mungkin akan kami jawab. Ada pertanyaan yang sangat teknis kedokteran kami pending sambil mencoba menyalurkan pertanyaan ke ahlinya. Empati berupa perhatian dan pengertian selalu kami coba berikan. Kami juga merasa bahwa upaya mengunjungi pasien dan memberikan support psikososial tidaklah perlu digembor-gemborkan karena ini semua adalah gerakan hati nurani. Penyuluhan kanker ke kelompok masyarakat kami lakukan dengan semangat dan keriangan hati. Prinsip kami sederhana, selama orang yang menerima penyuluhan mengambil manfaatnya dan merasa senang maka kepuasan kamipun puas berlipat ganda.
Kami juga menyadari bahwa kami masih sangat jauh dari sempurna. Ada keterbatasan yang membelit gerak langkah kaki, tangan, pikiran, perasaan dan mulut kami hingga karya kami belum maksimal. Ke depan, kami akan melakukan lebih baik lagi segala kegiatan yang termasuk dalam visi misi CISC.

Salam CISC

13 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wooowwww sesekali memang kita perlu “hura-hura”. Kapan lagi??? He-he-he Dimana lagi??? Di CISC kah?He-he-he….
    Apa yang saya tuliskan di awal bukan bermaksud mencari pembenaran atas kalimat ”Apaan tuh CISC, cuma bisa hura-hura. Tidak ada yang dilakukan untuk pasien kanker.”

    Dimana-mana ada orang yang senang dan tidak senang dengan kita. Tapi pepatah bilang “tak sayang karena tak kenal”. Sapa sih yang ngomong gitu?? (CISC hura-hura maksudnya)he-he-he…..Ayo ngaku…..

    Sejak saya bergabung di CISC, banyak PELAJARAN KEHIDUPAN yang saya dapatkan. Tidak hanya pelajaran yang baik, tapi juga yang tidak baik, tapi sejauh ini saya tidak pernah melihat “HURA-HURA” disana. Lha gimana mau hura-hura??? Duit gak ada, cari dana juga mentok sana-sini….kasihannnnn deh loooo CISC.Setahu saya yang kami lakukan di CISC berangkat dari keinginan untuk menumbuhkan optimisme pasien kanker. Kadang kita harus mengeluarkan uang dari kocek pribadi untuk kunjungan pasien di rumahnya yang jauuuh di mata (bukan kadang kaleeee, setiap saat malah)untuk kegiatan-kegiatan yang kami lakukan. Sumpah mati gak bohong!!!

    Beberapa kali saya ngisi “deteksi dini” di kelompok ibu-ibu pengajian dan arisan….dan sering kali setelah itu telfon kami berbunyi di saat mata sudah ngantukkkk susah melek di tengah malam menjelang pagi. Bahkan ada yang teriak-teriak di telinga kami katanya mau bunuh diri gak kuat di kemo….aduh maaaaak. Jantung rasanya mau copot deh. Jadi bagi saya salah besar orang yang mengatakan CISC cuma hura-hura….tapi kalaupun kegiatan yang kami lakukan (khususnya event besar)itu yang ditangkap sebagai hura-hura, saya berterima kasih. Artinya kami masih bisa menikmati hidup kami secara normal, kami bukan pesakitan yang butuh belas kasihan.LIFE IS BEAUTIFUL…..ALWAYS
    Saya pribadi sadar…di tengah sakit kami (berapa orang sih di CISC yang gak kena kanker? ayo ituuuung!), keterbatasan kami dari sisi fisik dan psikis serta financial yang amburadul….kami ingin hidup kami tetap berarti, setidaknya untuk diri sendiri….syukur untuk orang lain.Amin

    Setuju gak teman-teman CISC?????????

  2. Setujuuuuuu banget.

  3. Iya memang segala tindakan, perkataan dan sikap kita memiliki resiko. Tapi bukankah lebih baik melakukan sesuatu daripada berdiam diri saja, tidak melakukan apa-apa dan membiarkan persepsi negatif yang mengalir? Perubahan akibat perbedaan akan bisa membawa pada kemajuan jika disikapi dan dikelola dengan baik. Hv a nice day.

    Salam CISC.
    Yuniko

  4. Halo semua…sapa sih yang bilang CISC hura-hura?
    Aku sih sering ikut kegiatan CISC. Tapi gak ada hura-huranya tuh.Aku malah melihat bagaimana mereka mengatasi sakitnya sendiri tetapi juga masih mau memikirkan orang lain. Kemarin aku dapat sms dari teman CISC yang lagi nyari dana buat Mba Tina mau kemo lagi karena kankernya metastase….dan semua langsung ditransfer ke Mba Tina, semulia ini dibilang hura-hura??? Mungkin salah alamat yang bilang begitu, atau mungkin yang bilang belum kena kanker??

  5. Gak usah dipikirin orang mau ngomong apa!!!!
    Buat penderita kanker seperti kita. Treatment yang tepat memang happy-happy….terserah orang bilang apa! Maju terus CISC, masih lebih banyak yang butuh daripada yang nggak butuh.

  6. Makasih Yulia n Apriana untuk supportnya. Itu akan membuat kami tetap berusaha untuk melakukan yang terbaik semaksimal mungkin atas ridho Allah.

    Segala kritik membangun perlu kita pertimbangkan untuk perbaikan. Sejak awal kita di CISC setuju untuk saling terbuka dan belajar dari pengalaman. Memberikan support dan pendampingan bagi yang sakit kanker tidak mudah. Jatuh bangun sudah kita rasakan dan kita akan terus belajar dari jatuh bangun itu.

    Segala feedback jika ada, silakan sampaikan ke kami melalui email ke cancerclubcisc@gmail.com. Kami akan berterima kasih atas kebaikan dan keterbukaan untuk menyampaikan kekurangan kami.

    Salam CISC
    Yuniko

  7. wah jadi rame ya mbak…. hehehe….
    mudah-mudahan semua feedback dari teman2 akan semakin membuat kita lebih bersemangat untuk terus menyebarkan kehangatan bagi penderita kanker. benar katan adiku aniroh, gak kenal maka ga sayang… maju terus CISC!!!!
    ss

  8. Lha iya jadi rame. Kalau gak gini kan pada gak nengok-nengok blog cisc. Jadi sepi hehe.

  9. Ah, orang sirik aja! gak usah dianggep. Kalo pengen ikutan, CISC kan terbuka untuk semua. Gratis lagi!!!

  10. Kasihan yach orang yang mengatakan “CISC cuma bisa hura2. Tak ada yg dilakukan untuk pasien.” Membuat orang yg terkena kanker bisa “hura2” itu bukan hal mudah lho… Dengan membuat mereka tertawa, CISC menumbuhkan harapan dan semangat untuk melangkah maju, menyambut hari esok tanpa terus2an murung apalagi berurai air mata…
    Yg jelas kita perlu orang2 yg rela menyumbangkan waktu dan tenaga buat orang lain seperti teman2 yg tergabung dalam CISC ini.
    Memang tertawa terus2an juga ga bagus, bisa2 dikira gila… heheheh….Banyak hal lain yg juga harus dilakukan dan saya yakin teman2 di CISC sudah melakukannya dengan baik.
    Life is not always fair, but it is still beautiful.

  11. Thanks Mbak Sima. Again…, life is not always fair, but it still can be made beautiful. hehe.

  12. Wah, yang komentar begitu pasti belum pernah tersentuh kanker (alhamdulillah sih ya, mudah2an enggak pernah deh…). Saya aja pengin lho melakukan aktivitas seperti aktivitas CISC…

    Buat Mbak Yuniko, ada foto anda mejeng di rumahkanker.com, ditengok ya😉

  13. Thanks mbak Titah. Tapi aku malu lho fotoku mejeng. hehe.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: