Pojok Dokter

50 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Selamat malam..
    Saya hanya butuh penjelasan sedikit..
    Apakah kanker darah untuk kemo ga ada keringanan dalam biaya??
    Klo bisa, biasanya syarat apa saja yg bisa saya ajukan??
    Saat ini saya benar2 sedih dengan keadaan teman saya..
    Satu sisi ga ada budget untuk menjalani kemo yang kedua…tapi di sisi lain kemo ini hrs di laksanakan secepatnya…
    Trima kasih sblmnya…

    • Halo Wulan, pada dassarnya obat-obatan kemo untuk kanker semua dicover oleh BPJS, kecuali mungkin ada sebagian obat (targeted terapi) beberapa kanker yang harus bayar sendiri. untuk pembelian obat kanker yang murah. anda bisa beli di YKI jl Sam Ratulangi 37 Menteng Jakarta.
      semoga pengobatan/kemoterapi teman anda tidak tertunda.
      salam semangat CISC

  2. Selamat Sore…

    Saya hanya butuh informasi sedikit..
    istri saya mempunyai tumor otak ( Meningioma) sebesar 2 centi ,alhamdulillah sdh selesai melakukan operasinya.
    akan tetapi pasca operasi istri saya harus minum obat trs yg anehnya klu ngk minum obat istri saya mengalami kesakitan pada kaki dan kepalanya.
    apakah penyebabnya itu…
    berapa lama penyembuhan setelah pasca operasi tumor otak
    bisakah istri tdk ketergantungan dgn obat tsb..

    terima kasih sebelumnya….

    • Memang operasi memerlukan pemulihan, tetapi sebaiknya konsultasikan lagi pada Dr bedah syarafnya, atau cari second opinion ke RS dan Dr yang lain untuk mendapatkan solusinya.
      di RSCM ada DR Syamsu Ashari/DR Rananda atau di Siloam ada team Prof Eka.
      semoga segera mendapatkan solusi pengobatannya dan isteri anda segera sehat kembali
      salam sehat CISC

  3. slmt pagi dan salam kenal untuk semuanya,sya seorang suami dr istri pengidap kanker payudara stadium 3b ( diagnosa dokter 3 bln yg lalu ) saat ini payudara istri sya sdh mulai ada luka yg ckup besar dan sempat mengalami pendarahan.slma ini istri tidak mau menjalani kemoterapi,selain krna alasan takut, alasan ekonomi jga yg membuat istri sya lebih memilih meminum rebusan daun sirsak dan daun tin plus hanya mengkonsumsi sayur2ran organik dan beras merah.tp trnyata kanker nya justru malah bertambah parah.saat ini sya sperti kehabisan akal untuk berbuat apalagi,di tambah lg kondisi berat badan istri sya mengalami penurunan yg sangat drastis dari hari ke hari.mohon pencerahanya,bagaimana cara sementara menghentikan pendarahan pada payudaranya,trus obat apa yg bisa sedikit mengurangi basah/lembab di payudara istri saya.sekedar informasi,sya sedang berusaha untuk dapat jadwal berobat pada dokter evert poetiray tp sampai saat ini antrian pasienya msh menunggu.terimakasih…

    • Bpk Kevin apa kabar ? Kenapa mesti tunggu 1 dokter untuk terapi kanker payudara? Di RS2 besar baik negeri (RSCM. DHARMAIS. PERSAHABATAN. RSPAD. FATMAWATI) maupun swasta (RS MRCCC siloam semanggi. Rs Mitra kemayoran, RSPI, Mitra kel, Medistra dll) banyak Dr bedah onko yg bisa melayani isteri anda. Daun sirsak daun tin dll herbal belum bisa menggantikan kemoterapi. Lebih baik segera bawa konsul isteri anda besok pagi ke Dr bedah onko di RS2 tersebut. Semoga isteri anda segera mendptkan pengobatan yg baik.
      Salam semangat cisc

  4. Sore dok,saya nina.saya merasakan sakit di payudara kanan bagian atas, setelah sekitar 2 mingguan saya usg dan hslnya dipayudara kanan saya ada benjolan kcl berukuran 0,66. Dgn kategori 4a. Keluarga ayah dan ibu saya ada yg mengalami hal serupa sampai diambil benjolan tsb.dan ada uwak saya dr ayah yg meninggal setelah kanker payudara.dokter menyuruh saya untuk operasi. Menurut dokter bgmn?

    • Halo Nina. Tks sufah tanya disini.
      Nina, kanker yang ditemukan dan segera diterapi dg cepat dan tepat, maka angka keberhasilan pengobatannya akan semakin baik.
      pengobatan yg tepat untuk kanker ?
      Saat ini banyak pengobat2 alternatif non medis iklannya dimana2 dg iming2 kesembuhan.
      tapi jangan tergiur, karena pengobatan yg tepat unt kanker adalah pengobatan Medis (operasi, kemoterapi dan atau radiasi dan pengobatan hormonal) yg semua merupakan modalitas terapi kanker yg telah diakui dunia kesehatan diseluruh dunia. Jadi saran kami, segera lakukan pengobatan sesuai anjuran Dr. Ingat, tidak semua benjolan adalah kanker, tp wajib diwaspadai sbg kanker. Siapa tahu benjolan di payudara Nina bukan kanker. Untuk memastikan kanker atau bukan harus dilakukan biopsi.
      Klo masih ragu silahkan 2nd opinion ke Dr bedah onko yg lainN jika Dr ke2 menyarankan hal yg sama, segera lakukan. Jgn takut, kami siap mensupport Nina. Semangat ya .

  5. selamat pagi dokter, saya itho…ibu saya skrg dirawat dirumah sakit krn kanker peritoneal stadium lanjut, 2 minggu yang lalu dioperasi krn dokter mengira kankernya di ovarium, tp ternyata itu kanker di peritoneal jadi agak sulit kalau diangkat, akhirnya dokter memutuskan utk kemo, tp dokternya jg agak dilema krn kondisi ibu yg sdh berusia 67 th jg kondisi fisiknya sdh semakin menurun, akhirnya dokter menyarankan utk dirawat dirumah saja, tp saya tdk tega jika melihat kondisi seperti skrg ibu selalu mengeluh kesakitan…apa ada cara lain selain kemo utk kesembuhan ibu saya dok?? tksh

    • Ikut prihatin dengan Ibu tercinta, semoga Ibunda dalam perawatan dan kondisi yang nyaman.
      Untuk perawatan Ibunda, Itho bisa konsultasi dengan Dr Maria Witjaksono, team paliatif RS Kanker Dharmais, bisa hub telp RS Kanker Dharmais No. 021-5681570 dengan Poli Paliatif.
      semoga diberikan kemudahan untuk terapi Ibunda.
      salam hangat
      CISC

  6. Hi.. Mama saya (umur 64thn) 6 thn lalu servical ca stage 2b, setelah chemo dan full radiasi skrng ada lg di panggul, pertanyaan saya apakah benar jiga timbul lg tumor dekat area yg dulu sdh di radiasi akan sulit untuk sembuh jika sekarang di radiasi kembali? Terimakasih.

    • Akan kami tanyakan pada pakar radioterapi. Semoga ibunda mendapatkan pengobatan yg optimal dan mendapatkan hasil yg maksimal. Aamiin.
      salam semangat

    • Halo Lena, ini jawaban dari pakar radioterapi di rscm @ klo sdh 6th, bisa diradiasi ulang..tetap kombinasi kemo, tentu dg teknik yg lbh baik/canggih.
      tergantung pd lokasi tempat kambuhnya. Mm akan lbh sulit krn keterbatasan dosis toleransi jaringan sehat. Tapi bisa dilakukan…yg penting ada hsl ct-scan atau MRI..@
      semoga bermanfaat.

      • Terimakasih untuk jawabannya

      • Hasil CT scan nya ada, hasil darah hari ini keluar… Saya konsul dgn salah satu prof obgyn di MMC, rencananya bsk kami semua bertemu beliau sekalian baca hasil darah nya.. Untuk second opinion sebaiknya kemana saya harus konsul ya untuk kasus seperti mama saya ini? Dan apakah sebaiknya hrs PETscan dulu? Terimakasih

      • Lena semoga pertemuan dengan Obgyn hari ini mendapatkan solusi yg tepat. semangat ya

  7. Halo Dokter,
    Suami saya operasi tumor usus 6 bulan lalu. Tapi ada hal yang membuat saya ragu..
    Dokter bilang ini kanker. Tapi dilaporan hasil Patology Anatomi, saya lihat hanya tertulis “Susp Ca Colon”.
    Apakah itu artinya baru suspect? Bukan pasti kanker?
    Selain itu dilaporan PA juga tidak disebutkan stadium kankernya (jika itu memang kanker). Kemudian dokter menyarankan untuk kemotherapi. Padahal yang saya dengar dan baca, sebelum kemo harus tau dulu ini kanker stadium berapa.

    Pertanyaan saya;
    1. Jika ternyata bukan kanker dan suami sudah kemo, apa yang akan terjadi pada tubuhnya kelak?
    2. Setelah operasi suami sering merasakan nyeri diperut bagian bawah, diatas bagian vitalnya. Apakah itu normal?
    3. Juga setelah operasi, suami sangat sering buang air kecil, terutama malam hari. Mungkin setiap satu jam.
    4. Suami juga sering kembung, kembung yang parah sampai membuat dia keringat dingin.

    Mohon dijawab ya, Dok.. Terima kasih sebelumnya

    • Sore ibu Dewi, mhn maaf operasi suami ibu 6 bl yg lalu. Wkt yg cukup lumayan lama tanpa adanya terapi lanjutan setelah operasi. Karena ada bbrp keluhan sebaiknya Bapak segera dibawa kembali ke Dr. Boleh Dr yg dulu merawatnya atau jika ibu ragu2 silahkan konsul ke Dr sp.onko(K) yg lain supaya dicari penyebabnya. Bawa semua rekam medik terdahulu dan sebaiknya ikuti petunjuk Dr.
      Suspk ca berarti sdh menjurus ca. Dr tdk akan memberikan kemo jika mm tidak diperlukan.
      Semoga Bapak mendapatkan perawatan yg baik dan terapi yg tepat. Terus semangat dan support unt Bapak.
      salam sehat CISC

      • Terima kasih, dokter

        Suami saya sudah mulai kemo sejak Desember kemarin, terhitung sudah 3 kali kemo. Bulan lalu stop kemo karena kondisinya tidak memungkinkan. Kami sudah mendatangi dokter terkait keluhan tersebut. Tapi dokter bilang tidak apa-apa dan dikasih obat. Cuma ngilunya nggak hilang-hilang juga…😦

      • Ibu bisa 2nd opinion ke Dr lain di rs yg lain. Ato jika ibu di jkt ibu bisa minta perawatan paliatif dirumah, Dr dan Perawat akan mengunjungi Bapak dirumah. Silahkan hub Yys Kanker Indo. 021-7507447 atao team paliatif rs kanker dharmais 081316642327. Ato call center yki dki 021 6507746
        semoga bermanfaat.
        salam semangat cisc

  8. Selamat malam CISC,

    Saya ingin bertanya untuk dokter spesialis untuk tumor pankreas siapa ya?mohon rekomendasinya jika berkenan serta RS yg bisa melayani dengan BPJS..karena adik saya hasil foto 3 fase, dibilang tumor pankreas…metode penyembuhan penyakit ini bagaimana?mohon arahannya, salam, luqman.

    • Selamat Siang Lukman, untuk kanker pancreas bisa kebagian Sp. Penyakit Dalam (Dokter Sp.PD.KGEH) di RS2 besar biasanya bisa memakai BPJS.
      Semoga adiknya segera bisa diterapi dan kembali pulih.
      Salam sehat CISC

  9. Sya mau bertanya. Mama sya skrng tangannya mnjadi bengkak 5cm. Setelah setahun pengangkatan dan selesai mnjalani kemoterapi. Skrng sedang mnjalani radioterapi dan sinar. Apa penyebab tangan mnjadi bengkak. Dan apa saja mkanan sehat yg harus di kobsumsi dan makanan apa saja yg dilarang di konsumsi. Terimakasih

    • Halo Nurasiah,
      Apakah Mama anda kanker payudara ? khusus kanker payudara apalagi denmgan diangkat seluruh payudaranya (mastektomi), resiko pembengkakan (limfedema) pada lengan/tangan sangat tinggi. oleh karena itu, setiap pasien kanker payudara wajib menjaga tangan emasnya (seperempat bag dari tubuh dibagian yang dioperasi payudaranya) harus dijaga, jangan untuk angkat2 barang lebih dari 1 kg, jangan terkena panas, jangan terkena luka (wlo hanya untuk tusukan jarum), jangan terkena tekanan (mis tensi) dll. lakukan gerakan peregangan khusus untuk tangan yang biasanya diajarkan oleh Dokter/Zr pada saat pasca operasi.
      Jika sudah terlanjur bengkak, sebaiknya lakukan konsul dengan Dr Rehab Medik khusus untuk kanker.
      Dalam masa terapi tidak perlu ada pantang makan, perbanyak makanan yang bergisi tinggi, banyak sayur dan buah. susu, putih telur sangat dianjurkan.
      semoga bermanfaat dan terapi berjalan lancar.
      salam semangat untuk Mama anda.

  10. selamat sore dok,

    ibu saya menderita kanker payudara,
    tahun 2010 sudah sempat diangkat, kemudian satu tahun terakhir ini ibu saya mengalami rasa sakit yg cukup mengganggu di bagian punggung sebelah kanan, dan setelah di radiasi ternyata telah terjadi metastasis ke tulang belakang atas, 3 tulang rusuk, lengan kanan, dan dicurigai ada dikaki juga. rencananya besok pagi akan dilakukan kembali radiasinya, utk menemukan kemungkinan adanya penyebaran ke organ lain.
    menurut dokter setiawan dr rumah sakit hasan sadikin bandung, untuk metastasis tulangnya akan dilakukan penyinaran 10 kali,
    yg ingin saya tanyakan adalah:
    1. dengan kasus ibu saya yang telah dipaparkan, adakah kemungkinan penyebaran ke organ lain?
    2. apakah untuk tulang cukup dengan penyinaran 10 kali tersebut?
    3. dan jika terjadi penyebaran di organ lain, apakah harus dilakukan penyinaran yg terpisah?

    Sekian pertanyaannya.
    Terima Kasih

    • Dear Hasan, maaf terlambat responnya.
      Pada pasien kanker dari semua jenis kanker, adalah wajib unt melakukan kontrol berkala pasca terapi. Biasanya Dr menyarankan unt kontrol pada 1bl 3bln 6bl pasca terapi. Dengan kontrol teratur dan tepat waktu, mk jika ada kekambuhan akan segera bisa diterapi dg cepat. Ceritakan semua keluhan dan apa2 yg dirasakan selama jedah kontrol, dg demikian Dr akan lbh mudah unt diagnosa. Jenis terapi yg diberikan jika terjadi dibagian tubuh lainnya akan disesuaikan dg prognosis penyakitnya. Ikuti apa yg disarankan Dr dan terus berikan support spy ibunda terus semangat menjlnkan pengobatan, krn semangat pasien adalah modal utama keberhadilan terapi. Semoga semua diberikan kemudahan.
      salam semangat CISC

  11. Selamat sore dok, nenek saya berumur 85tahun dok, nenek saya sering mengalaami sakit kepala dan hidungnya tersumbat seperti ada benjolan di dlem hidungnya, terus disuruh dokter untuk CT-Sca, kemarin CT-Scan hasilnya ada tumor ganas di tulang belakang hidung dan sudah mulai menyebar ke daerah dahi. mohon rekomedasi dokter yang bagus di jakarta dan rekomendasi makanan atau vitamin apa yang harus diminum?

    • Halo Sanlia, Dr sp THT di rscm kencana dg Dr Marlinda Adham Sp.THT semoga cepat bisa diterapi.
      Salam cisc

  12. selamat siang dokter

  13. Siang dok… saya mau bertanya beberapa hal mengenai kanker. Ayah (usia 60thn) saya baru saja didiagnosa kaker kandung kemih 5 hari lalu. Sebelumnya keluhannya tidak bisa menahan BAK, setelah diperiksa ke dokter ada batu di saluran kemih yg sgt besar jadi harus dioperasi. Namun saat dioperasi ternyata yg ditemukan tidak hanya batu (ukuranya lebih besar dari telur bebek), tapi juga ada tumor yg menjurus ke kanker. Dan setelah dilakukan tes itu merupakan kanker ganas.
    Dokter menyarankan harus segera dilakukan pengangkatan kandung kemih dan dibuatkan saluran kemih baru yg diambil dari usus.
    Mempertimbangkan kondisi ayah saya yang saat ini masih di ICU setelah operasi kedua (sedot batu ginjal krn batu di ginjalnya juga banyak), saya menjadi dilema untuk melakukan operasi pengangkatan tsb, namun di satu sisi kankernya bersifat ganas.
    Adakah pengobatan efektif dgn cara lain selain pengangkatan saluran kemih dok? Saat ini kami masih berada di salah satu RS di Jakarta Utara.

    • Sampai saat ini pengobatan kanker yg paling efektif adalah dg mengangkat semua tumor dan dikombinasikan dg kemoterapi dan atau radioterapi. Jd jika ditanya adakah pengobatan selain hal diatas, banyak pengobatan alternatif yg ditawarkan tp belum bisa dipertgjwbkan, dan bahkan banyak yg justru memperburuk penyakitnya, semakin menjadi parah. Usia 60 tahun bukan usia yg lemah, bahkan banyak yg usia 75th yg masih menjalankan terapi medis dg lengkap dan tetap survive.
      Jadi jangan tunda dan yakin pada saran Dr yg merawatnya. Semoga ayahanda mendptkan terapi yg tepat dan diberikan kemudahan dan kelancaran. Aamiin.
      tetap semangat ya.
      salam sehat CISC

  14. Selamat siang…saya mau melakukan biopsi kanker kulit. Apa ada rekomendasi dokter dan rumah sakit yang terpercaya? Thx

    • Halo Ita.
      Cari Dr sp.bedah tumor (Sp.B(K)Onk di RS besar yg ada fasilitas terapi kanker. Yg penting anda Yakin dan nyaman pada saat konsul.
      semoga semua lancar ya.
      Salam semangat CISC

  15. selamat pagi… mau tanya kalau kanker payudara trs ada belatungnya obatnya apa ya untuk mengeringkan luka itu.
    dan kondisi nya sdh ngga bisa apa² lagi…
    trims

    • Selamat pagi ibu Zakiyah, dalam kondisi seperti tersebut sebaiknya segera dibawa ke RS yang ada pelayanan luka kanker, atau dibawa ke IGD dulu, nanti akan dibersihkan dulu baru diberikan terapi sesuai prognosis penyakitnya, apakah disinar dulu atau di kemo dulu, nanti Dokter di RS akan menjelaskannya.
      semoga semua dipermudah.
      salam sehat CISC

  16. halo, saya mau tanya. Apakah tujuan dokter menunda operasi kanker payudara? Sedangkan untuk kasusnya saat ini, kanker yang muncul sudah membengkak, menghitam dan mulai terlihat membusuk. Apakah memang salah satu prosedur nya seperti itu? Apakah kami tetap harus mengikuti saran dokter? ‘Menunda’ terus sampai ia ‘lembek’ -(baca : busuk) kemudian kanker baru di angkat? Atau ada cara lain yang bisa saya tempuh untuk bisa mengangkat kanker ini?
    Saya putus asa.

    • Halo juga, dalam kasus kanker yang sudah besar tumornya, biasanya tidak langsung dioperasi gunanya untuk memperkecil luas permukaan yang akan diambil tumornya, jadi tumornya perlu dikecilkan dulu dengan diberikan terapi kemo 2-4x atau sinar dulu sesuai dengan kondisi penyakitnya, setelah tumor menjadi lebih kecil dan siap untuk operasi, baru dilakukan operasi.
      sementara menunggu jadwal operasi, untuk menunjang asupan gizi yang cukup supaya diusahakan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, tidak perlu berpantang makan dulu.
      semoga semua diberikan kemudahan dan kelancaran.
      salam hangat CISC

  17. Halo… kakak saya didiagnosis kanker payudara sejak setahun yang lalu sekarang stadium 3c. sudah kemoterapi 7x tp kankernya bukannya mengecil malah makin melebar, payudaranya juga sudah luka dan lengannya menjadi bengkak. siang malam selalu kesakitan. setiap dkasih obat anti sakit oleh dokter skrg sdh tidak mempan. sekarang tidurnya susah dan selalu menangis kesakitan. mohon diberi solusi
    terima kasih

    • Halo Ayu, kakaknya berobat di RS mana dan Dr siapa ? apakah benar diagnosa dan pengobatannya.
      kalau kanker payudara sebaiknya di pegang oleh Dokter spesialis bedah tumor (Sp.BKOnk) dan kemonya oleh Dokter spesialis kemo dg gelar SpPD.KHOM.
      Apakah kakak anda sudah dengan Dokter-dokter tersebut? jika bukan, sebaiknya segera ke RS yang mempunyai sarana dan prasarana untuk terapi kanker.
      biasanya kemo dievaluasi pada saat setelah 2x kemo, apakah kankernya cocok dan respon dengan obat2 yg diberikan, jika krg respon maka biasanya akan diberikan obat lain sampai obat kemonya respon.
      Semoga kakak anda segera mendapatkan terapi yang tepat dan segera sehat kembali.
      salam semangat CISC

      • salam dok, kakak sy di rawat di RS ternama di Makassar dan sudah di tangani oleh dokter (Sp.BKOnk) dan dokter yg tangani kemox dokter yg sama. kakak sy jg sdh 3 kali ganti regimen tp mnrut sy itu tdk ada perubahan jika diliat dr ukuran kankernya jg dr segi rasa sakit yg dideritanya. skrg sy semakin bingung bukannya dokternya kasih semangat, motivasi malah dokternya seolah menyalahkan kami. tiap konsul ke RS sering minta resep obat anti sakit kadang dokternya seolah ga mau dengar/ tdk beri. tgl 16 kmrin kk sy di rawat di RS krn hrus transfusi (Trombositx Kurang) dirawatnya 2 hr. kk sy selalu menangis kesakitan dan sekitar jam 2 siang sy sampaikan ke dokternya ( dokter jaga / Residen Bedah) bahwa dia kesakitan dan tidak bisa tidur, sy pikir dokternya akan kasih resep nyatanya tidak. habis maghrib sek jam 7 dokternya masuk lagi trus tanya lagi dia bilang nnti sy kasih resep obat anti sakit yg ditempel. ok pikirku. ditunggu sampai jam 9 blum ada jg. setengah jam kemudian sy tanya ke perawat baru dia tlpn dokter. sek. jam 10 mlm br kk sy dapatkan obatnya. sy bertanya2 apa mmg prosedurnya seperti itukah??? harus ngemis2 minta obat baru dikasih??? sy memang sangat awan ttg dunia kedokteran / Prosedur RS tp setidaknya ada penjelasan. sering bertanya/ mengadu malah di kiranya sy mengeluh.
        mohon pencerahan dok…. terima kasih

      • Halo Ayu Mudo, menjadi kel pasien yang sedang dirawat memang harus aktif dan selalu sabar dan sabar. kita maklumi bahwa Dokter kadang lupa, karena bnyaknya pasien yang harus dilayani. masih untung kalau Zrnya lebih perhatian dan aktif mengingatkan Dr, tapi ada juga Zr yang krg perhatian sehingga lupa. Jadi sebaiknya kita ikut aktif, misalnya dengan datang ke rg perawat, tanyakan apakah Dr sudah memberikan resep? Bertanya beda dengan mengadu atau mengeluh.
        Semoga Anda dan kakak anda diberikan kesabaran dan mendapatkan perawatan yang lebih baik, dan kembali sehat.
        salam semangat CISC

  18. Selamat siang, sy 37 th, 3 th lalu sy menjalani operasi pengangkatan tumor jinak phylodes . Setiap 6 bln kontrol usg dam hslnya bagus, akan tetapi bbrp wkt lau ditemukan benjolan lagi kemudian diioperasi dan hasil pa adalah kanker payudara stadium 2a. Yg mau sy tykan apakah utk stadium 2a perlu dilakukan operasi pengangkatan seluruh payudara? Krn dokter menyarakan spy dilakukan hal tsb. Ataukah ada alternatif lain mis hanya di kemo atau diradiasi saja? Tks atas masukannya

    • Halo Yen, protokol terapi pada dasarnya berbeda pada setiap kasus kanker.
      Dokter akan memilihkan terapi yang tepat pada setiap pasien sesuai dengan kondisi penyakitnya. Banyak pasien payudara stadium dini yang dilakukan mastektomi karena Dokter mendapatkan tingkat keganasan kankernya terlalu tinggi, sehingga untuk safetynya lebih baik diangkat seluruhnya.
      Namun demikian hak pasien untuk mendapatkan penjelasan sejelas2-nya kenapa terapi tersebut harus dilakukan dan hak pasien juga untuk mencari 2nd opinion jika merasa ragu-ragu atas keputusan Dokternya. sepanjang 2nd opinion tersebut tetap pada jalur Medis.
      Silahkan 2nd opinion ke lain Dokter(ahli kanker) seandainya anda masih ragu, namun perlu dicatat karena kanker (tumor ganas) tidak bisa menunggu terlalu lama, oleh karenanya harus segera diputuskan untuk dilakukan terapi.
      Semoga penjelasan kami bermanfaat dan Anda bisa segera menjalankan terapinya.
      Semoga dimudahkan dan dilancarkan semuanya.
      salam semangat CISC

  19. Selamat siang dok..
    siang kemarin saya baru tau bahwa teman yang saya anggap seperti kakak saya sendiri terdiagnosa kanker payudara yang sudah stadium 2.. namun beliau belum melakukan proses apapun walaupun Dokter sarankan untuk operasi tapi beliau ragu karna belum berumah tangga dan takut akan reaksi tubuh setelah operasi.. yang ingin saya tanyakan langkah apa yang harus kami ambil dok agar penyakit ini tidak bertambah parah.. untuk makanan apakah ada pantangan?
    Demikian saya sampaikan. Saya berharap mendapatkan pencerahan.

    Terima kasih..

    • Halo mbak Dini, langkah apa yang harus diambil..? jawabannya hanya satu…”segera lakukan terapi Medis sesuai anjuran Dokter”
      Operasi, + kemoterapi dan atau radioterapi. lebih cepat lebih baik.
      Karena, kanker yang ditemukan dan segera diterapi akan memberikan hasil yang lebih baik.
      ingat kanker tidak bisa menunggu, semakin dibiarkan akan semakin merajalela, dan jika sudah pada stadium lanjut, angka keberhasilan terapinya akan semakin sedikit.
      Sebaiknya segera lakukan terapi pada saat pasien masih sehat, lebih cepat lebih baik.
      Tidak ada pantangan makanan, kecuali hindari makanan yang berlemak tinggi.
      banyak makan sayur dan buah lengkapi juga dengan protein yang cukup.
      Semoga bermanfaat
      salam sehat CISC

  20. Selamat siang dok.. saya magdalena..
    Beberapa waktu yg lalu ayah saya dirawat di sebuah rumah sakit di kota Solo dan setelah w minggu dirawat dokter mengajurkan untuk dilakukan BMP dan berdasarkan hasil BMP yang keluar 2 minggu yg lalu menunjukkan bahwa ayah saya memiliki myelodisplasia syndrome.. setelah berkonsultasi dengan dokter ayah saya diberikan obat imunosupresan berupa methylprednisolon dan neurodex.. saya ingin bertanya apakah ada perawatan yg lebih intensif untuk pasien MDS yg dapat ditanggung BPJS?dan sebaiknya cek darah rutin dilakukan setiap brp lama?mohon informasinya.. terimakasih.

  21. selamat sore dokter , nama saya nuri saya ingin bertanya apakah penyakit tumor jinak dapat berkembang menjadi kanker, apakah ukuran dari tumor tersebut dapat mengecil apabila saya menjaga pola makan saya dan menjalani hidup sehat ?, kemudian apakah penyakit tumor dapat diobati atau dicegah dengan menggunakan pengobatan herbal.Serta apakah dampak buruk dari operasi pengangkatan tumor, Mohon balasannya , maaf menggangu terimakasih

    • Halo Nuri, seblmnya maaf kami bukan Dokter kami survivor. Seblm ada Dr yg menjawab mgkn saya bs bantu balas sesuai pengalaman.
      Tumor jinak ada yg bs brrubah menjadi ganas/kanker tp jg ada tumor jinak yg tdk akan berubah ganas.
      Ukuran tumor bs saja menjd mengecil dg herbal apalagi jika itu jinak, tp kanker bisa sj tdk teraba dan tidak membesar, tp dia akan semakin merambah kemana2. Saya ingat dulu teman sy, setelah kemo 3x dia berhenti dan mencoba minum herbal 3bl yg kata produsennya bs menggantikan kemo, betul benjolan di payudaranya hilang, dia senang sekali tp seminggu kemudian badannya tahu2 lemas dan seluruh tubuhnya sakit,mual dll. kita sarankan kembali ke Medis. Apa yg didapat ? Ternyata kankernya sdh menyebar kemana2. Hanya dalam jarak 3 bln sj, yg akhirnya tdk tertolong. Kami ikut prihatin dan bersalah knp menyetujui wkt dia ingin mencoba herbal sj.
      Tp dg kejadian 12th yl kami semua menjadi yakin bahwa pengobatan MEDISlah satu2nya pengobatan kanker yg utama dan wajib kita lakukan, sdgkan herbal dll hanya sbg penunjang terapi.
      Dampak buruk operasi hanya luka, tp dg kecanggihan tehnologi saat ini bisa dihilangkan.
      Semoga sharing saya bisa bermanfaat dan lakukan dg keyakinan dan rasa syukur pada Allah YMK.
      Salam hangat CISC

      • terimakasih atas sarannya , sekarang saya sudah sedikit mengerti mengenai penyakit yang saya, terimakasih juga atas pengalaman yg diberikan jujur kelak jika saya sudah menjdi bidan nanti sy ingin berbagi pengalaman dgn org lain agar bs lbh peduli dengan tubuhnya disini sy jg ingin bergabung dalam komunitas ini bagaimnakah caranya

      • di CISC ada group-group WA yang disesuaikan dengan jenis penyakitnya, sehingga setiap pasien bisa sharing dengan pasien yang sejenis kankernya, juga ada Dokter spesialis yang dengan sukarela menyempatkan menjawab dan memberikan solusinya.
        silahkan hubungi admin WA Grou CISC 089686933137 atau 08176088785
        semoga bermanfaat
        Salam hangat CISC


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: